Kajian Hadits "tentang Hadits Muallaq"
إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح :
Mahir Yasin, Simbah Agus, Orang tua, keluarga dan Anak turunku, Warih firdausi , semua yang aktif berbagi ilmu, Semoga selalu dalam Rahmat Alloh di dunia dan akhirat, ilaa yaumil qiyamah wa husnul khotimah, وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح :
الفاتحة:
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
Aamiin.
Masih seputar hadits muallaq dalam sohih bukhori sebagaimana diterangkan minggu lalu, ada beberapa ulama yg beda dengan jumhur, salah satunya ibnu hazm.
Beliau bilang bahwa semua hadits muallaq, dimanapun disebut, baik dalam jamik sohih atau lainnya, baik dg sighot jazm atau tamrid, semua tetap dzoif sebagaimana hadits munqothik yang lain tanpa beda dan pengecualian.
ﻭﻗﺪ ﺧﺎﻟﻒ ﺫﻟﻚ ﺑﻌﺾ اﻟﻌﻠﻤﺎء - ﻣﻨﻬﻢ: اﺑﻦ ﺣﺰﻡ - ﻓﻠﻢ ﻳﺠﻌﻠﻮا ﻟﻤﻌﻠﻘﺎﺕ اﻟﺼﺤﻴﺢ ﻣﺰﻳﺔ ﻋﻠﻰ ﻏﻴﺮﻫﺎ، ﺳﻮاء ﻛﺎﻥ ﺑﺼﻴﻐﺔ اﻟﺠﺰﻡ ﺃﻭ ﺑﺼﻴﻐﺔ اﻟﺘﻤﺮﻳﺾ، ﻭاﻧﻤﺎ ﺟﻌﻠﻮا ﻟﻬﺎ ﺣﻜﻢ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻣﻦ اﻟﻤﻨﻘﻄﻌﺎﺕ.
Sebagaimana yg dicontohkan oleh ibnu hazm, yaitu hadits hisyam bin ammaar seputar alat musik. Bukhori memasukkan hadits nya dalam bentuk muallaq. Padahal tidak seperti itu kenyataannya menurut jumhur, mengingat hisyam bin ammaar adalah guru bukhori. Ketiadaan ketelitian ibnu hazm itulah ia menghukumi hadits ini sebagai muallaq. Yang pada akhirnya berimbas pada penolakannya untuk berhujjah dengan hadits ini pula.
Untuk keterangan lebih detail, silahkan ikuti kelanjutannya.
ﻭﻟﻌﻞ ﺃﺑﺮﺯ ﻣﺜﺎﻝ ﻳﻮﺿﺢ ﺫﻟﻚ: ﺣﺪﻳﺚ ﻫﺸﺎﻡ ﺑﻦ ﻋﻤﺎﺭ ﻓﻲ اﻟﻤﻌﺎﺯﻑ، ﻓﻘﺪ اﺧﺮﺟﻪ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻓﻲ اﻟﺼﺤﻴﺢ ﻋﻠﻰ ﺻﻮﺭﺓ اﻟﻤﻌﻠﻖ، ﻣﻊ ﺃﻧﻪ ﻟﻴﺲ ﻣﻌﻠﻘﺎ ﻓﻲ اﻟﻮاﻗﻊ؛ ﻷﻥ ﻫﺸﺎﻡ ﺑﻦ ﻋﻤﺎﺭ ﺷﻴﺦ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ، ﻓﻈﻨﻪ اﺑﻦ ﺣﺰﻡ ﻣﻌﻠﻘﺎ، ﻭﺣﻜﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﺑﺎﻻﻧﻘﻄﺎﻉ ﻭﻟﻢ ﻳﺤﺘﺞ ﺑﻪ، ﻭﻓﻴﻤﺎ ﻳﺄﺗﻲ ﻧﺴﻮﻕ اﻟﺤﺪﻳﺚ ﻭﻧﺒﻴﻦ ﺁﺛﺮﻩ ﻓﻲ اﺧﺘﻼﻑ اﻟﻔﻘﻬﺎء.
Contoh hadits hisyam bin ammaar, dan imbas aplikasi fuqoha dalam beristimbat dengannya.
ﺣﺪﻳﺚ ﻫﺸﺎﻡ ﺑﻦ ﻋﻤﺎﺭ ﻓﻲ اﻟﻤﻌﺎﺯﻑ ﻭﺃﺛﺮﻩ ﻓﻲ اﺧﺘﻼﻑ اﻟﻔﻘﻬﺎء
Imam bukhari berkata dalam jamik sohihnya:
ﺣﺪﻳﺚ ﻫﺸﺎﻡ ﺑﻦ ﻋﻤﺎﺭ ﻓﻲ اﻟﻤﻌﺎﺯﻑ ﻭﺃﺛﺮﻩ ﻓﻲ اﺧﺘﻼﻑ اﻟﻔﻘﻬﺎء
ﻗﺎﻝ اﻻﻣﺎﻡ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺤﻪ : ﻭﻗﺎﻝ ﻫﺸﺎﻡ ﺑﻦ ﻋﻤﺎﺭ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺻﺪﻗﺔ ﺑﻦ ﺧﺎﻟﺪ، ﻗﺎﻝ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻋﺒﺪ اﻟﺮﺣﻤﻦ ﺑﻦ ﻳﺰﻳﺪ ﺑﻦ ﺟﺎﺑﺮ، ﻗﺎﻝ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻋﻄﻴﺔ ﺑﻦ ﻗﻴﺲ اﻟﻜﻼﺑﻲ، ﻗﺎﻝ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻋﺒﺪ اﻟﺮﺣﻤﻦ ﺑﻦ ﻏﻨﻢ اﻷﺷﻌﺮﻱ، ﻗﺎﻝ: ﺣﺪﺛﻨﻲ ﺃﺑﻮ ﻋﺎﻣﺮ - ﺃﻭ ﺃﺑﻮ ﻣﺎﻟﻚ اﻷﺷﻌﺮﻱ - ﻭاﻟﻠﻪ ﻣﺎ ﻛﺬﺑﻨﻲ- ﺳﻤﻊ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ: ((ﻟﻴﻜﻮﻧﻦ ﻣﻦ ﺃﻣﺘﻲ ﺃﻗﻮاﻡ ﻳﺴﺘﺤﻠﻮﻥ اﻟﺤﺮ ﻭاﻟﺤﺮﻳﺮ ﻭاﻟﺨﻤﺮ ﻭاﻟﻤﻌﺎﺯﻑ، ﻭﻟﻴﻨﺰﻟﻦ ﺃﻗﻮاﻡ اﻟﻰ ﺟﻨﺐ ﻋﻠﻢ ﻳﺮﻭﺡ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺑﺴﺎﺭﺣﺔ ﻟﻬﻢ، ﻳﺄﺗﻴﻬﻢ- ﻳﻌﻨﻲ اﻟﻔﻘﻴﺮ- ﻟﺤﺎﺟﺔ ﻓﻴﻘﻮﻟﻮا اﺭﺟﻊ اﻟﻴﻨﺎ ﻏﺪا، ﻓﻴﺒﻴﺘﻬﻢ اﻟﻠﻪ ﻭﻳﻀﻊ اﻟﻌﻠﻢ ﻭﻳﻤﺴﺦ ﺁﺧﺮﻳﻦ ﻗﺮﺩﺓ ﻭﺧﻨﺎﺯﻳﺮ اﻟﻰ ﻳﻮﻡ اﻟﻘﻴﺎﻣﺔ)) .
Hadits diatas disebut secara muallaq dalam jamik sohihnya dengan menggunakan sighot jazm. Tidak merangkai dengan sanad bentuk simak, tapi hisyam bin ammaar adalah gurunya bukhori.
ﻭﻫﺸﺎﻡ ﺑﻦ ﻋﻤﺎﺭ ﻣﻦ ﺷﻴﻮﺥ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ، ﻟﻜﻦ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻟﻢ ﻳﺼﺮﺡ ﺑﺎﻟﺴﻤﺎﻉ ﺑﻞ ﺫﻛﺮﻩ ﺑﺼﻴﻐﺔ اﻟﺘﻌﻠﻴﻖ ﻣﺠﺰﻭﻣﺎ ﺑﻪ.
Ibnu hazm mengidentifikasi penyakit hadits ini, menganggap bahwa ia tidak bertemu dengan shodaqoh bin kholid, maka sama saja hadits ini terputus bahkan palsu, tidak mungkin diterima selamanya, apalagi berhujjah dengannya. Andai satu saja ada sanad yg disebut secara bersambung tentu aku terambil.
ﻭﻗﺪ ﺃﻋﻞ اﺑﻦ ﺣﺰﻡ ﻫﺬﻩ اﻟﺮﻭاﻳﺔ ﺑﺎﻟﺘﻌﻠﻴﻖ ﻓﻘﺎﻝ: ((ﻭﻫﺬا ﻣﻨﻘﻄﻊ ﻟﻢ ﻳﺘﺼﻞ ﻣﺎ ﺑﻴﻦ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻭﺻﺪﻗﺔ ﺑﻦ ﺧﺎﻟﺪ ﻭﻻ ﻳﺼﺢ ﻓﻲ ﻫﺬا اﻟﺒﺎﺏ ﺷﻲء ﺃﺑﺪا ﻭﻛﻞ ﻣﺎ ﻓﻴﻪ ﻣﻮﺿﻮﻉ ﻭاﻟﻠﻪ ﻟﻮ ﺃﺳﻨﺪ ﺟﻤﻴﻌﻪ اﻭ ﻭاﺣﺪ ﻣﻨﻪ ﻓﺄﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﻃﺮﻳﻖ اﻟﺜﻘﺎﺕ اﻟﻰ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻟﻤﺎ ﺗﺮﺩﺩﻧﺎ ﻓﻲ اﻷﺧﺬ))
Ibnu sholah membantah, bahwa alasan ibnu hazm itu tiada dilirik oleh para pakar hadits, tentang hadits bukhori yang disebut dengan sighot jamz dalam kemuallaqannya ini.
ﻭﻗﺪ ﺭﺩ ﻋﻠﻴﻪ اﺑﻦ اﻟﺼﻼﺡ ﺑﻘﻮﻟﻪ: ((ﻭﻻ اﻟﺘﻔﺎﺕ اﻟﻰ اﺑﻲ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﺰﻡ اﻟﻈﺎﻫﺮﻱ اﻟﺤﺎﻓﻆ ﻓﻲ ﺭﺩﻩ ﻣﺎ ﺃﺧﺮﺟﻪ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ اﺑﻲ ﻋﺎﻣﺮ ﺃﻭ اﺑﻲ ﻣﺎﻟﻚ اﻷﺷﻌﺮﻱ ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ((ﻟﻴﻜﻮﻧﻦ ﻓﻲ ﺃﻣﺘﻲ ﺃﻗﻮاﻡ ﻳﺴﺘﺤﻠﻮﻥ اﻟﺤﺮﻳﺮ ﻭاﻟﺨﺰ ﻭاﻟﻤﻌﺎﺯﻑ ... اﻟﺤﺪﻳﺚ)) ﻣﻦ ﺣﺠﺔ ﺃﻥ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﺃﻭﺭﺩﻩ ﻗﺎﺋﻼ ﻓﻴﻪ: ﻗﺎﻝ ﻫﺸﺎﻡ ﺑﻦ ﻋﻤﺎﺭ))
Al iroqy juga ikut komentar, bahwa muallaq bukhori dg sighot " qoola" dari gurunya sudah dimaklumi keittisholannya. Meski dengan " ananah sekalipun ".
ﺃﻣﺎ اﻟﺬﻱ ﻟﺸﻴﺨﻪ ﻋﺰا ﺑﻘﺎﻝ ﻓﻜﺬﻱ
ﻋﻨﻌﻨﺔ ﻛﺨﺒﺮ اﻟﻤﻌﺎﺯﻑ ﻻ ﺗﺼﻎ ﻻﺑﻦ ﺣﺰﻡ اﻟﻤﺨﺎﻟﻒ
Artinya, meski bentuknya "ananah" hal itu tidak mencederai kemuallaqanya, asal jelas liqo dan bebas dari tadlis.Sedang kita tahu bukhori selamat dalam hal itu. Bukhori bukan mudallis, plus tsubut liqo dengan hisyam bin ammaar.
ﻓﻤﻌﻨﺎﻩ ﺃﻥ ﻟﻪ ﺣﻜﻢ اﻟﻤﻌﻨﻌﻦ ﺑﺸﺮﻁ اﻟﻠﻘﺎء ﻭﻋﺪﻡ اﻟﺘﺪﻟﻴﺲ ﻭاﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻣﺪﻟﺴﺎ ﻭﺛﺒﺖ ﻟﻘﺎﺅﻩ ﺑﻬﺸﺎﻡ ﺑﻦ ﻋﻤﺎﺭ
ﻓﻤﻌﻨﺎﻩ ﺃﻥ ﻟﻪ ﺣﻜﻢ اﻟﻤﻌﻨﻌﻦ ﺑﺸﺮﻁ اﻟﻠﻘﺎء ﻭﻋﺪﻡ اﻟﺘﺪﻟﻴﺲ ﻭاﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻣﺪﻟﺴﺎ ﻭﺛﺒﺖ ﻟﻘﺎﺅﻩ ﺑﻬﺸﺎﻡ ﺑﻦ ﻋﻤﺎﺭ
Ibnu hajar bilang :" bahwa sighot jazm bukhori yg ia sandarkan pada gurunya dengan mengatakan qoola fulan, hal itu tidak termasuk takliiq. Tapi hadits muttashil dengan sarat liqo dan selamat dari tadliis.
ﻗﺎﻝ اﻟﺤﺎﻓﻆ اﺑﻦ ﺣﺠﺮ: ((ﻭاﻣﺎ ﻣﺎ ﻋﺰاﻩ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻟﺒﻌﺾ ﺷﻴﻮﺧﻪ ﺑﺼﻴﻐﺔ ﻗﺎﻝ ﻓﻼﻥ ﻭﺯاﺩ ﻓﻼﻥ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ، ﻓﻠﻴﺲ ﺣﻜﻤﻪ ﺣﻜﻢ اﻟﺘﻌﻠﻴﻖ ﻋﻦ ﺷﻴﻮﺥ ﺷﻴﻮﺧﻪ ﻭﻣﻦ ﻓﻮﻗﻬﻢ ﺑﻞ ﺣﻜﻤﻪ ﺣﻜﻢ اﻟﻌﻨﻌﻨﺔ ﻣﻦ اﻻﺗﺼﺎﻝ ﺑﺸﺮﻁ اﻟﻠﻘﺎء ﻭاﻟﺴﻼﻣﺔ ﻣﻦ اﻟﺘﺪﻟﻴﺲ))
Baarokallah lanaa wa lakum.
Halaman :59.
Komentar
Posting Komentar