Kajian Hadits "Inqithok Dhohir"


إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح
Syeikh Mahir Yasin, Simbah Agus, Orang tua, keluarga dan Anak turunku, Warih firdausi , semua yang aktif berbagi ilmu, Semoga selalu dalam Rahmat Alloh di dunia dan akhirat, ilaa yaumil qiyamah wa husnul khotimah,
الفاتحة:
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
Aamiin.
اﻟﺼﻮﺭﺓ اﻷﻭﻟﻰ: اﻻﻧﻘﻄﺎﻉ اﻟﻈﺎﻫﺮ
ﻭﻫﻮ ﻣﺎ ﻳﺴﻤﻰ ﺑﺎﻟﻤﻨﻘﻄﻊ ﻋﻨﺪ اﻻﻃﻼﻕ، ﻭﻭﺟﺪ اﻟﺘﻌﺒﻴﺮ ﻋﻨﻪ ﺑﺎﻟﻤﺮﺳﻞ ﻛﺜﻴﺮا ﻋﻨﺪ اﻟﻤﺘﻘﺪﻣﻴﻦ ﻭﻫﻮ ﻟﻐﺔ: اﺳﻢ ﻓﺎﻋﻞ ﻣﻦ اﻧﻘﻄﻊ، ﻭاﻻﻧﻘﻄﺎﻉ ﺿﺪ اﻻﺗﺼﺎﻝ (¬1) .
ﻭاﺻﻄﻼﺣﺎ: ﻣﺎ ﺳﻘﻂ ﻣﻦ اﺳﻨﺎﺩﻩ ﺭاﻭ ﻭاﺣﺪ ﻗﺒﻞ اﻟﺼﺤﺎﺑﻲ ﺃﻭ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺭاﻭ ﺑﺸﺮﻁ ﻋﺪﻡ اﻟﺘﻮاﻟﻲ ﻓﻲ ﺃﻱ ﻣﻮﺿﻊ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﻣﻮاﺿﻊ اﻟﺴﻨﺪ (¬2) .
ﻭاﻷﺻﻞ ﻓﻲ اﻟﺤﺪﻳﺚ اﻟﻤﻨﻘﻄﻊ: ﺃﻧﻪ ﺿﻌﻴﻒ ﻋﻨﺪ اﻟﻤﺤﺪﺛﻴﻦ؛ ﻷﻧﻪ ﻓﻘﺪ ﺷﺮﻁ اﻻﺗﺼﺎﻝ؛ ﻭﻟﻠﺠﻬﺎﻟﺔ ﺑﺤﺎﻝ اﻟﺴﺎﻗﻂ اﻟﺬﻱ ﻟﻢ ﺗﻌﺮﻑ ﻋﺪاﻟﺘﻪ، ﻭﻻ ﺿﺒﻄﻪ. ﻗﺎﻝ اﻟﺸﻮﻛﺎﻧﻲ: ((ﻭﻻ ﺗﻘﻮﻡ اﻟﺤﺠﺔ ﺑﺎﻟﺤﺪﻳﺚ اﻟﻤﻨﻘﻄﻊ، ﻭﻫﻮ اﻟﺬﻱ ﺳﻘﻂ ﻣﻦ ﺭﻭاﺗﻪ ﻭاﺣﺪ ﻣﻤﻦ ﺩﻭﻥ اﻟﺼﺤﺎﺑﻲ، ﻭﺫﻟﻚ ﻟﻠﺠﻬﻞ ﺑﺤﺎﻝ اﻟﻤﺤﺬﻭﻑ ﻣﻦ ﺣﻴﺚ ﻋﺪاﻟﺘﻪ ﻭﺿﺒﻄﻪ؛ ﻷﻥ ﺛﺒﻮﺕ ﻫﺬا ﺷﺮﻁ ﻟﻘﺒﻮﻝ اﻟﺤﺪﻳﺚ)) (¬3) .

ﻣﺜﺎﻝ ﻟﻠﻤﻨﻘﻄﻊ ﻭﺃﺛﺮﻩ ﻓﻲ اﺧﺘﻼﻑ اﻟﻔﻘﻬﺎء: اﻟﻌﺪﺩ اﻟﺬﻱ ﺗﻨﻌﻘﺪ ﺑﻪ ﺻﻼﺓ اﻟﺠﻤﻌﺔ
اﺧﺘﻠﻒ اﻟﻌﻠﻤﺎء ﻓﻲ اﻟﻌﺪﺩ اﻟﺬﻱ ﺗﻨﻌﻘﺪ ﺑﻪ ﺻﻼﺓ اﻟﺠﻤﻌﺔ ﻋﻠﻰ ﺃﻗﻮاﻝ، ﻧﺬﻛﺮ ﺃﻫﻤﻬﺎ ﻓﻴﻤﺎ ﻳﺄﺗﻲ:
اﻟﻘﻮﻝ اﻷﻭﻝ: اﻥ اﻟﺠﻤﻌﺔ ﻻ ﺗﻨﻌﻘﺪ ﺑﺄﻗﻞ ﻣﻦ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﺣﺪﻫﻢ اﻻﻣﺎﻡ.
ﻭﺑﺬﻟﻚ ﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭﺑﻌﺾ اﻟﻔﻘﻬﺎء ﻣﻨﻬﻢ: اﻟﺜﻮﺭﻱ، ﻭاﻟﻠﻴﺚ، ﻭاﺑﻦ اﻟﻤﻨﺬﺭ ﻣﻦ اﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ، ﻭﻫﻮ ﺭﻭاﻳﺔ ﻋﻦ اﻷﻭﺯاﻋﻲ ﻭﺃﺑﻲ ﺛﻮﺭ.
 
Halaman: 62 Selesai.
👉1. Inqithok dhohir.
Jenis ini secara spesifik dinamakan hadits munqothik secara mutlak.
Adapun menurut istilah mutaqoddimin, hadits munqothik banyak juga yang memasukkannya bagian dari jenis hadits mursal.
Kata munqothik adalah isim fail dari inqithok, yang mana ia punya antonim makna dari kata ketersambungan.
Adapun pengertian hadits munqothik secara istilah yaitu; lenyapnya seorang rowi atau lebih yang dalam satu sanad, yang terletak sebelum sahabat. Adapun jika rowi yang jatuh tadi lebih dari seorang, maka disaratkan tidak berurutan letak jatuhnya.
Pada dasarnya, hukum asal hadits munqothik adalah dzoif menurut para dukun hadits.
Hal itu didasarkan pada logika akan ketidaksambungan sanad. Jika sanad tidak bersambung, artinya ada rowi yang hilang. Jika rowi itu hilang, otomatis kita tidak tau gimana sisi adil dzobitnya rowi.
Maka sudah pasti mengakibatkan dzoifnya hadits itu. Atas dasar itulah dengan tegas imam syaukani berkata bahwa hadits munqothik tidak bisa dijadikan hujjah.
Contoh perhelatan imbas adanya hadits munqothik dalam gelanggang perdebatan para dukun fiqh yaitu seputar jumlah minimal anggota sholat jumat bisa dibilang sah.
  1. Pendapat pertama mengatakan bahwa minimal jumlah musholli sholat jumat itu harus empat orang. Pendapat ini diusung oleh imam abu hanifah, tsaury, laits, ibnu mundir dari mazhab syafii, imam auzay juga abu tsaur.
Bersambung.
Barokallah lanaa wa lakum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Alfiyah "Bab Waqaf"

Kajian Alfiyah Ibn Malik "Imalah"

Kajian Alfiyah "Cara Membentuk Isim Maqshur/Mamdud menjadi Tasniyah-Jamak"