Kajian Alfiyah "Jama' Taksir"

  إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى صاحب الألفية:
الشيخ أبى عبد الله محمد بن محمد بن مالك الطائى الجيانى الأندلسى
رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين.
الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين...
📋Senin, 11 Desember 2017

🐫جمـع التكســير💥
Bait Alfiyah yg ke: 791-832 

Bab jamak taksir adalah bab yg terbanyak jumlah baitnya. Utk itu, saya update secara periodik (munajjam) dg prinsip: Alon² asal kelakon...hehe .Tempo hari ada yg menyoal كساء ج أكسية sbg mamdud qiyasiy krn كمفرد أفعلة. Sekarang ini saatnya "berdebat" lanjutan...😁 Debat²tan, al-fatihah...!!!
🐫ﺟﻤـﻊ اﻟﺘﻜﺴـﻴﺮ💥
ﺃﻓﻌﻠﺔ ﺃﻓﻌﻞ ﺛﻢ ﻓﻌﻠﻪ
ﺗﻤﺖ ﺃﻓﻌﺎﻝ ﺟﻤﻮﻉ ﻗﻠﺔ
ﻭﺑﻌﺾ ﺫﻱ ﺑﻜﺜﺮﺓ ﻭﺿﻌﺎ ﻳﻔﻲ
ﻛﺄﺭﺟﻞ ﻭاﻟﻌﻜﺲ ﺟﺎء ﻛﺎﻟﺼﻔﻲ
* Jamak taksir adalah jamak yg berubah dr bentuk mufradnya.
* Wazan jamak taksir terbagi dua; qillah (3 s.d 10) dan katsrah (11 dst).
Wazan jamak qillah ada 4 yaitu: أفعِلة - أفعُل - فِعْلة - أفعال
* Dalam kondisi tertentu regulasi wazan² jamak taksir berlaku lentur (wazan jamak qillah teruntuk jamak kasrah dan sebaliknya). Contoh:
رِجل ج أرجُل (sebelas kaki dst)
رَجُل ج رِجال (tiga/sepuluh lelaki)
 ﻟﻔﻌﻞ اﺳﻤﺎ ﺻﺢ ﻋﻴﻨﺎ ﺃﻓﻌﻞ
ﻭﻟﻠﺮﺑﺎﻋﻲ اﺳﻤﺎ ﺃﻳﻀﺎ ﻳﺠﻌﻞ
ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻛﺎﻟﻌﻨﺎﻕ ﻭاﻟﺬﺭاﻉ ﻓﻲ
ﻣﺪ ﻭﺗﺄﻧﻴﺚ ﻭﻋﺪ اﻷﺣﺮﻑ
Jamak taksir wazan أفعُل diperuntukkan isim mufrad;

1. wazan فَعْل yg shahih ain fi'ilnya, contoh: نَفْس ج أنفُس - فَلْس ج أفلُس
2. ruba'iy ta'nits yg trdapat huruf mad sebelum akhir, contoh: عَناق ج أعنُق - ذِراع ج أذرُع
 ﻭﻏﻴﺮ ﻣﺎ ﺃﻓﻌﻞ ﻓﻴﻪ ﻣﻄﺮﺩ
ﻣﻦ اﻟﺜﻼﺛﻲ اﺳﻤﺎ ﺑﺄﻓﻌﺎﻝ ﻳﺮﺩ
ﻭﻏﺎﻟﺒﺎ ﺃﻏﻨﺎﻫﻢ ﻓﻌﻼﻥ
ﻓﻲ ﻓﻌﻞ ﻛﻘﻮﻟﻬﻢ ﺻﺮﺩاﻥ

3. Isim mufrad yg tidak memnuhi syarat dijadikan jamak taksir wazan أفعُل di atas diarahkan ke wazan أفعال. Akan tetapi utk wazan فُعَل pd umumnya diikutkan wazan فِعْلان. Contoh:
نَوع ج أنواع - جِنْس ج أجناس
صُرَد ج صِرْدان

 ﻓﻲ اﺳﻢ ﻣﺬﻛﺮ ﺭﺑﺎﻋﻲ ﺑﻤﺪ
ﺛﺎﻟﺚ اﻓﻌﻠﺔ ﻋﻨﻬﻢ اﻃﺮﺩ
ﻭاﻟﺰﻣﻪ ﻓﻲ ﻓﻌﺎﻝ ﺃﻭ ﻓﻌﺎﻝ
ﻣﺼﺎﺣﺒﻲ ﺗﻀﻌﻴﻒ ﺃﻭ اﻋﻼﻝ
4. أفعِلة:
- اسم رباعى ثالثه مد:
رغيف ج أرغِفة - سِلاح ج أسلِحة
- فَعال/فِعال (المضاعف أو المعتل الأخر):
زَمام ج أزِمّة - إمام ج أئمّة
فَناء ج أفنِية - كِساء ج أكسية
ﻓﻌﻞ ﻟﻨﺤﻮ ﺃﺣﻤﺮ ﻭﺣﻤﺮا
ﻭﻓﻌﻠﺔ ﺟﻤﻌﺎ ﺑﻨﻘﻞ ﻳﺪﺭﻯ
5. فُعْل:
- أفعَل/فَعْلاء:
أحمر/حمراء ج حُمْر - أسود/سوداء ج سُوْد
أحور/حوراء-أعين/عَيناء ج حُوْر عِيْن


6. فِعْلة (سماعى): فَتًى ج فِتْية
ﻭﻓﻌﻞ ﻻﺳﻢ ﺭﺑﺎﻋﻲ ﺑﻤﺪ
ﻗﺪ ﺯﻳﺪ ﻗﺒﻞ ﻻﻡ اﻋﻼﻻ ﻓﻘﺪ
ﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﻀﺎﻋﻒ ﻓﻲ اﻷﻋﻢ ﺫﻭ اﻷﻟﻒ
ﻭﻓﻌﻞ ﺟﻤﻌﺎ ﻟﻔﻌﻠﺔ ﻋﺮﻑ
ﻭﻧﺤﻮ ﻛﺒﺮﻯ ﻭﻟﻔﻌﻠﺔ ﻓﻌﻞ
ﻭﻗﺪ ﻳﺠﺊ ﺟﻤﻌﻪ ﻋﻠﻰ ﻓﻌﻞ
7. فُعُل: اسم رباعى ثالثه مد (غير المضاعف فى الألف):
رسول ج رُسُل - كتاب ج كُتُب
صحيفة ج صُحُف (ولايقال: إمام ج أُمُم)
8. فُعَل:
- فُعْلة: غُرْفة ج غُرَف - سُنّة ج سُنَن
- فُعْلَى: أخرى ج أُخَر - أولى ج أُوَل
9. فِعَل:
- فِعْلة: مِحْنة ج مِحَن - فتنة ج فِتَن - نعمة ج نِعَم - نِقمة ج نِقَم
 ﻓﻲ ﻧﺤﻮ ﺭاﻡ اﻃﺮاﺩ ﻓﻌﻠﻪ
ﻭﺷﺎﻉ ﻧﺤﻮ ﻛﺎﻣﻞ ﻭﻛﻤﻠﻪ
10. فُعَلة: فاعل (معتل اللام): رامٍ ج رُماة - ناحٍ ج نُحاة - قاضٍ ج قُضاة
11. فَعَلة: فاعل (صحيح اللام):
بارّة ج بَرَرة - كامل ج كَمَلة
حافظ ج حَفَظة - ساحر ج سَحَرة
 ﻓﻌﻠﻰ ﻟﻮﺻﻒ ﻛﻘﺘﻴﻞ ﻭﺯﻣﻦ
                ﻭﻫﺎﻟﻚ ﻭﻣﻴﺖ ﺑﻪ ﻗﻤﻦ
12. فَعْلَى: لصفة دالة على الهلاك والتوجع؛
- فَعِيل (بمعنى مفعول): قتيل ج قتلى - جريح ج جرحى
- فَعيل (بمعنى فاعل): مريض ج مرضى - ميّت ج موتى
- فَعِل: زَمِن ج زمنى
- فاعل: هالك ج هلكى
 
 ﻟﻔﻌﻞ اﺳﻤﺎ ﺻﺢ ﻻﻣﺎ ﻓﻌﻠﻪ
                ﻭاﻟﻮﺿﻊ ﻓﻲ ﻓﻌﻞ ﻭﻓﻌﻞ ﻗﻠﻠﻪ
13. فِعَلة:
- فُعْل: كُوْز ج كِوَزة
- فَعْل: غَرد ج غِرَدة
- فِعْل: قِرْد ج قِرَدة
 
 ﻭﻓﻌﻞ ﻟﻔﺎﻋﻞ ﻭﻓﺎﻋﻠﻪ
                 ﻭﺻﻔﻴﻦ ﻧﺤﻮ ﻋﺎﺫﻝ ﻭﻋﺎﺫﻟﻪ

14. فُعَّل:
- فاعل/فاعلة: ساجد/ساجدة ج سُجَّد - راكع/راكعة ج رُكّع
 
 ﻭﻣﺜﻠﻪ اﻟﻔﻌﺎﻝ ﻓﻴﻤﺎ ﺫﻛﺮا
                 ﻭﺫاﻥ ﻓﻲ اﻟﻤﻌﻞ ﻻﻣﺎ ﺗﺪﺭا
15. فُعّال:
- فاعل: ساجد ج سُجّاد - راكع ج رُكّاع
- فاعل (معتل اللام/قليل): غازٍ ج غُزًّى
 
 ﻓﻌﻞ ﻭﻓﻌﻠﺔ ﻓﻌﺎﻝ ﻟﻬﻤﺎ
                  ﻭﻗﻞ ﻓﻴﻤﺎ ﻋﻴﻨﻪ اﻟﻴﺎ ﻣﻨﻬﻤﺎ
ﻭﻓﻌﻞ ﺃﻳﻀﺎ ﻟﻪ ﻓﻌﺎﻝ
                 ﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻓﻲ ﻻﻣﻪ اﻋﺘﻼﻝ
ﺃﻭ ﻳﻚ ﻣﻀﻌﻔﺎ ﻭﻣﺜﻞ ﻓﻌﻞ
                 ﺫﻭ اﻟﺘﺎ ﻭﻓﻌﻞ ﻣﻊ ﻓﻌﻞ ﻓﺎﻗﺒﻞ
ﻭﻓﻲ ﻓﻌﻴﻞ ﻭﺻﻒ ﻓﺎﻋﻞ ﻭﺭﺩ
                ﻛﺬاﻙ ﻓﻲ ﺃﻧﺜﺎﻩ ﺃﻳﻀﺎ اﻃﺮﺩ
ﻭﺷﺎﻉ ﻓﻲ ﻭﺻﻒ ﻋﻠﻰ ﻓﻌﻼنا
                ﺃﻭ اﻧﺜﻴﻴﻪ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﻓﻌﻼﻧﺎ
ﻭﻣﺜﻠﻪ ﻓﻌﻼﻧﺔ ﻭاﻟﺰﻣﻪ فى
                ﻧﺤﻮ ﻃﻮﻳﻞ ﻭﻃﻮﻳﻠﺔ ﺗﻔﻲ
16. فِعال:
- فَعْل/فَعْلة (اسما/وصفا):
كَعْب/كعبة ج كِعاب - صَعْب/صعلة ج صِعاب
- فَعَل/فَعَلة: جبل ج جبال - ثمرة ثِمار
- فِعْل: ذِئب ج ذِئاب
- فُعْل: رُمْح ج رِماح
- فَعيل/فَعيلة (بمعنى فاعل):
كريم/كريمة ج كِرام
- فَعْلان/فَعْلانة/فَعلى(وصفا):
عطشان/عطشانة/عطشى ج عِطاش
فُعْلان/فُعْلانة (وصفا): خُمصان/خمصانة ج خِماص
فَعيل/فَعيل (أجوف): طويل/طويلة ج طِوال

 

Komentar

  1. [05:15, 12/11/2017] +62 815-5674-8058: ��
    [05:44, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Murod isim mufrod disini bsgaimana
    [05:55, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Perlu diperjelas pengertian isim disini
    [05:57, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Wazan أفعُل utk isim mufrad shahih ain:
    [05:57, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: dst...
    [05:58, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: ﺃﻓﻌﻞ: ﺟﻤﻊ ﻟﻜﻞ اﺳﻢ ﺛﻼﺛﻲ ﻋﻠﻰ ﻓﻌﻞ ﺻﺤﻴﺢ اﻟﻌﻴﻦ ﻧﺤﻮ ﻛﻠﺐ ﻭﺃﻛﻠﺐ ﻭﻇﺒﻲ ﻭﺃﻇﺐ ﻭﺃﺻﻠﻪ ﺃﻇﺒﻲ ﻓﻘﻠﺒﺖ اﻟﻀﻤﺔ ﻛﺴﺮﻩ ﻟﺘﺼﺢ اﻟﻴﺎء ﻓﺼﺎﺭ ﺃﻇﺒﻲ ﻓﻌﻮﻣﻞ ﻣﻌﺎﻣﻠﺔ ﻗﺎﺽ.
    ﻭﺧﺮﺝ ﺑﺎﻻﺳﻢ اﻟﺼﻔﺔ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﺤﻮ ﺿﺨﻢ ﻭﺃﺿﺨﻢ ﻭﺟﺎء ﻋﺒﺪ ﻭﺃﻋﺒﺪ ﻻﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﻫﺬﻩ اﻟﺼﻔﺔ اﺳﺘﻌﻤﺎﻝ اﻷﺳﻤﺎء ﻭﺧﺮﺝ ﺑﺼﺤﻴﺢ اﻟﻌﻴﻦ اﻟﻤﻌﺘﻞ اﻟﻌﻴﻦ ﻧﺤﻮ ﺛﻮﺏ ﻭﻋﻴﻦ ﻭﺷﺬ ﻋﻴﻦ ﻭﺃﻋﻴﻦ ﻭﺛﻮﺏ ﻭﺃﺛﻮﺏ ﻭﺃﻓﻌﻞ ﺃﻳﻀﺎ ﺟﻤﻊ ﻟﻜﻞ اﺳﻢ ﻣﺆﻧﺚ ﺭﺑﺎﻋﻲ ﻗﺒﻞ ﺁﺧﺮﻩ ﻣﺪﺓ ﻛﻌﻨﺎﻕ ﻭﺃﻋﻨﻖ ﻭﻳﻤﻴﻦ ﻭﺃﻳﻤﻦ ﻭﺷﺬ ﻣﻦ اﻟﻤﺬﻛﺮ ﺷﻬﺎﺏ ﻭﺃﺷﻬﺐ ﻭﻏﺮاﺏ ﻭﺃﻏﺮﺏ
    [05:59, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Pengertian isim mufrod disini apa sama dengan yg ada bab irob, ysitu isim yg bkn tasniyah dst
    [06:00, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Betul.
    المفرد ما ليس مثنى ولا جمعا كما فى باب الاعراب

    BalasHapus
    Balasan
    1. [06:02, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Lo kok gitu, apa tidak isim muqobil wasof
      [06:03, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Di ibarot jenengan kan ada, وخرج بالايم الصفة
      [06:03, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: بالاسم
      [06:03, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: المراد بالاسم ما يقابل الوصف
      [06:03, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: والمفرد ما يقابل المثنى والجمع
      [06:03, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Itu bsru benul����
      [06:04, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Tidak
      [06:04, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Sebab kalo sama dgn bab irob, ضارب masuk,
      [06:05, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Karena ضارب sbg isim mufrad yg shifat (bukan اسم)
      [06:05, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: La itu sudah jen jswab ما يقابل الصفة
      [06:06, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Karena ضارب sbg isim mufrad yg shifat (bukan اسم)
      [06:06, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: المراد بالاسم ما يقابل الوصف
      [06:06, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Makanya pengertian isim mufrod disini tidak sama dgn bab irob

      Hapus
    2. [06:07, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Sambil direnungi dulu yaa baru...
      [06:07, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: الصفة = الوصف
      [06:07, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: الاسم مايقابل الصفة
      المفرد ماليس مثنى ولاجمعا

      Hapus
    3. [06:08, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Sudah
      [06:09, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kkalo dalam bab irob ضارب اسم مفرد
      [06:10, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Padahal disini yg dikehendaki isim jamid yg mufrod
      [06:11, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: ضارب: اسم الفاعل (صفة) المفرد
      [06:12, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: الاسم مايقابل الصفة
      المفرد ماليس مثنى ولاجمعا
      الجامد: ما يقابل المشتق
      [06:13, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: والمفرد الجامد فارغ وان
      يشتق فهو ذو ضمير مستكن
      [06:15, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Betul wasof itu mustaq, kan tercetak dari masdar
      [06:16, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Iki hujjah opo
      [06:18, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Coba nanti sampean lihat, contoh2 nya lak isim jamid
      [06:20, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Teks harus disesuikan dg konteksnya...
      Bahas musytaq jamid pun juga begitu.
      Kembali ke persoalan awal...
      [06:21, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Loo kok masih tanya
      [06:21, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Itu dak ada hubungannya
      [06:22, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: جامد: هذا كتاب
      مشتق: زيد قائم
      [06:23, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Maksud saya jangan sampai salah, bahwa yg dikehendaki isim disini muqobil sifat/wasof, , kan itu belum terwakili dalam terjemah jen
      [06:23, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Seenaknya vonis ndak ada hubungannya.
      Makanya jgn nyebut² istilah jamid musytaq biar tdk liar...��
      [06:23, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Itu kan masalah khobar, opo hubungane
      [06:24, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Wah, repot jg memberi penjelasan lewat isyarah...
      [06:25, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Itu bahas maksud musytaq jamid koh... ��
      [06:25, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Kembali ke laptop, biar tdk mubadzir wkt
      [06:25, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Iya, tapi buksn ketika menjadi khobar
      [06:26, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Ini kesimpupannya:
      الاسم: مايقابل الصفة
      المفرد: ماليس مثنى ولاجمعا
      الجامد: ما يقابل المشتق
      [06:28, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kok gitu, menurut jen yang dikehendaki اسما dibet itu idim jamid bukan
      [06:30, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Jamak taksir أفعُل utk isim mufrad jamid (bukan shifat/musytaq) yg wazan فَعْل , contoh:
      ضرب ج أضرُب - نفس ج أنفس
      [06:30, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: La itu baru ����
      [06:31, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Dari tadi spt itu, pemahaman anda perlu disempurnakan... ����
      [06:33, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Disitu kan gak ada, keterangan jamid/bukan sifat, saya mau ingatkan dgn saya giring apakah sama dengan pengertian isim mufrod dalam bab irob

      Hapus
    4. [06:34, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Jawabannya: sama, dg penjelasan sy dr tadi...
      [06:35, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Ini kesimpulannya:

      الاسم: مايقابل الصفة
      المفرد: ماليس مثنى ولاجمعا
      الجامد: ما يقابل المشتق
      [06:36, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Pengertian اسم مفرد dalam bab irob adalah ما ليس مثنى ولا مجموعا ولا ملحقا بهما ولا من الاسماء الخمسة
      [06:36, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Berarti memasukkan wasof/sifat
      [06:37, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Ini kesimpulannya:

      الاسم: مايقابل الصفة
      المفرد: ما ليس مثنى ولا مجموعا ولا ملحقا بهما ولا من الاسماء الخمسة
      الجامد: ما يقابل المشتق
      [06:39, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Mufrad memasukkan shifat, tdk demikian dg isim.
      [06:40, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Mufrad memasukkan shifat, tdk demikian dg isim.
      [06:40, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Itu pengertian الاسم المفرد bukan mufrod saja
      اخ حم itu berarti bukan mufrod
      [06:41, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: اخ حم apakah bukan mufrod
      [06:41, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Waduh, buyar lagi... Bahas lain wkt dulu, atau monggo yg lainnya dulu.
      Ana sedang bersih²...
      [06:42, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Lo coba, jsngan lari
      [06:43, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Senyampang campur aduk atau menafikan konteks, pembahasan dan pemahaman isim dan mufrad tdk akan kelar²....
      [06:44, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: التصور بعد التصديق:

      وقدم الاول عند الوضع
      لانه مقدم بالبع
      [06:44, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Coba diangen angen modok اخ حم bukan mufrod
      [06:45, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: التصديق بعد التصور
      Efek grusa grusu.... ��
      [06:46, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Maksud saya andaikata terjemah jen di tambah isim jamid mufrod, akan lebih jelas
      [06:50, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Ma ka per jelas tasowur isim dalam bait tsb baru kita tasdiq kita jamak kan mengikuti ini dan itu
      [06:50, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Pembahasan ini tema kajian irab. Jadi kurang fokus

      وشرط ذا الاعراب ان يضفن لا
      . لليا كجا أخو أبيك ذا اعتلا.
      [06:51, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Ini tashawwurnya:

      الاسم: مايقابل الصفة
      المفرد: ما ليس مثنى ولا مجموعا ولا ملحقا بهما ولا من الاسماء الخمسة
      الجامد: ما يقابل المشتق
      [06:51, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Yang dlm Alfiyah itu tashdiqnya
      [06:54, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: المفرد ما ليس.... ولا من الاسماء الخمسة
      Ini nenjadi rancu
      Seolah olah
      اسماء خمسة
      bukan mufrod
      [06:55, 12/11/2017] +62 857-9971-3944: Mungkin maksudnya mufrod yg di alamati dg harokat, bukan dg huruf
      [06:55, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kalo الاسم المفرد.... هو ما....... ولا من الاسماء الخمسة ini baru pad
      [06:55, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Pas
      [06:56, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Coba buka jurumiyyah
      [06:56, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Sudah
      [06:56, 12/11/2017] +62 857-9971-3944: Bedane apa?
      [06:57, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Maaf,, pembahasan yg agak bermutu ada gak??
      [06:58, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Ya beda kalo yang kedua اب اخ حم bukan isim mufrod






      Hapus
    5. [06:58, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Udah tak cari2 di totopku gak nemu,, ✌

      Broadcast ku td mlm dah dibaca??
      [06:58, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Dalam bab irob
      [07:00, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Yang penting ketika dalam murod tadi, di tambah isim jamid, sudah cukup. Kita dak usah berdebat masalah ini
      [07:04, 12/11/2017] +961 3 895 984: اعرف أئمتك واقرأ لهم الفاتحة مع تحسين القراءة والنية وادع بوصول ثواب قراءتك لهم:
      هاك أسماء بعض المشاهير من علماء أهل السنة والجماعة (الأشاعرة والماتريدية) الذين حفظ الله بهم وبأمثالهم الدين ممن توفي في المائة الرابعة، رحمهم الله، ثم سيتم التعريف بواحد منهم باختصار:
      • الإمام الحافظ المجتهد أبو جعفر محمد بن جرير الطبري الذي أنكر نسبة القعود إلى الله ووافق عقيدة الأشاعرة (310 ه).
      • الإمام أبو جعفر الطحاوي مؤلف العقيدة الطحاوية (321 هـ).
      • الإمام أبو الحسن الأشعري (324 هـ).
      • الإمام أبو منصور الماتريدي (333 هـ)، إمام المذهب الماتريدي ناصر مذهب أهل السنة وقامع طوائف المبتدعة ما وراء النهر.
      • الحافظ محمد بن حبان البستي شيخ خراسان الذي أنكر نسبة الحد إلى الله ولم يوافق مجسمة سجستان فأخرجوه (354 ه)
      • الإمام أبو بكر الشاشي القفال الكبير (365 هـ).
      • أبو الحسن الباهلي صاحب الإمام الأشعري (370 هـ)
      • وأبو عبد الله محمد بن خفيف الشيرازي الصوفي (371 هـ)
      • أبو الحسن الطبري من أصحاب الإمام الأشعري (380 هـ)
      • الشيخ أبو بكر محمد بن إسحاق الكلاباذي الحنفي (380 ه)
      • أمير المؤمنين في الحديث أبو الحسن علي الدّارقطني (385 هـ)

      الإمام أبو الحسن الباهلي صاحب الإمام الأشعري (... - 370 هـ)
      وهو أبو الحسن الباهلي البصري، شيخ المتكلمين، أخذ عن الأشعري علم النظر، وبرع وتقدم مع الدين والتعبد، وكان يقظًا، فطنًا، لسنًا، صالحًا، عابدًا. وكان الباهلي من أعرف العلماء بمذهب الأشعري، وأشدهم فقهًا له، وأقواهم حجة في الدفاع عنه، لأنه كان من أقرب تلاميذ الأشعري إليه وأخصهم به. ومن تلاميذه: الباقلاني والإسفراييني وابن فورك. قال الأستاذ الإسفراييني: أنا في جنب شيخنا أبي الحسن الباهلي كقطرة في بحر، وقد سمعته يقول: أنا في جنب الشيخ الأشعري كقطرة في جنب بحر. توفي سنة 370 هـ.

      Hapus
    6. [07:04, 12/11/2017] +62 857-9971-3944: Broadcast yg mana mbah?

      Klo gak ada gak papa mbah, klo tahu linknya mungkin..��
      [07:05, 12/11/2017] +961 3 895 984: 3 - تَنزِيهُ الله عَنِ الْمَكَانِ وَتَصحِيحُ وُجُودِهِ بِلا مَكَانٍ عَقلا

      وَقَالَ الْبَيهَقِيُّ فِى كِتَابِهِ الأَسْمَاءُ وَالصِّفَاتُ: استَدَلَّ بَعضُ أَصحَابِنَا فِي نَفيِ الْمَكَانِ عَنهُ تَعَالَى بِقَولِ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيهِ وَسَلَّمَ: أَنتَ الظَّاهِرُ فَلَيسَ فَوْقَكَ شَيءٌ وَأَنتَ الْبَاطِنُ فَلَيسَ دُونَكَ شَيءٌ، وَإِذَا لَم يَكُن فَوْقَهُ شَيءٌ وَلا دُونَهُ - أَي تَحتَهُ - شَيءٌ لَم يَكُن فِي مَكَانٍ اﻫ. وَهَذَا الْحَدِيثُ فِيهِ الرَّدُّ أَيضًا عَلَى الْقَائِلِينَ بِالْجِهَةِ فِى حَقِّهِ تَعَالَى؛ لِأَنَّهُ يُثبِتُ أَنَّ الله تَعَالَى كَانَ فِي الأَزَلِ بِلا جهَاتٍ، وَبَعدَ أَن خَلَقَ الْجِهَاتِ السِّتَّ هُوَ مَوجُودٌ عَلَى مَا كَانَ بِلا تَغَيُّرٍ، لِأَنَّ التَّغَيُّرَ دَلِيلُ الْحُدُوثِ (أي الْمُتَّصِفُ بِالتَّغَيُّرِ لَهُ بِدَايَةٌ). وَلَو كَانَ الِاتِّصَافُ بِالْجِهَةِ كَمَالًا فِى حَقِّ اللَّهِ لَكَانَ وُجُودُهُ بِلا جِهَةٍ نَقصًا تَعَالَى اللَّهُ عَن ذَلِكَ.
      وَأَمَّا مَعنَى الظَّاهِرِ فَهُوَ الظَّاهِرُ مِنْ حَيثُ الدَّلائِلُ الْعَقلِيَّةُ، فَإِنَّهُ مَا مِن شَيءٍ إِلَّا وَهُوَ يَدُلُّ عَلَى وُجُودِ الله وَقُدرَتِهِ وَإِرَادَتِهِ وَعِلْمِهِ. وَأَمَّا الْبَاطِنُ مِن أَسمَاءِ اللَّهِ فَمَعنَاهُ الَّذِى يَعلَمُ حَقَائِقَ الأُمُورِ عَلَى مَا فَسَّرَهُ بَعضُ الْعُلَمَاءِ، وَقَالَ بَعضٌ: الْبَاطِنُ هُوَ الَّذِي لا تُدرِكُهُ الأَوهَامُ وَالتَّصَوُّرَاتُ.
      وَقَد قَالَ سَيِّدُنَا عَلِيٌّ رَضِيَ الله عَنهُ: كَانَ الله وَلا مَكَان، وَهُوَ الآنَ عَلَى مَا عَلَيهِ كَان. رَوَاهُ الإمَامُ أَبُو مَنصُورٍ الْبَغْدَادِيُّ فِي كِتَابِ الْفَرْقِ بَيْنَ الْفِرَقِ، وَذَكَرَ أَنَّ هَذَا مِمّا أَجمَعَ عَلَيهِ أَهلُ السُّنَّةِ.
      ...��

      Hapus
    7. [07:07, 12/11/2017] +961 3 895 984: 3 - تَنزِيهُ الله عَنِ الْمَكَانِ وَتَصحِيحُ وُجُودِهِ بِلا مَكَانٍ عَقلا

      وَقَالَ الْبَيهَقِيُّ فِى كِتَابِهِ الأَسْمَاءُ وَالصِّفَاتُ: استَدَلَّ بَعضُ أَصحَابِنَا فِي نَفيِ الْمَكَانِ عَنهُ تَعَالَى بِقَولِ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيهِ وَسَلَّمَ: أَنتَ الظَّاهِرُ فَلَيسَ فَوْقَكَ شَيءٌ وَأَنتَ الْبَاطِنُ فَلَيسَ دُونَكَ شَيءٌ، وَإِذَا لَم يَكُن فَوْقَهُ شَيءٌ وَلا دُونَهُ - أَي تَحتَهُ - شَيءٌ لَم يَكُن فِي مَكَانٍ اﻫ. وَهَذَا الْحَدِيثُ فِيهِ الرَّدُّ أَيضًا عَلَى الْقَائِلِينَ بِالْجِهَةِ فِى حَقِّهِ تَعَالَى؛ لِأَنَّهُ يُثبِتُ أَنَّ الله تَعَالَى كَانَ فِي الأَزَلِ بِلا جهَاتٍ، وَبَعدَ أَن خَلَقَ الْجِهَاتِ السِّتَّ هُوَ مَوجُودٌ عَلَى مَا كَانَ بِلا تَغَيُّرٍ، لِأَنَّ التَّغَيُّرَ دَلِيلُ الْحُدُوثِ (أي الْمُتَّصِفُ بِالتَّغَيُّرِ لَهُ بِدَايَةٌ). وَلَو كَانَ الِاتِّصَافُ بِالْجِهَةِ كَمَالًا فِى حَقِّ الله لَكَانَ وُجُودُهُ بِلا جِهَةٍ نَقصًا تَعَالَى الله عَن ذَلِكَ.
      وَأَمَّا مَعنَى الظَّاهِرِ فَهُوَ الظَّاهِرُ مِنْ حَيثُ الدَّلائِلُ الْعَقلِيَّةُ، فَإِنَّهُ مَا مِن شَيءٍ إِلَّا وَهُوَ يَدُلُّ عَلَى وُجُودِ الله وَقُدرَتِهِ وَإِرَادَتِهِ وَعِلْمِهِ. وَأَمَّا الْبَاطِنُ مِن أَسمَاءِ الله فَمَعنَاهُ الَّذِى يَعلَمُ حَقَائِقَ الأُمُورِ عَلَى مَا فَسَّرَهُ بَعضُ الْعُلَمَاءِ، وَقَالَ بَعضٌ: الْبَاطِنُ هُوَ الَّذِي لا تُدرِكُهُ الأَوهَامُ وَالتَّصَوُّرَاتُ.
      وَقَد قَالَ سَيِّدُنَا عَلِيٌّ رَضِيَ الله عَنهُ: كَانَ الله وَلا مَكَان، وَهُوَ الآنَ عَلَى مَا عَلَيهِ كَان. رَوَاهُ الإمَامُ أَبُو مَنصُورٍ الْبَغْدَادِيُّ فِي كِتَابِ الْفَرْقِ بَيْنَ الْفِرَقِ، وَذَكَرَ أَنَّ هَذَا مِمّا أَجمَعَ عَلَيهِ أَهلُ السُّنَّةِ.
      [07:07, 12/11/2017] +961 3 895 984: ��
      [07:07, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Broadcast yg duwowo td mlm
      [07:14, 12/11/2017] +62 857-9971-3944: Mboten perhatian mbah..��������������
      [07:32, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Pura2 no coment
      [07:35, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kok tidak bermutu itu gimana sih yi؟
      [07:37, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Justru bermutu,, cm hanya saling salah faham jd tampak tdk bermutu,, ��

      Hapus
    8. [07:46, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kan perlu Proses, makanya perlu ada ysng lain. Saya kemarin jadi males karena ini. Sifatnya menjadi debat kusir
      [07:47, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kalo yang lain ada yg ikut nimbrung dengan ibarot yang jelas kan tambah menarik
      [07:47, 12/11/2017] +62 857-9971-3944: Ulangi mbah...ulangi...tak kerjo dulu...����
      [08:00, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Saya nyicil materi lanjutan lagi, yaitu wazan jamak taksir ke 7 dst...
      [08:01, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: ﻭﻓﻌﻞ ﻻﺳﻢ ﺭﺑﺎﻋﻲ ﺑﻤﺪ
      ﻗﺪ ﺯﻳﺪ ﻗﺒﻞ ﻻﻡ اﻋﻼﻻ ﻓﻘﺪ
      ﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﻀﺎﻋﻒ ﻓﻲ اﻷﻋﻢ ﺫﻭ اﻷﻟﻒ
      ﻭﻓﻌﻞ ﺟﻤﻌﺎ ﻟﻔﻌﻠﺔ ﻋﺮﻑ
      ﻭﻧﺤﻮ ﻛﺒﺮﻯ ﻭﻟﻔﻌﻠﺔ ﻓﻌﻞ
      ﻭﻗﺪ ﻳﺠﺊ ﺟﻤﻌﻪ ﻋﻠﻰ ﻓﻌﻞ

      7. فُعُل: اسم رباعى ثالثه مد (غير المضاعف فى الألف):
      رسول ج رُسُل - كتاب ج كُتُب
      صحيفة ج صُحُف (ولايقال: إمام ج أُمُم)
      8. فُعَل:
      - فُعْلة: غُرْفة ج غُرَف - سُنّة ج سُنَن
      - فُعْلَى: أخرى ج أُخَر - أولى ج أُوَل
      9. فِعَل:
      - فِعْلة: مِحْنة ج مِحَن - فتنة ج فِتَن - نعمة ج نِعَم - نِقمة ج نِقَم
      [08:02, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: ﻓﻲ ﻧﺤﻮ ﺭاﻡ اﻃﺮاﺩ ﻓﻌﻠﻪ
      ﻭﺷﺎﻉ ﻧﺤﻮ ﻛﺎﻣﻞ ﻭﻛﻤﻠﻪ

      10. فُعَلة: فاعل (معتل اللام): رامٍ ج رُماة - ناحٍ ج نُحاة - قاضٍ ج قُضاة
      11. فَعَلة: فاعل (صحيح اللام):
      بارّة ج بَرَرة - كامل ج كَمَلة
      حافظ ج حَفَظة - ساحر ج سَحَرة
      [08:02, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Rehat lagi, insya Allah lanjut nanti utk jamak taksir ke 12 dst...
      [08:08, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kalo حائض jamaknya?
      [08:09, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: فاعل صحيح اللام
      [08:10, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Perlu ndak qoyid tambahan?

      Hapus
    9. [08:21, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: حائض ج حوائض

      فواعل لفوعل وفاعَل
      وفاعلاء مع نحو كاهل
      وحائض وصاهل وفاعلة...
      [08:21, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Coba @Uun Mahmudah perhatikan bait ini dg seksama☝!!!

      Jadi أُأُنٌ ( UUN) itu sbg jamak taksir yg melanggar kaidah baku.

      Maaf ana masih ada acara, jd blm fkus koment...
      [08:24, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Maksud sy bait yg ini... Maaf sy pamit dulu.

      Coba @Uun Mahmudah perhatikan bait ini dg seksama☝!!!

      Jadi أُأُنٌ (UUN) itu sbg jamak taksir yg melanggar kaidah baku.


      Hari ini siap siap dakwahkan islam kejawen di indofood
      [08:31, 12/11/2017] +62 838-1772-6549: Makasaih banyak gus contoh nya enak.. boleh tau gk ini dari kitab apa.. dan kalo ada kitab pdf yg husus menguraikan tentang jama taksir saya mau minta gus.. mohon bantuan nya.. dan mohon maaf atas kurang sopan nya daya.. ������������
      [08:34, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Aamin... ��
      [08:35, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Maksud saya untuk
      في نحو رام الخ
      Perlu ada qoyid
      فاعل صفة مذكر معتل اللام
      [08:35, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Silahkan langsung dibuat pdf sj...
      Contoh² itu krn hasil diskusi aktif jg dg tmn² grup trmsk dg member @Uun Mahmudah dr tempo hari sampai skrng...
      [08:36, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: فعلة فعل صفة مذكر صحيح اللام
      [08:36, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Monggo langsung tampilkan dan jelaskan dg ibarat dr syarah²...

      Sy msh masyghul....
      [08:36, 12/11/2017] +62 838-1772-6549: Saya tidak bisa membuat file pdf gus ��
      [08:43, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kalo ada qoyid وصفا لمذكر عاقل semisal حائض langsung ndak dijamakkan dgn wazan tsb
      [09:00, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kalo hanya nahwu seperti diatas ndak menjadi nasalah bila salah, tapi kalo risalah, apa tidak ضال مضل،
      [09:29, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Grup ini lbh mengedepankan diskusi yg siapa pun boleh berpendapat.
      Berbeda pendapat boleh dan sah yg penting tdk melanggar HAM seperti TRAM (Trump: Trumpet)...��

      Hapus
    10. [09:34, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Betul saya setuju, maka ketika diskusi belum kelar kemudian arahnya tidak jelas, bahkan ketika ada tabir shorih dari kitab yg mutabar kemudian kita tidak menerima, siapa yang jadi wasit, yg ada hanya debat kusir, dan hanya lari2 tak jelas kesimpulannya
      [09:37, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Wasitnya si mbah admin @SIMBAHSHANTIAGO.
      Tapi tipe orangnya peragu bahkan hasil ijtihadnya keberatan utk dijadikan pijakan fatwa...

      Jadi, biarlah hasil diskusi mengalir sesuai dg keyakinan masing²....��

      لنا أعمالنا ولكم أعمالكم
      [09:38, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Tapi kalo ada ibarat shorih kok lana amaluna
      [09:39, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Terlalu takabbur kita
      [09:44, 12/11/2017] +62 857-9971-3944: Masalahnya di sini tidak semua sama bu nyai, dr macam2 masyrob yg beda2..dan sebagian besar Ngualim2, kecuali mungkin yg kayak kulo ini...������
      [09:45, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Sharih beda dg qathiy.
      Jadi, sharih yg dhanniy...

      Masih dibongkar...
      Belajar bongkar pasang alias latihan ijtihad...
      [09:45, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Kaulo gusti... ��
      [09:46, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Wadow, wong nahwu itu kaidahnya sudah baku, kok ijtihad
      [09:49, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Ya kalo memang gak mau ada koreksi, ya sudah. Saya tak nyimak aja
      [09:54, 12/11/2017] +62 857-9971-3944: Ampun ngoten nyai, di koreksi mawon, di kritisi sampai habis gak papa, tp biarlah pada akhirnya seperti ngendikane njenengan: "ittifaq fil khilaf"..������
      [09:58, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kalo masalah nya tidak ada sandaran ibarat yang shorih, ato ada sandaran ibarat tapi khilaf, monggo ittifak alal khilaf, tapi kalo sandarannya jelas dan tidak khilaf kok tidak menerima, itu yg gak jelad
      [09:59, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Jelas
      [10:06, 12/11/2017] +62 812-8230-1784: Sabar bu nyai..nunggu klarifikasi dari simbah..mungkin beliau blm nyimak secara utuh
      [10:08, 12/11/2017] +62 857-9971-3944: Ibarot shorih dan mu'tabar itu kan menurut madzhab dan kelompok tertentu, yg belum tentu menurut kelompok lain shorih dan muktamad, nyai. Kitab Bukhori adalah kitab Hadis utama dlm lingkungan sunni, belum tentu Syiah menerima.

      Nu menerima, belum tentu wahhabi menerima, dst...itu maksud kulo...������
      [10:35, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Lha iki seneng aku nek nyangkut2 NU,,
      Kudu nggawe jamak taksir NU mestine
      [10:36, 12/11/2017] +62 857-9971-3944: Jamake piye mbah?
      [10:39, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Silahkan dikoreksi kalau memang ada yg perlu dikoreksi bahkan dihabisi entek²an jg boleh.

      Yang penting ibarat dan rujukannya...
      [10:41, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Ya namanya aja taksir,, pecah2,, beda dengan taksi,,
      Jamak taksir itu buat sendiri gak papa,, nanti saya usahakan viral sehingga jamak yg anda buat jadi berlaku baik شاع atau نزر atau قل atau ندر
      ....
      Jika wilayah arab itu diperluas smp ke sini, bisa2 wazan jamak taksir ciptaan anda menjadi sebuah lughotan
      Atau jika gagal viral, minimal bisa disebut sima'I
      [10:43, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Tapi aku titip yaa...!!!
      Jangan obrak abrik jamak taksir versi Alfiyah idolaku... ������
      Langkahi dulu "mayat"ku

      Hapus
    11. [10:45, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Usul aja yi,,
      dinomeri dr awal, jngn ujug2 no 4, 5, 6,..

      Usul jg, besok trakhir saya harap dibuatkan semisal :
      1. Wazan Fa-'aa-i-la,, untk : a. Bla2 ,b. Bla2 dst
      [10:45, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Usulan diterima dan diagendakan utk tahun depan...
      Karena materi sdh terlanjur dibuat...
      [10:49, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Lagian knp jamak taksir kok pake taksir? Tdk pake iktsar? Karena wazan Fa'ala yufa'ilu bit tadl'ifil aini, faedah utamanya adalah littaktsiri,, ka : qoththo'a zainun al habla, ai ja'alahu qitho'an katsirotan,,
      Tp mestinya tetep sama saja dpt berfaedah litta'diyah,, oleh sebab itu, inti pertanyaannya adalah,,
      Bolehkah disebut dgn jamak iktsar?? Atau dibalik menjadi jimak taktsir?? Mana yg benar??
      [10:51, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Nahh kayak gini gue demen,, di share semua yi,, kalo bisa jadi satu paket buku (pdf)
      [10:52, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Sekalian ilmu nahwu ganti dg ilmu misal, sy rasa sah sah sj...
      Yg penting jgn melanggar ham spt tram...
      [10:52, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Tapi kayaknya kurang lengkap contoh2nya,, masih ada yg kotong hanya wazan saja tanpa contoh kalimat
      [10:53, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Itu versi lama saat aktif di line...
      Linenya ganti no, materi liang kabeh... 😇
      [10:53, 12/11/2017] +62 823-3322-3223: Sengaja dikosongkan krn ada biayanya percontoh...
      Afwan pamit lagi, masyghul... 🙏
      [10:54, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Ada Rooming gak??



      Hapus
    12. [10:57, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Contoh :
      جَمَّع زيد زوجته
      Bolehkah diartikan dgn
      جامعه جماعا كثيرا ؟؟
      [11:08, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Saya senang terjemah jenengan bahasanya mudah difaham, maksud saya kalo lebih diberi keterangan, seperti
      فعلة فاعل صفة مذكر عاقل نحو حافظ حفظة
      Kan langsung contoh حائض tidak dijamakkan فعلة karena فاعل صفة المرأة
      [11:08, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Tanya : isim (jamid/shifat) apa saja yg bisa dijamakkan dgn bbrp wazan?? Atau tdk boleh??
      [11:13, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Coba baca lagi postingan saya, kalo ada dua ibarot shorih monggo kita berbeda pendapat, tapi kalo ada satu ibarot shorih terus kita bilang lana amaluna, laini masalahnya
      [11:15, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Itu kan sudah ada dalam al fiyah, yang sekarang kita bahas

      Hapus
    13. [11:15, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Ka : سارِق dijamakkan menjadi سرّق، سرّاق، سرَقة، سِراق، dst,,

      Jg : Romin yg dijamakkan menjadi Rumat, bolehkah saya jamakkan menjadi Ramut??
      [11:16, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Contoh nyai??
      [11:16, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Keterangan yg mana nyai??
      [11:17, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: 👆contoh yang jamid
      [11:17, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: 👆contoh yg sifat
      [11:18, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Maka keter gus abi, kalo ditambah keterngan seperti yg saya contohksn akan lebih baik
      [11:18, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Maksudnya gak gitu,,, maksudnya bolehkah saya jamakkan menjadi bbrp wazan??
      [11:19, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kalo menurut saya hsrud sesuai kaidah, kecuali yg samai
      [11:19, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Harus
      [11:20, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Berarti tdk boleh? Atau hanya sima:i saja??
      [11:21, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Contoh saya ini salahnya dimana? Yg سارق
      [11:27, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Nanti dalam fan balahgoh, disebutkan, kalo menyalshi kaidah shorof ,kata tidak dikatakan fasih, kalsu tidak sesusi ksidsh nahwu susunannys, bisa kalam tidak fasih
      [11:28, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kalo yang سراق بكسر السين saya blm menemukan kaidahnya entah kalo samai
      [11:30, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Seperti juga سابق menjadi سوابق ،،،
      Nah dr bbrp mufrod yg bisa dijamakkan dgn beberapa wazan dan memang benar (bisa) paling banter nanti itu ujung2nya karena mutthorid fil lughotil arob kadzalika,, jika tidak benar (tdk bisa) paling banter ujung2nya karena lam yatthorid fi lughotil arop bidzalika,,
      Nah intinya di itthoroda yaththoridu,,

      Maka argumen saya ttg viral suatu saat mungkin terjadi
      [11:32, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Coba dilihat dlm kitab سابق صفة فرس ada qoyid sifat kuda. Cek lebih teliti
      [11:32, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Lha kalo tdk menyalahi? Wong emang muththorid dgn bbrp wazan jamak kok??
      [11:33, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kalo mutorid namanya gak menyalahi
      [11:34, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Hehe,, bener, tp maksud saya bukan seperti itu,, direnungkan dalam2 kata2 saya,, jika سارق saya jadikan سوارق kena tilang tdk??
      [11:35, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Nah,, brarti kan jelas2 ada bhw satu mufrod mempunyai bbrp wazan jamak??

      Hapus
    14. [11:35, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Memang, terus musykilnya
      [11:36, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: ?
      [11:36, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: ?
      [11:37, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Nanti dalam akhir jamak taksir akan disebutkan
      [11:38, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Yg bait mana?
      [11:40, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: سوابق الهمم لا تحرق اسوار الاقدار
      Tetep سابق mau kuda mau kilat mau hati
      [11:40, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Maksudnya غير عاقل
      [11:42, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Makanya saya sarankan diberi keterangan
      فاعل صفة مذكر عاقل
      [11:42, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: سوابق
      Itu contoh yg tidak memenuhi sarat akil
      [11:44, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Mungkin bisa dipersingkat pembahasannya dgn :
      Mana saja wazan mufrod atau wazan jamak yg musytarok??
      [11:44, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Yang saya diskusikan dgn gus abi tadi yaitu, gus abi terlalu global, akhinya saya tanya حائض jamaknya gimana, kalo ada qoyid kan dudah beres
      [11:46, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Betul,, saya setuju,, sdh sering kali gus abi seperti itu,, gak perinci2 amat,, syukur mudah dipaham secara umum,, walau emang kenyataannya jika urusan jamak taksir jelas butuh keterangan2 yg njlimet2,,
      [11:47, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Ya ndak cukup to, itu saja simak ketrngan gus abi, dan cek syarahnya banyak ada ibnu aqil asymuni makufi tasrih bahjstul mardliyah, saya juga nggak apal ini saja yang ngomongin suami saya
      [11:48, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Kebetulan suami saya 5 thn ini ngajar alfiyyah, dulu juga pernah ngajar alfiyyah 7 thn. Saya hanya tukang ketik he he😄😄😄
      [11:49, 12/11/2017] +62 856-4503-6194: Hehe,, saya ini tukang bijuk kok dibijuk,, 😜
      Lulusan psikologi org gila,,

      Bahkan saya buat kitab sendiri nyarahi syudzurud dzahab,, 😎
      [11:49, 12/11/2017] +62 823-3683-3009: Ya terserah kalo merasa terbujuk

      Hapus

  2. Sebenernya ada ga sii faedah di tiap wazan jamak taksir ini? Kan kalo di fiil tsulatsi dll ada tuh kayak للتعدي ، للكثرة dll.. yang tau tolong respon yaa...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Alfiyah "Bab Waqaf"

Kajian Alfiyah Ibn Malik "Imalah"

Kajian Alfiyah "Cara Membentuk Isim Maqshur/Mamdud menjadi Tasniyah-Jamak"