RASM USMANI

Oleh gus atho' (?????)

[13/5 12.54] ‪+62 856-4270-8278‬: Kalo masalah RU, beliau ketat, harus mengikuti kaidah penulisan RU yg diterangkan oleh para ahli RU, seperti dalam Al Muqni'nya Abu Amr ad Daniy, atau At Tabyin-nya Abu Dawud Sulaiman bin Najjah. Adapun masalah dhobt/ diakritik, beliau lebih lentur, tidak harus ngikut Mesir, meski lebih baik ikut, karena terbukti tanda baca dari para ulama Mesir sangat membantu. Yg pertama ketat karena beliau ikut pendapat jumhur bahwa menjaga Rosm Utsmani untuk Al-Qur'an itu wajib, tidak boleh Al-Qur'an ditulis dg imla' 'adiy. Untuk yg kedua beliau lentur karena itu hanya untuk mempermudah membaca, ijtihadi.
[13/5 13.28] ‪+62 857-9971-3944‬: Mungkin bisa d jelaskn mas athok, beda antara terbitan yanbuk dan menara kudus?
[13/5 13.30] ‪+62 857-1520-1160‬: Ini rosm utsmani.....cuma beda hanya masalah dhobt tanda nuqthoh mutahhorrifah....yaitu dengan titik....sedangkan untuk yg mesir dan madinah tanpa titik...
[13/5 13.30] ‪+62 857-1520-1160‬: Untuk huruf ya
[13/5 13.31] ‪+62 857-1520-1160‬: Ya mutathorrifah
[13/5 14.12] ‪+62 856-4632-4050‬: Surat apa itu.. saya tak ikutan nandai.. soalnya selama ini ndak nyadar ada tambahan alif di RU
[13/5 14.18] Arwani: Karena memang dlm prosesny kemenag slalu melalukan pembenahan dan itu prosesny pnjang......hmpir 24 thunan..
[13/5 14.20] Arwani: Bukan hafs ya???
[13/5 14.20] Mas Iat: Lha iya,termasuk RU apa bukan?
[13/5 14.21] Arwani: Stw q Analisa RU bukan dari titik......mhn dluruskan saya.....
[13/5 14.22] Mas Iat: Lha makanya kita liat balungane
[13/5 14.23] Arwani: Yuhu mas....
[13/5 14.23] Mas Iat: Sebagai perbandingan
[13/5 14.26] ‪+62 856-4270-8278‬: Kalo yg difoto itu sesuai RU, Yi..ngga tau kalo halaman2 selanjutnya.
Tinggal lihat itu cetakan mana, dewan pentashihnya siapa dulu.
[13/5 14.31] ‪+62 856-4270-8278‬: Yup..Mushaf Standar Indonesia dari tahun ke tahun selalu ada perbaikan, semakin sesuai dgn RU asli. Untuk mengetahui sejarah Mushaf Depag, bisa baca buku SMS Indonesia, Sejarah Mushaf Standar Indonesia.
Ada versi PDFnya
[13/5 14.33] Arwani: Benar mas...shingga justru yg dkampanyekan mbah yai maftuh skrang gayung brsmbut dberbagai percetakan yg telah ada pngeluaran kbijakan dri kemenag....bhkan ktany skrang tashih gak ada administrasi....guna mempercpat proses RU itu sndri...(munkin)
[13/5 15.13] ‪+62 856-4503-6194‬: Maaf,, ikut nimbrung,, saya kurang sreg dgn kalimat "semakin sesuai dgn RU aslinya"
[13/5 15.13] ‪+62 856-4503-6194‬: Setahu saya,, Rasm Utsmany adalah istilah dr metode penulisan mushaf yg berpijak pada mushaf Al Imam,, n hal (metode) trsb pun berbeda beda, baik dr Ad Dany, Bin Najjah, dll,, Jadi yg memungkinkan utk dikatakan Asli itu adalah Mushafnya,, 
Ngapunten bila gagal faham,,
[13/5 15.44] ‪+62 856-4270-8278‬: Yup, Rasm Utsmani adalah istilah metode penulisan mushaf yg berpijak pada mushaf Al imam. Apa yg dijelaskan ad Dani, abu Dawud, Asy syatibi, Al qoisi, Al lakhomi, semua berdasar riwayat, bukan ijtihad. Maka tulisan2 yg tidak ada riwayatnya, seperti penambahan dan pengurangan dalam Mushaf Depag lawas, itu tidak dikatakan Rosm Utsmani.
[13/5 16.09] ‪+62 856-4270-8278‬: Bahasa, baik lisan atau tulisan, itu dinamis, bahasa apapun, termasuk bahasa Arab. Dalam imla' 'adiy, penulisan mi'ah/seratus, itu dulu pake alif setelah mim, مائة. Dulu, alasannya agar tidak tertukar dg منه, karena dulu sama2 ngga ada diakritik. Dalam kaidah imla' modern, ada yg menetapkan alif pada kata ini dan ada yg membuang.
[13/5 16.25] Arwani: Sdkit menambahkan dlm sdut pndang berbeda.....bhwa trus kmudian ada ksimpulan dari ulama trkait مائة...dengn منه....lbh ke hasil dari ulama itu sndri...karena lafadz مائة....di quran ada مائتين...ini kan mnjdi tdak bsa ketika harus منهتين....shingga rasm ustmani dari masa mushaf imam sampe ke ktab2 rasm yg mu'tamad itu merupakan sbuah riwayat...shingga kalo riwayat ya harus sama...gmpang bhasany...ya dari sononya bgt.....meskipun trus kmudian di rasm dtmukan kesesuaian dlm disiplin ilmu lain itu dluar ranah riwayat itu sndri....shingga knpa مائة...bcanya mi....kog malah ada alifnya...ya itu sirrun mi asrorillah....
[13/5 18.46] Mb Nuzul: Semangat intelektual dan daya kognitif anggota grup ini sangat menakjubkan 👏🏼👏🏼👏🏼👍👍👍

Alangkah baiknya jika tema teman sensitif dan krusial seperti qiroat, rosm dsb didiskusikan dalam forum terbuka dan FTF. Sebab media itu banyak kekurangan dan kurang bisa clear. Sebagai sarana silaturrahmi bagus. Tapi untuk menjernihkan suatu permasalahan rumit, rasa nya kok justru semakin rumit ✌🤣 mungkin saya saja yang DDR 🙏🏻

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Alfiyah "Bab Waqaf"

Kajian Alfiyah Ibn Malik "Imalah"

Kajian Alfiyah "Cara Membentuk Isim Maqshur/Mamdud menjadi Tasniyah-Jamak"