Kajian Alfiyah "Wazan Tashghir"

 إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى صاحب الألفية:
الشيخ أبى عبد الله محمد بن محمد بن مالك الطائى الجيانى الأندلسى
رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين.
الفاتحة...آمين
🗓Senin, 25 Desember 2017
🚎التصغـــير🚗
Bait Alfiyah yg ke: 833-854

 اﻟﺘﺼﻐﻴﺮ
ﻓﻌﻴﻼ اﺟﻌﻞ اﻟﺜﻼﺛﻲ ﺇﺫا
ﺻﻐﺮﺗﻪ ﻧﺤﻮ ﻗﺬﻱ ﻓﻲ ﻗﺬا
ﻓﻌﻴﻌﻞ ﻣﻊ ﻓﻌﻴﻌﻴﻞ ﻟﻤﺎ
ﻓﺎﻕ ﻛﺠﻌﻞ ﺩﺭﻫﻢ ﺩﺭﻳﻬﻤﺎ
Wazan tashghir ada 3 macam dg peruntukannya sbb:
  1. Tsulasiy: فُعَيْل, contoh: عبد: عُبَيد - جند: جُنَيد
  2. Ruba'iy dst: فُعَيْعِل، فُعَيعِيل. Contoh: درهم: دُرَيهِم، دينار: دُنَيْنِير، عثمان: عُثَيمِين
ﻭﻣﺎ ﺑﻪ ﻟﻤﻨﺘﻬﻰ اﻟﺠﻤﻊ وصل
ﺑﻪ ﺇﻟﻰ ﺃﻣﺜﻠﺔ اﻟﺘﺼﻐﻴﺮ ﺻﻞ
Regulasi sighat muntaha al-jumu' berlaku jg utk tashghir, spt membuang huruf yg lbh dr 5 huruf, huruf zaidah dsb. Contoh:  مستخرج: مُخَيْرِج (مَخارِج) سفرجل: سُفَيْرِج (سَفارج)
ﻭﺟﺎﺋﺰ ﺗﻌﻮﻳﺾ ﻳﺎ ﻗﺒﻞ اﻟﻄﺮﻑ
ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺑﻌﺾ اﻻﺳﻢ ﻓﻴﻬﻤﺎ اﻧﺤﺬﻑ
Huruf yg dibuang krn terkena regulasi tashghir/sighat muntaha al-jumu' itu boleh diganti dg ya' pd sebelum akhir, contoh: سفرجل: سُفَيرِيج (سَفاريج)

 ﻭﺣﺎﺋﺪ ﻋﻦ اﻟﻘﻴﺎﺱ ﻛﻞ ﻣﺎ
ﺧﺎﻟﻒ ﻓﻲ اﻟﺒﺎﺑﻴﻦ ﺣﻜﻤﺎ ﺭﺳﻤﺎ
Kasus tashghir/sighat muntaha al-jumu' yg tdk mengikuti regulasi baku dianggap samaiy. Contoh: سَلمان: سُلَيمان (سُلَيمين) مَسْلمة: مُسَيلَمة (مُسَيلِمة)

ﻟﺘﻠﻮ ﻳﺎ اﻟﺘﺼﻐﻴﺮ ﻣﻦ ﻗﺒﻞ ﻋﻠﻢ
ﺗﺄﻧﻴﺚ ﺃﻭ ﻣﺪﺗﻪ اﻟﻔﺘﺢ اﻧﺤﺘﻢ
ﻛﺬاﻙ ﻣﺎ ﻣﺪﺓ ﺃﻓﻌﺎﻝ ﺳﺒﻖ
ﺃﻭ ﻣﺪ ﺳﻜﺮاﻥ ﻭﻣﺎ ﺑﻪ اﻟﺘﺤﻖ
Huruf setelah ya' tashghir harus dibaca fathah pada bebrapa hal berikut:
  1. Sebelum ta' ta'nits, contoh: هِرّة: هُرَيرَة، زبدة: زُبَيدة
  2. Sebelum alif ta'nits (maqshurah/mamdudah), contoh: حبلَى: حُبَيلَى، حمراء: حُمَيراء
  3. Sebelum alif wazan jamak أفعال, contoh: أجمال: أُجَيمال
  4. Sebelum alif فَعْلان (isim sifat yg memiliki muannats فَعْلَى), contoh: سَكْران: سُكَيران، عَطشان: عُطَيشان

 ﻭﺃﻟﻒ اﻟﺘﺄﻧﻴﺚ ﺣﻴﺚ ﻣﺪا
ﻭﺗﺎﺅﻩ ﻣﻨﻔﺼﻠﻴﻦ ﻋﺪا
ﻛﺬا اﻟﻤﺰﻳﺪ ﺁﺧﺮا ﻟﻠﻨﺴﺐ
ﻭﻋﺠﺰ اﻟﻤﻀﺎﻑ ﻭاﻟﻤﺮﻛﺐ
ﻭﻫﻜﺬا ﺯﻳﺎﺩﺗﻨﺎ ﻓﻌﻼﻧﺎ
ﻣﻦ ﺑﻌﺪ ﺃﺭﺑﻊ ﻛﺰﻋﻔﺮاﻧﺎ
ﻭﻗﺪﺭ اﻧﻔﺼﺎﻝ ﻣﺎ ﺩﻝ ﻋﻠﻰ
ﺗﺜﻨﻴﺔ ﺃﻭ ﺟﻤﻊ ﺗﺼﺤﻴﺢ ﺟﻼ
Beberapa lafadz berikut terlepas dr dampa proses tashghir, yaitu:
  1. Alif ta'nits mamdudah, contoh: حمراء: حُمَيراء
  2. Ta' ta'nits, contoh: هرة: هريرة
  3. Ya' nasab, contoh: الجُنْدىّ: الجَنَيدىّ
  4. Mudhaf ilaih, contoh: عبد الله: عُبَيد الله
  5. Akhir tarkib mazjiy, contoh: بعلبكّ: بُعَيلبَكّ
  6. Tambahan alif-nun setelah ruba'iy, contoh: زعفران: زُعَيفِران
  7. Tandan tasniyah/jamak salim, contoh: البكرون: البُكَيرون - البكرِبنَ: البُكَيرِينَ البكران: البُكَيران - البكرَيْنِ: البُكَيريَينِ
 عثمان: عثيمين/عثيمان (عثامين/عثمانون) فيه خلاف

 ﻭﺃﻟﻒ اﻟﺘﺄﻧﻴﺚ ﺫﻭ اﻟﻘﺼﺮ ﻣﺘﻰ
               ﺯاﺩ ﻋﻠﻰ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﻟﻦ ﻳﺜﺒﺘﺎ
Alif ta'nits maqshurah pd isim khumasiy dst harus dibuang krn keberadaannya mencedrai regulasi tashghir, contoh: سِبَطْرَى: سُبَيطِر، قرقرى: قُرَيقِر

 ﻭﻋﻨﺪ ﺗﺼﻐﻴﺮ ﺣﺒﺎﺭﻯ ﺧﻴﺮ
               ﺑﻴﻦ اﻟﺤﺒﻴﺮﻯ ﻓﺎﺩ ﻭاﻟﺤﺒﻴﺮ
Jika sebelum alif ta'nits maqshurah yg khumasiy terdapat huruf mad zaidah maka boleh dua, memang dalam makudi seperti itu cuma dalam ibnu hamdunnya persis yg ada dalam kitab diatas
 
ﻭاﺭﺩﺩ ﻷﺻﻞ ﺛﺎﻧﻴﺎ ﻟﻴﻨﺎ ﻗﻠﺐ
ﻓﻘﻴﻤﺔ ﺻﻴﺮ ﻗﻮﻳﻤﺔ ﺗﺼﺐ
ﻭﺷﺬ ﻓﻲ ﻋﻴﺪ ﻋﻴﻴﺪ ﻭﺣﺘﻢ
ﻟﻠﺠﻤﻊ ﻣﻦ ﺫا ﻣﺎ ﻟﺘﺼﻐﻴﺮ ﻋﻠﻢ
ﻭاﻷﻟﻒ اﻟﺜﺎﻥ اﻟﻤﺰﻳﺪ ﻳﺠﻌﻞ
ﻭاﻭا ﻛﺬا ﻣﺎ اﻷﺻﻞ ﻓﻴﻪ ﻳﺠﻬﻞ
Saat dibentuk tashghir atau sighat munta al-jumu', huruf mad kedua dari isim tsulasiy harus dikembalikan pada huruf asalnya (wawu/ya'). Contoh:
قيمة: قُوَيْمة - مُوْقِن: مُيَيْقِن/ناب: نُيَيْب
باب ج أبواب - ناب ج أنياب
(Ada عيد ditashghir menjadi عُيَيْد tergolong langka, mestinya عُوُيْد).
Alif kedua yg zaidah atau yg misterius keberasalannya harus diganti wawu, contoh:
ضارب: ضُوُيْرِب/ضـوارِب
عاج: عُوَيْج/عَوائِج

ﻭﻛﻤﻞ اﻟﻤﻨﻘﻮﺹ ﻓﻲ اﻟﺘﺼﻐﻴﺮ ﻣﺎ
ﻟﻢ ﻳﺤﻮ ﻏﻴﺮ اﻟﺘﺎء ﺛﺎﻟﺜﺎ ﻛﻤﺎ
Kekurangan huruf "isim tsulasiy", saat ditashghir, harus dikembalikan lagi. Baik bersama ta' ataupun tidak. Contoh: شَفة: شُفَيْهة - عِدة: وُعَيْدة - ما: مُوَىٌّ

ﻭﻣﻦ ﺑﺘﺮﺧﻴﻢ ﻳﺼﻐﺮ اﻛﺘﻔﻰ
ﺑﺎﻷﺻﻞ ﻛﺎﻟﻌﻄﻴﻒ ﻳﻌﻨﻲ اﻟﻤﻌﻄﻔﺎ
Mentarkhim-tashghir adalah cara tashghir dengan cukup steril pada huruf asalnya saja, contoh: مِعطاف: عُطَيْف - متدحرج: دُحَيْرِج

واﺧﺘﻢ ﺑﺘﺎ اﻟﺘﺄﻧﻴﺚ ﻣﺎ ﺻﻐﺮﺕ
ﻣﻦ ﻣﺆﻧﺚ عار ﺛﻼﺛﻲ ﻛﺴﻦ
ﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﺑﺎﻟﺘﺎ ﻳﺮﻯ ﺫا ﻟﺒﺲ
ﻛﺸﺠﺮ ﻭﺑﻘﺮ ﻭﺧﻤﺲ
ﻭﺷﺬ ﺗﺮﻙ ﺩﻭﻥ ﻟﺒﺲ ﻭﻧﺪﺭ
إﻟﺤﺎﻕ ﺗﺎ ﻓﻴﻤﺎ ﺛﻼﺛﻴﺎ ﻛﺜﺮ
Isim tsulsiy yg muannats tanpa tanda ta' ta'nits, ketika ditashghir harus diberi ta' senyampang tidak terjadi kekaburan antara mudzakkar dan mu'annatsnya dlm tashghirnya. Contoh: سِنٌّ: سُنَيْنة - شمس:  شجر: شجير - خمس: خميسة (لايقال شجيرة/خميسة) شُمَيْسة

ﻭﺻﻐﺮﻭا ﺷﺬﻭﺫا اﻟﺬﻱ اﻟﺘﻲ
ﻭﺫا ﻣﻊ اﻟﻔﺮﻭﻉ ﻣﻨﻬﺎ ﺗﺎ ﻭﺗﻲ
Tashghir khusus diperuntukkan isim mu'rab saja (bukan utk isim mabni). Adapun isim maushul/isyarah dibentuk tashghir tergolong langka. Contoh:
الذي: اللٌُذَيّا - التى: اللُّتَيَّا
ذا، تا، تى: ذُيّا/تُيّا/تُيّا

Komentar

  1. [19:53, 12/25/2017] +62 823-3322-3223:
    [19:59, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: saya nemu ibarat ini
    [20:01, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Bagaimana dg syaikh usaimin, qiyasiy atau samaiy?
    [20:01, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: ibarot yg hampir sama saya temukan dlm ibnu hamdun
    [20:02, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Alif nun yg tdk terlibas tashghir itu jika setelah rubaiy...
    [20:02, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: زعفران: زعيفران
    [20:03, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: وهكذا زيادة فعلان
    من بعد اربع كزعفران
    [20:07, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: ﻭﺣﺎﺋﺪ ﻋﻦ اﻟﻘﻴﺎﺱ ﻛﻞ ﻣﺎ
    ﺧﺎﻟﻒ ﻓﻲ اﻟﺒﺎﺑﻴﻦ ﺣﻜﻤﺎ ﺭﺳﻤﺎ

    Kasus tashghir/sighat muntaha al-jumu' yg tdk mengikuti regulasi baku dianggap samaiy. Contoh:
    مَسْلمة: مُسَيلَمة (مُسَيلِمة)
    سَلمان: سُلَيمان (سُلَيمين)
    [20:19, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: ini qoidahnya ada di bawah ini
    [20:22, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: وما به التحق مما في اخره الف ونون زايدتان لم يعلم جمع ما هما فيه على فعالين دون شذوذ
    [20:26, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: شامل لنحو عمران وعثمان ومروان فيقال في تصغيرها عمبران وعثيمان ومريوان
    [20:29, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: kalo di kitab ini termasuk yang sesuai dengan regulasi yaitu bait او مد سكران وما به التحق
    [20:31, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: عثمان ونحوه tidak termasuk bait diatas
    [20:32, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: karena tdk من بعد اربع
    [20:42, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Utk itu dibaca عثيمين
    [20:44, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Untuk leboh jelasnya, saya update lanjutan bait berikutnya.
    Khususnya yg terkait zaidah alif nun spt pd cntoh:
    عثيمين - زعيفران
    [20:45, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: ﻭﺃﻟﻒ اﻟﺘﺄﻧﻴﺚ ﺣﻴﺚ ﻣﺪا
    ﻭﺗﺎﺅﻩ ﻣﻨﻔﺼﻠﻴﻦ ﻋﺪا
    ﻛﺬا اﻟﻤﺰﻳﺪ ﺁﺧﺮا ﻟﻠﻨﺴﺐ
    ﻭﻋﺠﺰ اﻟﻤﻀﺎﻑ ﻭاﻟﻤﺮﻛﺐ
    ﻭﻫﻜﺬا ﺯﻳﺎﺩﺗﻨﺎ ﻓﻌﻼﻧﺎ

    BalasHapus
    Balasan

    1. [20:45, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: kalo ket dalm kitaab tsb ikutnya bait او مد سكران وما به التحق

      وصلى الله على سيدنا محند وعلى آله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين
      [20:57, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Bagaman pemahaman anda dg bait ini:

      وهكذا زيادتا فعلان
      من بعد اربع كزعفران
      [20:57, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: ?
      [20:58, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: sudah pas itu
      [20:59, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: persis terjemah diatas
      [20:59, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Pas sbg hasil copas
      [21:00, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Kalau bait atas kurang 4 huruf, yg ini 4 huruf
      [21:00, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: artinya tidak beda dgn terj jenengan
      [21:01, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Coba benturkan bair ini زعفران dg bait سكران.
      [21:01, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Bait
      [21:01, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: makanya عثمان ونحوه tidak ikut bait ini ,tapi bait ومد فعلان وما به التحق
      [21:03, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Tokoh bernama syaiku Usaiman atau Usaimin
      [21:03, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: kalo سكران selain islif nun kan 3 huruf betbrda dngan زعفران
      [21:05, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: tadi kan ada khilaf mau ustaimin monggo mau ustaiman monggo
      [21:10, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: ﺃﻱ ﻳﺠﺐ ﻓﺘﺢ ﻣﺎ ﻭﻟﻰ ﻳﺎء اﻟﺘﺼﻐﻴﺮ ﺇﻥ ﻭﻟﻴﺘﻪ ﺗﺎء اﻟﺘﺄﻧﻴﺚ ﺃﻭ ﺃﻟﻔﻪ اﻟﻤﻘﺼﻮﺭﺓ ﺃﻭ اﻟﻤﻤﺪﻭﺩﺓ ﺃﻭ ﺃﻟﻒ ﺃﻓﻌﺎﻝ ﺟﻤﻌﺎ ﺃﻭ ﺃﻟﻒ ﻓﻌﻼﻥ اﻟﺬﻱ ﻣﺆﻧﺜﻪ ﻓﻌﻠﻰ ﻓﺘﻘﻮﻝ ﻓﻲ ﺗﻤﺮﺓ ﺗﻤﻴﺮﺓ ﻭﻓﻲ ﺣﺒﻠﻰ ﻭﺣﺒﻴﻠﻰ ﻭﻓﻲ ﺣﻤﺮاء ﺣﻤﻴﺮاء ﻭﻓﻲ ﺃﺟﻤﺎﻝ ﺃﺟﻴﻤﺎﻝ ﻭﻓﻲ ﺳﻜﺮاﻥ ﺳﻜﻴﺮاﻥ.
      ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻌﻼﻥ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺑﺎﺏ ﺳﻜﺮاﻥ ﻟﻢ ﻳﻔﺘﺢ ﻣﺎ ﻗﺒﻞ ﺃﻟﻔﻪ ﺑﻞ ﻳﻜﺴﺮ ﻓﺘﻘﻠﺐ اﻷﻟﻒ ﻳﺎء ﻓﺘﻘﻮﻝ ﻓﻲ ﺳﺮﺣﺎﻥ ﺳﺮﻳﺤﻴﻦ ﻛﻤﺎ ﺗﻘﻮﻝ ﻓﻲ اﻟﺠﻤﻊ ﺳﺮاﺣﻴﻦ

      Hapus
    2. [21:18, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: makanya dlm ibarot saya ada فعالين دون شذوذ dan qoyyid ini untuk mengecualikan lafadz سرحان و سلطان karena jamanya سراحين و سلاطين
      [21:18, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: ini ibarot ibnu aqil tho
      [21:19, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: ﻻ ﻳﻌﺘﺪ ﻓﻲ اﻟﺘﺼﻐﻴﺮ ﺑﺄﻟﻒ اﻟﺘﺄﻧﻴﺚ اﻟﻤﻤﺪﻭﺩﺓ ﻭﻻ ﺑﺘﺎء اﻟﺘﺄﻧﻴﺚ ﻭﻻ ﺑﺰﻳﺎﺩﺓ ﻳﺎء اﻟﻨﺴﺐ ﻭﻻ ﺑﻌﺠﺰ اﻟﻤﻀﺎﻑ ﻭﻻ ﺑﻌﺠﺰ اﻟﻤﺮﻛﺐ ﻭﻻ ﺑﺎﻷﻟﻒ ﻭاﻟﻨﻮﻥ اﻟﻤﺰﻳﺪﺗﻴﻦ ﺑﻌﺪ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﺣﺮﻑ ﻓﺼﺎﻋﺪا
      [21:20, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Coba fokus yg sy blok:

      ﺃﻱ ﻳﺠﺐ ﻓﺘﺢ ﻣﺎ ﻭﻟﻰ ﻳﺎء اﻟﺘﺼﻐﻴﺮ ﺇﻥ ﻭﻟﻴﺘﻪ ﺗﺎء اﻟﺘﺄﻧﻴﺚ ﺃﻭ ﺃﻟﻔﻪ اﻟﻤﻘﺼﻮﺭﺓ ﺃﻭ اﻟﻤﻤﺪﻭﺩﺓ ﺃﻭ ﺃﻟﻒ ﺃﻓﻌﺎﻝ ﺟﻤﻌﺎ ﺃﻭ ﺃﻟﻒ ﻓﻌﻼﻥ اﻟﺬﻱ ﻣﺆﻧﺜﻪ ﻓﻌﻠﻰ ﻓﺘﻘﻮﻝ ﻓﻲ ﺗﻤﺮﺓ ﺗﻤﻴﺮﺓ ﻭﻓﻲ ﺣﺒﻠﻰ ﻭﺣﺒﻴﻠﻰ ﻭﻓﻲ ﺣﻤﺮاء ﺣﻤﻴﺮاء ﻭﻓﻲ ﺃﺟﻤﺎﻝ ﺃﺟﻴﻤﺎﻝ ﻭﻓﻲ ﺳﻜﺮاﻥ ﺳﻜﻴﺮاﻥ.
      ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻌﻼﻥ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺑﺎﺏ ﺳﻜﺮاﻥ ﻟﻢ ﻳﻔﺘﺢ ﻣﺎ ﻗﺒﻞ ﺃﻟﻔﻪ ﺑﻞ ﻳﻜﺴﺮ ﻓﺘﻘﻠﺐ اﻷﻟﻒ ﻳﺎء ﻓﺘﻘﻮﻝ ﻓﻲ ﺳﺮﺣﺎﻥ ﺳﺮﻳﺤﻴﻦ ﻛﻤﺎ ﺗﻘﻮﻝ ﻓﻲ اﻟﺠﻤﻊ ﺳﺮاﺣﻴﻦ
      [21:21, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: ini menurut satu pendapat
      [21:22, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: makanya sejak tadi bisa kita simpulkan dalam masalah نحو عثمان ada khilaf
      [21:23, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Kalau kajian Alfiyah عثمان harus dibaca عثيمين krn bkn isim sifat فعلان فعلى dan bukan rubaiy.
      [21:25, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Dasar baitnya:
      كذاك ما مدة أفعال سبق
      أو مد سكران وما به التحق
      وهكذا زيادتا فعلانا
      من بعد اربع كزعفران
      [21:27, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: kan dalam ibarot yg saya posting, kemudian saya ketik kan sudah jelas ikutnya ke ومد فعلان وم به التحق
      [21:27, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: وما به التحق مما في اخره الف ونون زايدتان لم يعلم جمع ما هما فيه على فعالين دون شذوذ
      [21:27, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Maksud dr وما به التحق itu:
      كل وصف ثلاثى على فهلان فعلى
      [21:28, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: فعلان فعلى : سكران سكرى
      [21:28, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: شامل لنحو عمران وعثمان ومروان فيقال في تصغيرها عمبران وعثيمان ومريوان
      [21:28, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: Coba benturkan bair ini زعفران dg bait سكران.
      [21:28, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: Tokoh bernama syaiku Usaiman atau Usaimin
      [21:28, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Nah ini oersoalan juiyah unit yg terdapat khilafiyah dan kontroversi....
      [21:28, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Persoalan juziyah
      [21:28, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: itu yg di ibnu aqil
      [21:29, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: ini yg di ibarot saya ,juga ada di ibnu hamdun
      [21:31, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: makanya saya bertanya , bagsimana dgn ibarat ini, sebelumnya sudah saya baca baik yg ada dam ibnu hamdun shoban msupun yg ada di ibnu aqil, biar kita tidak mudah menyalahkan lsinnys
      [21:32, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: lainnya
      [21:33, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Yang sy update Alfiyah, jafi sy ikuti alur Alfiyah dg dua bait berhubungan tadi.
      Adapun ada persoalan syarah atau hasyiyah apalagi menyangkut khilafiyah itu sbg pengembangan diskusi dan wawasan...
      [21:35, 12/25/2017] +62 823-3683-3009: tapi alfiyysh kadang perlu penjeladan
      [21:35, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Kesimpulan diskusi seputar عثمان سلمان dari tadi adalah:
      التصغير تابع للجمع
      [21:37, 12/25/2017] +62 823-3322-3223: Penjelasan itu namanya syarah/hasyiyah.
      Bukan perlu tapi harus bgi pemula spt kita krn Alfiyah ini khulashah dr syrah dan hasyiyah..

      Hapus
  2. Syukran posting materinya...
    جزاك الله خيرا آمين

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Alfiyah "Bab Waqaf"

Kajian Alfiyah Ibn Malik "Imalah"

Kajian Alfiyah "Cara Membentuk Isim Maqshur/Mamdud menjadi Tasniyah-Jamak"