Kajian tahdiid mahal (mash al khuff?
إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح :
Ibnu Rusyd,
Simbah Agus, Orang tua
dan Anak turunku, Warih firdausi serta semua yang aktif berbagi ilmu,
Semoga selalu dalam Rahmat Alloh di dunia dan akhirat, ilaa yaumil qiyamah wa husnul khotimah,
الفاتحة:
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
Aamiin.
2. Tahdiid mahal khuf.
اﻟﻤﺴﺄﻟﺔ اﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﻭﺃﻣﺎ ﺗﺤﺪﻳﺪ اﻟﻤﺤﻞ:
Masalah batasan usapan khuf ini, dukun fiqh jg beda beda, bro.
Ada yg bilang, yg penting bagian atas yg dieluz eluz.
ﻓﺎﺧﺘﻠﻒ ﻓﻴﻪ ﺃﻳﻀﺎ ﻓﻘﻬﺎء اﻷﻣﺼﺎﺭ، ﻓﻘﺎﻝ ﻗﻮﻡ: ﺇﻥ اﻟﻮاﺟﺐ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻣﺴﺢ ﺃﻋﻠﻰ اﻟﺨﻒ،
Bahkan jika yg diusap bagian atas tadi adalah sisi bawahnya kulit, itu lbih bajuz, bro.
ﻭﺇﻥ ﻣﺴﺢ اﻟﺒﺎﻃﻦ (ﺃﻋﻨﻲ ﺃﺳﻔﻞ اﻟﺨﻒ) ﻣﺴﺘﺤﺐ،
Yg berpendapat diatas, adalah sebagian maliki dan Imam syafi'i.
ﻭﻣﺎﻟﻚ ﺃﺣﺪ ﻣﻦ ﺭﺃﻯ ﻫﺬا ﻭاﻟﺸﺎﻓﻌﻲ،
Bahkan ada juga yg mewajibkan usap dzohir hatinya, bro.
ﻭﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﺃﻭﺟﺐ ﻣﺴﺢ ﻇﻬﻮﺭﻫﻤﺎ ﻭﺑﻄﻮﻧﻬﻤﺎ،
Yg wajibkan itu mazhab Imam nafik dan ashabnya Imam malik, bro.
ﻭﻫﻮ ﻣﺬﻫﺐ اﺑﻦ ﻧﺎﻓﻊ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﻣﺎﻟﻚ،
Ada juga yg mewajibkan usap dzahir biar mengkilap, adapun yg dalam tetap bau tidak masalah.
ﻭﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﺃﻭﺟﺐ ﻣﺴﺢ اﻟﻈﻬﻮﺭ ﻓﻘﻂ ﻭﻟﻢ ﻳﺴﺘﺤﺐ ﻣﺴﺢ اﻟﺒﻄﻮﻥ
Yang berpendapat kyak gitu adalah abu hanifah, sofyan tsauri, dawud dzohiri juga jamaah yg banyak .
ﻭﻫﻮ ﻣﺬﻫﺐ ﺃﺑﻲ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭﺩاﻭﺩ ﻭﺳﻔﻴﺎﻥ ﻭﺟﻤﺎﻋﺔ،
Adapun pendapat yg koprol golok koming, yg mewajibkan bagian bathin, atau lahir batin bagian atas.
ﻭﺷﺬ ﺃﺷﻬﺐ ﻓﻘﺎﻝ: ﺇﻥ اﻟﻮاﺟﺐ ﻣﺴﺢ اﻟﺒﺎﻃﻦ، ﺃﻭ اﻷﻋﻠﻰ ﺃﻳﻬﻤﺎ ﻣﺴﺢ.
Adapun indahnya warna warni perbedaan diatas, krn memang atsar dan tasabuhnya arti usap dg basuh, bro.
Santai aja, ya. Syurga itu luazzz.
ﻭﺳﺒﺐ اﺧﺘﻼﻓﻬﻢ ﺗﻌﺎﺭﺽ اﻵﺛﺎﺭ اﻟﻮاﺭﺩﺓ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻭﺗﺸﺒﻴﻪ اﻟﻤﺴﺢ ﺑﺎﻟﻐﺴﻞ،
Nah ini bianya keroknya, bro.
Ada yg eluz eluz khuf bagian luar dan dalamnya.
ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ ﺣﺪﻳﺚ اﻟﻤﻐﻴﺮﺓ ﺑﻦ ﺷﻌﺒﺔ ﻭﻓﻴﻪ: «ﺃﻧﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻣﺴﺢ ﻋﻠﻰ اﻟﺨﻒ ﻭﺑﺎﻃﻨﻪ»
Nabi juga usap bagian atasnya, bro.
Padahal yg kena tai lalat tentu yg bawah.
ﻭاﻵﺧﺮ ﺣﺪﻳﺚ ﻋﻠﻲ: «ﻟﻮ ﻛﺎﻥ اﻟﺪﻳﻦ ﺑﺎﻟﺮﺃﻱ ﻟﻜﺎﻥ ﺃﺳﻔﻞ اﻟﺨﻒ ﺃﻭﻟﻰ ﺑﺎﻟﻤﺴﺢ ﻣﻦ ﺃﻋﻼﻩ ﻭﻗﺪ ﺭﺃﻳﺖ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻳﻤﺴﺢ ﻋﻠﻰ ﻇﺎﻫﺮ ﺧﻔﻴﻪ»
Adapun pendapat yg terelok dr dua atsar diatas adalah mazhab perkencanan, bro.
Hadits pertama dipahami sbg kesunnahan, sedang yg kedua dipahami sbg kuwajibab .
ﻓﻤﻦ ﺫﻫﺐ ﻣﺬﻫﺐ اﻟﺠﻤﻊ ﺑﻴﻦ اﻟﺤﺪﻳﺜﻴﻦ ﺣﻤﻞ ﺣﺪﻳﺚ اﻟﻤﻐﻴﺮﺓ ﻋﻠﻰ اﻻﺳﺘﺤﺒﺎﺏ، ﻭﺣﺪﻳﺚ ﻋﻠﻲ ﻋﻠﻰ اﻟﻮﺟﻮﺏ، ﻭﻫﻲ ﻃﺮﻳﻘﺔ ﺣﺴﻨﺔ.
Nah, ada juga mazhab simalakama, bro.
Dg cara tetap pilih salah satunya mna yg unggul, dan tentu dg konsekuensi nya.
ﻭﻣﻦ ﺫﻫﺐ ﻣﺬﻫﺐ اﻟﺘﺮﺟﻴﺢ ﺃﺧﺬ ﺇﻣﺎ ﺑﺤﺪﻳﺚ ﻋﻠﻲ، ﻭﺇﻣﺎ ﺑﺤﺪﻳﺚ اﻟﻤﻐﻴﺮﺓ،
UNTUK MAKSUD BATHIN DR HADITS MUGHIRAH DIATAS, KYAKNYA BERMAKSUD BAGIAN BAWAH, BRO.
Nah, hadits dr mughirah, sebenarnya gk bgt kuat, bro.
Hanya saja, ia didongkrak dg metode pengkiasan usapan disitu dg basuhan. Krn klo basuhan kan tentu bagian bawah, bro.
ﻓﻤﻦ ﺭﺟﺢ ﺣﺪﻳﺚ اﻟﻤﻐﻴﺮﺓ ﻋﻠﻰ ﺣﺪﻳﺚ ﻋﻠﻲ ﺭﺟﺤﻪ ﻣﻦ ﻗﺒﻞ اﻟﻘﻴﺎﺱ (ﺃﻋﻨﻲ ﻗﻴﺎﺱ اﻟﻤﺴﺢ ﻋﻠﻰ اﻟﻐﺴﻞ)
Apapun yg unggulkan hadits Aly, justru karena sisi berlawanan dg kiasnya itu, bro.
Krn klo dalil sudah ada, itu tidak boleh pakai kias.
ﻭﻣﻦ ﺭﺟﺢ ﺣﺪﻳﺚ ﻋﻠﻲ ﺭﺟﺤﻪ ﻣﻦ ﻗﺒﻞ ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ ﻟﻠﻘﻴﺎﺱ
Atau dr sisi sanad, hadits Aly ini lbih cantiq, bro.
ﺃﻭ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ اﻟﺴﻨﺪ،
Dalam hal ini, mazhab saya, maliki( ibnu rusyd), lebih mantab, bro.
ﻭاﻷﺳﻌﺪ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ اﻟﻤﺴﺄﻟﺔ ﻫﻮ ﻣﺎﻟﻚ.
Adapun yg hanya usap bagian bathin, ini aku gak tau dalilnya, bro.
ﻭﺃﻣﺎ ﻣﻦ ﺃﺟﺎﺯ اﻻﻗﺘﺼﺎﺭ ﻋﻠﻰ ﻣﺴﺢ اﻟﺒﺎﻃﻦ ﻓﻘﻂ ﻓﻼ ﺃﻋﻠﻢ ﻟﻪ ﺣﺠﺔ ;
Dalam hal ini, tentu kita hanya bisa ittibak, gk ada ruang kias disini, bro.
ﻷﻧﻪ ﻻ ﻫﺬا اﻷﺛﺮ اﺗﺒﻊ، ﻭﻻ ﻫﺬا اﻟﻘﻴﺎﺱ اﺳﺘﻌﻤﻞ، (ﺃﻋﻨﻲ ﻗﻴﺎﺱ اﻟﻤﺴﺢ ﻋﻠﻰ اﻟﻐﺴﻞ) .
3. Bahas merk sepatu yg diusap, bro.
اﻟﻤﺴﺄﻟﺔ اﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﻭﺃﻣﺎ ﻧﻮﻉ ﻣﺤﻞ اﻟﻤﺴﺢ
Jika yg dieluz eluz td adalah khuf, jelas sepakat boleh, bro.
ﻓﺈﻥ اﻟﻔﻘﻬﺎء اﻟﻘﺎﺋﻠﻴﻦ ﺑﺎﻟﻤﺴﺢ اﺗﻔﻘﻮا ﻋﻠﻰ ﺟﻮاﺯ اﻟﻤﺴﺢ ﻋﻠﻰ اﻟﺨﻔﻴﻦ،
Adapun runyam lagi masalah nya, jika yg diusap td adalah kaus kaki.
ﻭاﺧﺘﻠﻔﻮا ﻓﻲ اﻟﻤﺴﺢ ﻋﻠﻰ اﻟﺠﻮﺭﺑﻴﻦ ﻓﺄﺟﺎﺯ ﺫﻟﻚ ﻗﻮﻡ ﻭﻣﻨﻌﻪ ﻗﻮﻡ.
YG belum diel dg pembolehan usap kaus kaki adalah hanafi, malik dan syafi'i, bro.
ﻭﻣﻤﻦ ﻣﻨﻊ ﺫﻟﻚ ﻣﺎﻟﻚ ﻭاﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ،
Adapun yg setuju adalah abu yusuf yg hanafiah, jg sufyan atsaury.
ﻭﻣﻤﻦ ﺃﺟﺎﺯ ﺫﻟﻚ ﺃﺑﻮ ﻳﻮﺳﻒ ﻭﻣﺤﻤﺪ ﺻﺎﺣﺒﺎ ﺃﺑﻲ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭﺳﻔﻴﺎﻥ اﻟﺜﻮﺭﻱ.
Nah, awal terbakarnya jenggot itu karena ada hadits, bahwa nabi mengusap sandal dan kaus kakinya, bro.
ﻭﺳﺒﺐ اﺧﺘﻼﻓﻬﻢ: اﺧﺘﻼﻓﻬﻢ ﻓﻲ ﺻﺤﺔ اﻵﺛﺎﺭ اﻟﻮاﺭﺩﺓ ﻋﻨﻪ - ﻋﻠﻴﻪ اﻟﺼﻼﺓ ﻭاﻟﺴﻼﻡ - ﺃﻧﻪ ﻣﺴﺢ ﻋﻠﻰ اﻟﺠﻮﺭﺑﻴﻦ ﻭاﻟﻨﻌﻠﻴﻦ.
Nah, jd masalah lagi, sebenarnya usapan pd kaus kaki td bisa dikiaskan dg khuf, atau itu juga perlu dalil tersendiri lagi?
ﻭاﺧﺘﻼﻓﻬﻢ ﺃﻳﻀﺎ ﻓﻲ: ﻫﻞ ﻳﻘﺎﺱ ﻋﻠﻰ اﻟﺨﻒ ﻏﻴﺮﻩ ﺃﻡ ﻫﻲ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﻻ ﻳﻘﺎﺱ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭﻻ ﻳﺘﻌﺪﻯ ﺑﻬﺎ ﻣﺤﻠﻬﺎ؟
Adapun dukun fiqh, yg dalam hal ini melihat, bahwa dalil itu tidak sohih, dan tidak pula memperbolehkan kias, mk usapan pd kaus kaki itu dilarang, bro.
ﻓﻤﻦ ﻟﻢ ﻳﺼﺢ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺤﺪﻳﺚ ﺃﻭ ﻟﻢ ﻳﺒﻠﻐﻪ، ﻭﻣﻦ ﻟﻢ ﻳﺮ اﻟﻘﻴﺎﺱ ﻋﻠﻰ اﻟﺨﻒ ﻗﺼﺮ اﻟﻤﺴﺢ ﻋﻠﻴﻪ،
Adapun yg berpendapat hadits itu dhoif, tp bisa didongkrak dg kias, atau berpendapat bahwa memang hadits itu sohih, mk berkonsekwensi bolehnya mengusap pd kaus kaki, bro.
ﻭﻣﻦ ﺻﺢ ﻋﻨﺪﻩ اﻷﺛﺮ، ﺃﻭ ﺟﻮﺯ اﻟﻘﻴﺎﺱ ﻋﻠﻰ اﻟﺨﻒ ﺃﺟﺎﺯ اﻟﻤﺴﺢ ﻋﻠﻰ اﻟﺠﻮﺭﺑﻴﻦ،
Dan memang hadits diatas sudah sohih menurut Imam turmudzi, bro.
ﻭﻫﺬا اﻷﺛﺮ ﻟﻢ ﻳﺨﺮﺟﻪ اﻟﺸﻴﺨﺎﻥ (ﺃﻋﻨﻲ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻭﻣﺴﻠﻤﺎ) ﻭﺻﺤﺤﻪ اﻟﺘﺮﻣﺬﻱ.
Intinya ada YG perbolehkan ada yg tidak, bro.
Gt aja repot.
ﻭﻟﺘﺮﺩﺩ اﻟﺠﻮﺭﺑﻴﻦ اﻟﻤﺠﻠﺪﻳﻦ ﺑﻴﻦ اﻟﺨﻒ ﻭاﻟﺠﻮﺭﺏ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﺠﻠﺪ ﻋﻦ ﻣﺎﻟﻚ ﻓﻲ اﻟﻤﺴﺢ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﺭﻭاﻳﺘﺎﻥ: ﺇﺣﺪاﻫﻤﺎ ﺑﺎﻟﻤﻨﻊ ﻭاﻷﺧﺮﻯ ﺑﺎﻟﺠﻮاﺯ.
Komentar
Posting Komentar