Kajian mustholah al hadits


🗓Sabtu, 14 Oktober 2017

📖Taisir Mustolah Al Hadits - Mahmud Tohhan
Halaman 66-67

Hadits hasan lighoirih

1. Definisi

Yaitu: Hadits dhoif yang jalurnya berbilang dan penyebab kedhoifannya bukan karena faktor kefasikan atau kedustaan perawi.

Dari sini, diambil kesimpulan bahwa hadits dhoif naik derajatnya menjadi hasan lighoirih karena dua faktor:

(1). Adanya jalur lain yang selevel atau lebih kuat.

(2). Penyebab kedhoifan itu berupa kelemahan hafalan, keterputusan sanad atau belum diketahuinya kredibilitas perawi.

2. Sebab penamaan

Dinamakan hasan lighoirih (baik karena faktor eksternal) karena kehasanan itu datang bukan dari sanad aslinya melainkan dari sanad lain yang menguatkannya.

Kalau dibuat rumus matematika kira-kira begini:

Dhoif + dhoif = hasan lighoirih

3. Kekuatannya

Kekuatannya di bawah hasan lidzatih. Dampaknya, kalau ada pertentangan dengan hasan lidzatih maka ia harus dikalahkan oleh hasan lidzatih tersebut.

4. Hukumnya

Maqbul (diterima) dan boleh dijadikan hujjah.

5. Contohnya

Sunan Tirmidzi hadits nomor: 1031

Hadits Syu'bah dari 'Ashim bin 'Ubaidullah berkata; saya telah mendengar Abdullah bin 'Amir bin Rabi'ah dari Bapaknya bahwa ada seorang wanita dari bani Fazarah menikah dengan mahar berupa sepasang sandal. Rasulullah SAW bertanya: "Apakah kamu rela atas diri dan hartamu dengan dua sandal ini?" Dia menjawab; "Ya." ('Amir bin Rabi'ah) berkata; (Nabi shallallahu 'alaihi wasallam) membolehkannya.

Abu Isa At Tirmidzi berkata: "Hadits semakna diriwayatkan dari Umar, Abu Hurairah, Sahl bin Sa'ad, Abu Sa'id, Anas, 'Aisyah, Jabir dan Abu Hadrad Al Aslami. Abu 'Isa berkata; "Hadits Amir bin Rabi'ah merupakan hadits hasan shahih. Para ulama berselisih pendapat mengenai mahar. Sebagian ulama berkata: jumlah mahar sesuai dengan yang disepakati kedua belah pihak. ini merupakan pendapat Sufyan Ats Tsauri, Syafi'i, Ahmad dan Ishaq. Adapun Malik bin Anas berpendapat: Mahar tidak boleh kurang dari seperempat dinar. Sebagian ahlul Kufah berpendapat: Mahar tidak boleh kurang dari sepuluh dinar."

Sebenarnya Ashim itu hafalannya lemah tapi karena riwayat ini dikuatkan oleh jalur lain maka ia menjadi hasan lighoirih.

الحسن لغيره:

١- تعريفه:

هو الضعيف إذا تعددت طرقه، ولم يكن سبب ضعفه فسق الراوي أو كذبه (النخبة مع شرحها، ص٥٤ بمعناه).

يستفاد من هذا التعريف أن الضعيف يرتقي إلى درجة الحسن لغيره بأمرين، هما:

أ- أن يروى من طريق آخر فأكثر، على أن يكون الطريق الآخر مثله أو أقوى منه.

ب- أن يكون سبب ضعف الحديث إما سوء حفظ راويه، وإما انقطاعا في سنده، أو جهالة في رجاله.

٢- سبب تسميته بذلك:

وسبب تسميته بذلك أن الحسن لم يأت من ذات السند الأول، وإنما أتى من انضمام غيره له.

ويمكن تصوير ارتقاء الحديث الضعيف إلى مرتبة "الحسن لغيره" بمعادلة رياضية على النحو التالي:

ضعيف + ضعيف= حسن لغيره

٣- مرتبته:

الحسن لغيره أدنى مرتبة من الحسن لذاته.

وينبني على ذلك أنه لو تعارض الحسن لذاته مع الحسن لغيره قدم الحسن لذاته.

٤- حُكْمه:

هو من المقبول الذي يحتج به.

٥- مثاله:

"ما رواه الترمذي وحسنه، من طريق شعبة، عن عاصم بن عبيد الله، عن عبد الله بن عامر بن ربيعة، عن أبيه، أن امرأة من بني فزارة تزوجت على نعلين، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "أرضيت من نفسك ومالك بنعلين؟ " قالت: نعم، قال: فأجاز".
قال الترمذي: "وفي الباب عن عمر، وأبي هريرة، وسهل بن سعد، وأبي سعيد، وأنس، وعائشة، وجابر، وأبي حدرد الأسلمي" (الترمذي، أبواب النكاح، باب ما جاء في مهور النساء، حديث رقم ١١١٣، ج٣، ص٤٢٠، ٤٢١)

قلت: فعاصم ضعيف لسوء حفظه، وقد حسن له الترمذي هذا الحديث لمجيئه من غير وجه.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Alfiyah "Bab Waqaf"

Kajian Alfiyah Ibn Malik "Imalah"

Kajian Alfiyah "Cara Membentuk Isim Maqshur/Mamdud menjadi Tasniyah-Jamak"