Kajian Ilmu Hadits "Hadits Inqithok Karena Permasalahan Riwayat Fatimah binti Mundzir dari Ummu Salamah"
إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح :
Syeikh mahir yasin fahl, Simbah Agus, Orang tua, keluarga dan Anak turunku, Warih firdausi , semua yang aktif berbagi ilmu, Semoga selalu dalam Rahmat Alloh di dunia dan akhirat, ilaa yaumil qiyamah wa husnul khotimah,
الفاتحة:
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
Aamiin.
Pada materi ini masih melanjutkan polemik hadits inqithok karena permasalah riwayat fatimah binti mundzir dari ummu salamah.
Dipermasalahkan karena masih kecilnya fatimah saat penghujung umur ummu salamah. Meski begitu, andaipun benar saat wafatnya ummu salamah, umur fatimah baru 11 tahun, itupun dianggap sudah cukup untuk dimasukkan bagian dari umur yang layak untuk diterima riwayatnya.
Dan itupun masih bisa diperdebatkan.
Riwayat yang lebih logis tentang umur fatimah adalah 14 tahun saat itu.
Alasannya : karena harits dan abdullah bin sofwan masih bertemu salamah di masa yazid bin muawiyah.
Peristiwa diatas bertepatan dengah peristiwa " hurroh" yang masyhur menurut sejarah terjadi tahun 63 h. Ini artinya fatimah telahpun berusia 14 tahun. Hal ini sekaligus membantah pendapat yang berpijak dari riwayat alwaqidi bahwa ummu salamah wafat pada tahun 56 h, yang artinya fatimah baru berusia 11 tahun saat itu.
Dari analisa diatas, maka jelas bahwa menggolongkan hadits ini masuk kategori inqithok adalah kurang tepat.
Perdebatan ahli fiqh mengenai hukum dari pemahaman hadits diatas.
- Menyapih itu setelah umur 2 tahun menurut jumhur.
- Bisa jadi mahrom jika sudah menyusu 3 bulan.
- Menyapih itu setelah umur 3 tahun.
- Orang dewasa menyusu bisa jadi mahrom.
Halaman: 73.
ﺃﺣﺪ ﻋﺸﺮ ﻋﺎﻣﺎ ﺑﻞ ﻛﺎﻥ ﻋﻤﺮﻫﺎ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﻋﺸﺮ ﻋﺎﻣﺎ ﺣﻴﻦ ﺗﻮﻓﻴﺖ ﺃﻡ ﺳﻠﻤﺔ؛ ﻓﻘﺪ ﺛﺒﺖ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺢ ﻣﺴﻠﻢ (¬1) : ((ﺃﻥ اﻟﺤﺎﺭﺙ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺭﺑﻴﻌﺔ ﻭﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺻﻔﻮاﻥ ﺩﺧﻼ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻓﻲ ﺧﻼﻓﺔ ﻳﺰﻳﺪ ﺑﻦ ﻣﻌﺎﻭﻳﺔ، ﻓﺴﺄﻻﻫﺎ ﻋﻦ اﻟﺠﻴﺶ اﻟﺬﻱ ﻳﺨﺴﻒ ﺑﻪ ... اﻟﺤﺪﻳﺚ)) .
ﻭﻛﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺣﻴﻦ ﺟﻬﺰ ﻳﺰﻳﺪ ﺑﻦ ﻣﻌﺎﻭﻳﺔ ﻣﺴﻠﻢ ﺑﻦ ﻋﻘﺒﺔ ﺑﻌﺴﻜﺮ اﻟﺸﺎﻡ اﻟﻰ اﻟﻤﺪﻳﻨﺔ، ﻭﻛﺎﻧﺖ ﻭﻗﻌﺖ اﻟﺤﺮﺓ ﺳﻨﺔ ﺛﻼﺙ ﻭﺳﺘﻴﻦ (¬2) . ﻭﻫﺬا ﻳﺮﺩ ﻗﻮﻝ ﻣﻦ ﻗﺎﻝ: ﺃﻧﻬﺎ ﻣﺎﺗﺖ ﺳﻨﺔ ﺗﺴﻊ ﻭﺧﻤﺴﻴﻦ اﻋﺘﻤﺎﺩا ﻋﻠﻰ ﺭﻭاﻳﺔ اﻟﻮاﻗﺪﻱ (¬3) .
ﺃﺛﺮ ﺣﺪﻳﺚ ﻓﺎﻃﻤﺔ ﻓﻲ اﺧﺘﻼﻑ اﻟﻔﻘﻬﺎء: ﻭﻗﺖ اﻟﺮﺿﺎﻉ اﻟﻤﺤﺮﻡ
اﺧﺘﻠﻒ اﻟﻔﻘﻬﺎء ﻓﻲ ﻭﻗﺖ اﻟﺮﺿﺎﻉ اﻟﻤﺤﺮﻡ اﻟﺬﻱ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻨﻪ اﻟﺘﺤﺮﻳﻢ ﻋﻠﻰ ﺃﻗﻮاﻝ:
اﻟﻘﻮﻝ اﻷﻭﻝ: ﺷﺮﻁ ﺗﺤﺮﻳﻢ اﻟﺮﺿﺎﻉ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻲ اﻟﺤﻮﻟﻴﻦ.
ﻭﻫﻮ ﻗﻮﻝ ﺃﻛﺜﺮ ﺃﻫﻞ اﻟﻌﻠﻢ ﻣﻨﻬﻢ: ﻋﻤﺮ، ﻭﻋﻠﻲ، ﻭاﺑﻦ ﻋﻤﺮ، ﻭاﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ، ﻭاﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ، ﻭﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﻭﺃﺯﻭاﺝ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﺳﻮﻯ ﻋﺎﺋﺸﺔ- ﻭاﻟﻴﻪ ﺫﻫﺐ: اﻟﺸﻌﺒﻲ، ﻭاﺑﻦ ﺷﺒﺮﻣﺔ، ﻭاﻷﻭﺯاﻋﻲ، ﻭاﻟﺸﺎﻓﻌﻲ، ﻭاﺳﺤﺎﻕ، ﻭﺃﺑﻮ ﻳﻮﺳﻒ، ﻭﻣﺤﻤﺪ، ﻭﺃﺑﻮ ﺛﻮﺭ، ﻭﻫﻮ ﺭﻭاﻳﺔ ﻋﻦ ﻣﺎﻟﻚ (¬4) .
ﻭﺣﺠﺘﻬﻢ اﻟﺤﺪﻳﺚ اﻟﺴﺎﺑﻖ.
¬___
(¬1) اﻟﺠﺎﻣﻊ اﻟﺼﺤﻴﺢ 8/166 ﺭﻗﻢ (2882) .
(¬2) ﺗﺄﺭﻳﺦ اﻟﺨﻠﻔﺎء ﺻ209.
(¬3) ﺯاﺩ اﻟﻤﻌﺎﺩ 5/585.
(¬4) اﻟﻤﻐﻨﻲ 9/201 ﻭﻣﺎ ﺑﻌﺪﻫﺎ، ﺑﺪاﻳﺔ اﻟﻤﺠﺘﻬﺪ 2/27، اﻟﻤﺤﻠﻰ 10/17، ﺑﺪاﺋﻊ اﻟﺼﻨﺎﺋﻊ 4/6 ﻧﻴﻞ اﻷﻭﻃﺎﺭ 6/315.
اﻟﻘﻮﻝ اﻟﺜﺎﻧﻲ: ﻳﺤﺮﻡ اﻟﺮﺿﺎﻉ ﻓﻲ ﺛﻼﺛﻴﻦ ﺷﻬﺮا.
ﻭﺑﻪ ﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ (¬1) .
اﻟﻘﻮﻝ اﻟﺜﺎﻟﺚ: ﻣﺪﺓ اﻟﺮﺿﺎﻉ ﺛﻼﺙ ﺳﻨﻴﻦ.
ﻭﺑﻪ ﻗﺎﻝ ﺯﻓﺮ (¬2) .
اﻟﻘﻮﻝ اﻟﺮاﺑﻊ: ﺭﺿﺎﻋﺔ اﻟﻜﺒﻴﺮ ﺗﺤﺮﻡ.
ﻭﻳﺮﻭﻯ ﻫﺬا ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﻭﻋﻄﺎء ﻭاﻟﻠﻴﺚ ﻭﺩاﻭﺩ (¬3) .
Komentar
Posting Komentar