Kajian Ushul Fiqh "Burhan & Qiyas"

 إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح :
Syeikh Namlah, Simbah Agus, Orang tua, keluarga dan Anak turunku, Warih firdausi , semua yang aktif berbagi ilmu, Semoga selalu dalam Rahmat Alloh di dunia dan akhirat, ilaa yaumil qiyamah wa husnul khotimah,
الفاتحة:
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
Aamiin.
Saya lanjutkan materi ushul fiqhnya
اﻟﻤﻄﻠﺐ اﻟﺮاﺑﻊ ﻫﻞ ﺗﺴﻤﻴﺔ اﻟﺒﺮﻫﺎﻥ ﺑﺎﻟﻘﻴﺎﺱ ﺗﺴﻤﻴﺔ ﺣﻘﻴﻘﻴﺔ؟
ﺃﻗﻮﻝ: ﺇﻥ ﺗﺴﻤﻴﺔ اﻟﻤﻨﺎﻃﻘﺔ ﻟﻠﺒﺮﻫﺎﻥ اﻟﻤﺘﻜﻮﻥ ﻣﻦ ﻣﻘﺪﻣﺘﻴﻦ ﻭﻧﺘﻴﺠﺔ
ﺑﺎﻟﻘﻴﺎﺱ، ﺟﺎء ﻋﻦ ﻃﺮﻳﻖ اﻟﺘﺠﻮﺯ، ﻭﺫﻟﻚ ﻷﻥ اﻟﻘﻴﺎﺱ ﻓﻲ ﺃﺻﻮﻝ
اﻟﻮﺿﻊ اﻟﻠﻐﻮﻱ ﻫﻮ: ﺗﻘﺪﻳﺮ ﺷﻲء ﺑﺸﻲء ﺁﺧﺮ، ﻛﺘﻘﺪﻳﺮ اﻟﺜﻮﺏ ﺑﺎﻟﺬﺭاﻉ.
ﺃﻣﺎ ﻫﻨﺎ، ﻓﺈﻥ ﺣﺎﺻﻠﻪ ﺭاﺟﻊ ﺇﻟﻰ ﺇﺩﺭاﺝ ﺧﺼﻮﺹ ﺗﺤﺖ ﻋﻤﻮﻡ،
ﻭﻫﺬا ﻟﻴﺲ ﺑﻘﻴﺎﺱ، ﺇﺫ ﻟﻴﺲ ﻓﻴﻪ ﺗﻘﺪﻳﺮ ﻭﻻ ﺣﻤﻞ، ﺑﻞ ﻓﻴﻪ ﺇﺩﺭاﺝ،
ﺑﻴﺎﻥ ﺫﻟﻚ:
ﺃﻥ اﻟﻤﻘﺪﻣﺔ اﻟﻜﺒﺮﻯ ﻋﻤﻮﻡ، ﻭاﻟﻤﻘﺪﻣﺔ اﻟﺼﻐﺮﻯ ﺧﺼﻮﺹ، ﻭﻗﻠﻨﺎ
ﺫﻟﻚ ﻷﻥ اﻟﺤﻜﻢ ﻓﻲ اﻟﻜﺒﺮﻯ ﻋﻠﻰ ﺟﻤﻴﻊ ﻣﺎ ﺻﺪﻕ ﻋﻠﻴﻪ اﻷﻭﺳﻂ،
ﻓﻴﺘﻨﺎﻭﻝ اﻷﺻﻐﺮ ﻭﻏﻴﺮﻩ، ﻭاﻟﺤﻜﻢ ﻓﻲ اﻟﺼﻐﺮﻯ ﻣﺨﺼﻮﺹ ﺑﺎﻷﺻﻐﺮ
ﻓﻘﻂ، ﻭﺇﺫا ﻛﺎﻥ اﻷﻣﺮ ﻛﺬﻟﻚ ﻭﺟﺐ ﺇﺩﺭاﺝ اﻷﺻﻐﺮ ﺗﺤﺖ اﻷﻭﺳﻂ ﻓﻲ
اﻟﺤﻜﻢ ﺑﺎﻷﻛﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﺟﻤﻴﻊ ﻣﺎ ﺻﺪﻕ ﻋﻠﻴﻪ اﻷﻭﺳﻂ؛ ﻷﻥ اﻷﺻﻐﺮ ﻣﻦ
ﺟﻤﻠﺘﻬﺎ، ﻓﻴﻠﺘﻘﻲ ﺑﺎﻟﻀﺮﻭﺭﺓ ﻣﻮﺿﻮﻉ اﻟﺼﻐﺮﻯ - ﺃﻋﻨﻲ اﻷﺻﻐﺮ -
ﻭﻣﺤﻤﻮﻝ اﻟﻜﺒﺮﻯ - ﺃﻋﻨﻲ اﻷﻛﺒﺮ - ﺇﻣﺎ ﺇﻳﺠﺎﺑﺎ ﺇﻥ ﻛﺎﻧﺖ اﻟﻜﺒﺮﻯ
ﻣﻮﺟﺒﺔ، ﺃﻭ ﺳﻠﺒﺎ ﺇﻥ ﻛﺎﻧﺖ اﻟﻜﺒﺮﻯ ﺳﺎﻟﺒﺔ.
ﻣﺜﺎﻝ اﻟﻤﻮﺟﺒﺔ ﻗﻮﻟﻨﺎ: " اﻟﻮﺿﻮء ﻋﺒﺎﺩﺓ، ﻭﻛﻞ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﺗﺼﺢ ﺑﻨﻴﺔ "،
ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻨﺘﺞ: ﺃﻥ اﻟﻮﺿﻮء ﻳﺼﺢ ﺑﻨﻴﺔ.
ﻣﺜﺎﻝ اﻟﺴﺎﻟﺒﺔ ﻗﻮﻟﻨﺎ: " اﻟﻨﺒﻴﺬ ﻣﺴﻜﺮ، ﻭﻻ ﺷﻲء ﻣﻦ اﻟﻤﺴﻜﺮ ﻟﻴﺲ
ﺑﺤﻼﻝ "، ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻨﺘﺞ ﻣﻨﻪ: ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻴﺬ ﻟﻴﺲ ﺑﺤﻼﻝ.
[1:01 pagi 30/12/2017] SIMBAH AGUS: 
💣4. Apakah jika bentuk burhan itu disamakan dan dinamakan dengan qiyas, bisa dikatakan penyamaan secara hakiki?
Jawab:
Burhan itu terbentuk dari dua muqoddimah. Yang mana struktur pengambilan logika konklusinya juga sebagaimana alur pembentukan qiyas. Maka saat kondisi rangkaiannya seperti itu, sudah barang tentu bisa dan boleh disamakan secara hakiki.
💦Alasan pembolehannya:
dilihat dari sisi, bahwa keduanya sama dalam hal perbandongan yg ada pada keduanya. Sebagaimana telah maklum kita ketahui, pengertian qiyas menurut asal etimologinya juga berupa perbandingan satu obyek dengan yang lainnya.
💦Penjabaran lebih dalam tentang qiyas:
Perlu digaris bawahi, bahwa jika satu kesimpulan logika itu dengan labelisasi satu obyek tertentu dengan label obyek secara umum, itu tidak termasuk bentuk qiyas.
💦Satu contoh:
Zaid itu berjenggot.
Setiap kambing itu berjenggot.
Maka: zaid adalah kambing karena ia berjenggot.
Nah, ini rangkaian yang salah. Karena alur pembuatannya berbentuk penyisipan satu kekhususan obyek tertentu dengan keumuman sifat obyek pembanding.
💦Kaidahnya:
  1. Muqoddimah kubro itu harus umum.
  2. Muqoddimah sughro harus khusus.
Yang perlu digaris bawahi, dan tidak kalah pentingnya, jangan sampai posisi muqoddimah kubro tidak mencakup secara mutlak kebenaran yang ada pada muqoddimah ausath atau sughro.
Contoh;
setiap kambing itu berjenggot.
Zaid berjenggot.
Maka zaid adalah kambing.
💢Contoh diatas meski benar rangkaian kubro sughronya, tapi peletakan landasan kubro salah alamat. Yaitu: bahwa jenggot meski lekat dengan kambing, tapi bukan esensi penamaan kambing itu hanya karena jenggot.

Contoh yang benar.
Ilmu itu mencerdaskan.
Simbah orang berilmu.
Maka sudah pasti simbah orang cerdas.  
💢Nah, peletakan dasar pada muqoddimah kubro diatas sudah benar. Karena memang ilmu dan kecedasan itu dianggap kelekatan identitas yang tidak terpisahkan.Nah, jika peletakan muqoddimah sudah benar plus alurnya, maka konsepsi kebenaran telah bisa diambil, baik nanti dibuat dalam bentuk ijab maupun salab.  Barokalloh lanaa wa lakum.

Komentar

  1. [06:23, 12/30/2017] +62 823-3683-3009: النبيذ مشكر، ولا شيء من المشكر ليس بحلال
    sing bener kayae yg tidak ada ليس
    [06:23, 12/30/2017] +62 823-3683-3009: لاشيء من المشكر بحلال
    [06:25, 12/30/2017] +62 838-6561-7460: مسكر ؟
    [06:25, 12/30/2017] +62 853-3408-2604: 👍👍👍👍
    [06:25, 12/30/2017] +62 823-3683-3009: 👍🏻
    [06:25, 12/30/2017] +62 853-3408-2604: مسكر
    [06:26, 12/30/2017] +62 823-3683-3009: 🙏🏽betul مسكر tia adaليس
    [06:27, 12/30/2017] +62 823-3683-3009: tidak
    [06:34, 12/30/2017] +62 821-3730-0660: 👍
    👍
    👍
    [06:47, 12/30/2017] +62 823-3683-3009: urutannya apa gak gini mbah.
    zaid berjenggot
    setiap yg berjenggot kambing
    kesimpulannya Zaid itu ka
    mbing
    [06:48, 12/30/2017] +62 823-3683-3009: bukan setiap kambing berjenggot
    [06:58, 12/30/2017] +62 823-3683-3009: walopun kesimpulannya juga tidak benat, karena tidak setiap yang berjenggot itu kambing (muqoddimah kubro bermasalah)
    [07:13, 12/30/2017] +62 857-0565-1195: kesimpulan akan benar, jina premisnya benar
    [07:14, 12/30/2017] +62 857-9951-7324: 👍🏻👍🏻👍🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻
    [07:36, 12/30/2017] +62 823-3683-3009: kalo menurut jenengan letak kesalahan qiyas tsb apa
    [07:39, 12/30/2017] +62 823-3683-3009: letak kesalahannya
    من حيث الصورة apa من حيث المادة
    [09:04, 12/30/2017] +62 878-5803-6960: Min haitsul maaddah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Alfiyah "Bab Waqaf"

Kajian Alfiyah Ibn Malik "Imalah"

Kajian Alfiyah "Cara Membentuk Isim Maqshur/Mamdud menjadi Tasniyah-Jamak"