Kajian Alfiyah "Nasab"

إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى صاحب الألفية:
الشيخ أبى عبد الله محمد بن محمد بن مالك الطائى الجيانى الأندلسى
رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين.
الفاتحة...آمين
Alfiyah Ibn Malik;  #Nasab

اﻟﻨﺴﺐ:
ﻳﺎء ﻛﻴﺎ اﻟﻜﺮﺳﻲ ﺯاﺩﻭا ﻟﻠﻨﺴﺐ
                 ﻭﻛﻞ ﻣﺎ ﺗﻠﻴﻪ ﻛﺴﺮﻩ ﻭﺟﺐ
Untuk menisbatkan sesuatu thd suatu daerah dll, maka cukup menambahkan ya' bertasydid dan huruf sebelumnya harus dibaca kasrah. Contoh:

  • بغداد: البغدادِىّ
  • محمد البغدادِىّ: Muhammad berbangsa Baghdad
ﻭﻣﺜﻠﻪ ﻣﻤﺎ ﺣﻮاﻩ اﺣﺬﻑ ﻭﺗﺎ
                 ﺗﺄﻧﻴﺚ ﺃﻭ ﻣﺪﺗﻪ ﻻ ﺗﺜﺒﺘﺎ
Huruf akhir lafadz yg ingin dibentuk nisbat/nasab jika berbentuk ya' bertasydid, ta' ta'nits atau alif ta'nits maqshurah, maka harus dibuang terlebih dahulu. Contoh:

  • الشافعِىّ: شافع👈 شافعِىّ
  • مكة: مكّ👈 المكِّىّ
  • حبشة: حبش👈 الحَبشِىّ
  • حبارَى: حبارِىّ
ﻭﺇﻥ ﺗﻜﻦ ﺗﺮﺑﻊ ﺫا ﺛﺎﻥ ﺳﻜﻦ
                 ﻓﻘﻠﺒﻬﺎ ﻭاﻭا ﻭﺣﺬﻓﻬﺎ ﺣﺴﻦ
Bila alif ta'nits maqshurah dimaksud berada pd urutan huruf keempat dan huruf kedua sukun, maka boleh dua bacaan yaitu alif diganti wawu atau dibuang. Contoh:

  • حبْلَى: حبلَوِىّ/حبلِىّ
ﻟﺸﺒﻬﻬﺎ اﻟﻤﻠﺤﻖ ﻭاﻷﺻﻠﻲ ﻣﺎ
               ﻟﻬﺎ ﻭﻟﻷﺻﻠﻲ ﻗﻠﺐ ﻳﻌﺘﻤﻰ
Alif asli dan alif yg disamakan (mulhaq) dg alif ta'nits maqshurah, saat dibentuk nisbat memiliki aturan yg sama (membuang alif atau mengantinya dg wawu) dg alif ta'nits maqshurah.
Hanya sj utk alif yg asli lebih baik diganti waawu. Contoh:

  • عصا: عصَوِىّ، مصطفَى: مصطفِىّ
  • حبركَى: حبركِىّ
  • علقَى: علقَوِىّ/علقِىّ
ﻭاﻷﻟﻒ اﻟﺠﺎﺋﺰ ﺃﺭﺑﻌﺎ ﺃﺯﻝ
               ﻛﺬاﻙ ﻳﺎ اﻟﻤﻨﻘﻮﺹ ﺧﺎﻣﺴﺎ ﻋﺰﻝ
Alif ta'nitas maqshurah dan ya' isim manqush yg berada di urutan huruf kelima dst harus dibuang. Contoh:

  • حبارَى: حبارِىّ، مرتقِىْ: مرتقِىّ
ﻭاﻟﺤﺬﻑ ﻓﻲ اﻟﻴﺎ ﺭاﺑﻌﺎ ﺃﺣﻖ ﻣﻦ
               ﻗﻠﺐ ﻭﺣﺘﻢ ﻗﻠﺐ ﺛﺎﻟﺚ ﻳﻌﻦ
Ya' isim manqush yg berada pd urutan huruf keempat boleh dibuang (terbaik) dan boleh diganti wawu, contoh:

  • قاضِىْ: قاضِىّ/قاضَوِىّ
Sedangkan ya' manqush yg berada pd urutan ketiga harus diganti wawu. Contoh:

  • المُرِىْ: المرَوِىّ، الشجِىْ: الشجَوِىّ
ﻭﺃﻭﻝ ﺫا اﻟﻘﻠﺐ اﻧﻔﺘﺎﺣﺎ ﻭﻓﻌﻞ
               ﻭﻓﻌﻞ ﻋﻴﻨﻬﻤﺎ اﻓﺘﺢ ﻭﻓﻌﻞ
Ketika nasab/nisbat, huruf sebelum wawu pengganti dan 'ain fi'il wazan فَعِلٌ فِعِل فُعِلٌ harus dibaca fathah. Contoh:

  • حبلَى: حبلَوِىّ، قاضٍ: قاضَوِىّ، مُرٍ: مُرَوِيّ
  • نَمِر: نمَرِىّ، دُئِل: دُؤَلِىّ، إبِل: إبَلِىّ
ﻭﻗﻴﻞ ﻓﻲ اﻟﻤﺮﻣﻲ ﻣﺮﻣﻮﻱ
               ﻭاﺧﺘﻴﺮ ﻓﻲ اﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻬﻢ ﻣﺮﻣﻲ
Ya' bertasydid (setelah dua huruf/lebih) ketika nasab harus dibuang. 
Akan tetapi jika kedua ya' tersebut ada yg asli dan zaidah maka ya' bertasydid tsb boleh dibuang atau diganti wawu. Contoh:

  • مرمِىّ (اصله مرمُوْىٌ): مرمِىّ/مرمَوِىّ
ﻭﻧﺤﻮ ﺣﻲ ﻓﺘﺢ ﺛﺎﻧﻴﻪ ﻳﺠﺐ
             ﻭاﺭﺩﺩﻩ ﻭاﻭا ﺇﻥ ﻳﻜﻦ ﻋﻨﻪ ﻗﻠﺐ
Dan bila ya' bertasydid berada pd urutan huruf kedua maka ya' pertama atau wawu (jika ya' pertama berasal dr wawu) dibaca fathah dan ya' kedua diganti wawu. Contoh:

  • حَىٌّ: حيَوِىّ، طَىٌّ: طوَوِىّ
ﻭﻋﻠﻢ اﻟﺘﺜﻨﻴﺔ اﺣﺬﻑ ﻟﻠﻨﺴﺐ
           ﻭﻣﺜﻞ ﺫا ﻓﻲ ﺟﻤﻊ ﺗﺼﺤﻴﺢ ﻭﺟﺐ
Nama yg terdiri dari tasniyah atau jamak salim, ketika dibentuk nasab/nisbat, tanda tasniyah/jamaknya harus dibuang. Contoh:

  • زيدان/زيدين/هندات: الزيدِىّ / الهندِىّ
ﻭﺛﺎﻟﺚ ﻣﻦ ﻧﺤﻮ ﻃﻴﺐ ﺣﺬﻑ
               ﻭﺷﺬ ﻃﺎﺋﻲ ﻣﻘﻮﻻ ﺑﺎﻷﻟﻒ
Jika sebelum akhir berupa ya' bertasydid, maka ketika nasab ya' kedua harus dibuang. Contoh:

  • طيِّب: طيْبِىّ - طيِّئ: طيْئِىّ (طائىّ: شاذ)
ﻭﻓﻌﻠﻲ ﻓﻲ ﻓﻌﻴﻠﺔ اﻟﺘﺰﻡ
               ﻭﻓﻌﻠﻲ ﻓﻲ ﻓﻌﻴﻠﺔ حتم
ﻭﺃﻟﺤﻘﻮا ﻣﻌﻞ ﻻﻡ ﻋﺮﻳﺎ
               ﻣﻦ اﻟﻤﺜﺎﻟﻴﻦ ﺑﻤﺎ اﻟﺘﺎ ﺃﻭﻟﻴﺎ
ﻭﺗﻤﻤﻮا ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻛﺎﻟﻄﻮﻳﻠﻪ
               ﻭﻫﻜﺬا ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻛﺎﻟﺠﻠﻴﻠﻪ
Ketika nasab, wazan فَعِيلة menjadi فَعَلِىّ dan wazan فُعَيلة menjadi فُعَلِىّ. Contoh:

  • مدينة: مَدَنِىّ - جُهَينة: جُهَنِىّ
Khusus yg mu'tal lam, tidak harus berakhiran huruf ta'. Contoh:

  • عَدِىٌّ: عَدَوِىّ - قُصَىّ: قُصَوِىّ - أمَيّة: أُمَوِىّ
Wazan فَعِيلة yang mu'tal ain tau mudhaaf, ketika nasab, ditulis lengkap (tanpa buang ya'). Contoh:

  • طويلة: طويلىّ - جليلة: جليلىّ
ﻭﻫﻤﺰ ﺫﻱ ﻣﺪ ﻳﻨﺎﻝ ﻓﻲ اﻟﻨﺴﺐ
              ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺗﺜﻨﻴﺔ ﻟﻪ اﻧﺘﺴﺐ
Regulasi pembentukan tasniyah isim mamdud berlaku utk nasab/nisbat. Contoh:

  • صحراء: صحراوىّ، قراء: قرائى
  • علباء: علباوىّ/علبائىّ، كساء: كساوىّ/كسائىّ
ﻭاﻧﺴﺐ ﻟﺼﺪﺭ ﺟﻤﻠﺔ ﻭﺻﺪﺭ
                ﻣﺎ ﺭﻛﺐ ﻣﺰﺟﺎ ﻭﻟﺜﺎﻥ ﺗﻤﻤﺎ
ﺇﺿﺎﻓﺔ ﻣﺒﺪﻭءﺓ ﺑﺎﺑﻦ ﺃﻭ اﺏ
             ﺃﻭ ﻣﺎﻟﻪ اﻟﺘﻌﺮﻳﻒ ﺑﺎﻟﺜﺎﻧﻲ ﻭﺟﺐ
ﻓﻴﻤﺎ ﺳﻮﻯ ﻫﺬا اﻧﺴﺒﻦ ﻟﻷﻭﻝ
              ﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﺨﻒ ﻟﺒﺲ ﻛﻌﺒﺪ اﻷﺷﻬﻞ
Cara membentuk nisbat suatu rangkaian/tarkib kalimat:
1. Tarkib isnadiy dan mazjiy; maka pakai shadarnya. Contoh:

  • حضرَ موتُ: حضَرِىّ (الحضرمى: شاذ)
  • سيبَوَيهِ: السيبىّ
2. Tarkib idhafiy (diawali ابن أب atau mudhaf ilaih yg makrifat); maka pakai ajuznya. Contoh:

  • ابن الزبير: زبيرىّ، أبو بكر: بكرىّ
  • ولد زيدٍ: زيدىّ
3. Selain paparan di atas, ketika nisbat, menggunakan shadarnya kecuali dikhawatirkan terjadi kaburnya maksud. Contoh:

  • شمس الدين: شمسىّ، عبد الله: عبدىّ
  • عبد الأشهل: أشهلىّ
واجبر برد اللام ما منه حذف
              جوازا إن لم يك رده ألف
فى جمعى التصحيح او فى التثنية
               وحق مجبور بهذى توفية
Ketika nasab, huruf akhir (lam fi'il) yang terbuang dikembalikan kembali.
Pengembalian ini bersifat wajib hanya jika saat dibentuk jamak salim atau tasniyah dikembalikan. Contoh:

  • أب (أبوان): أبَوِىّ، سَنة (سَنَوات): سَنَوِىّ
  • أخ (أخوان): أخَوِىّ، أخت (أخوات): أخَوِىّ
  • يدٌ (يدان): يدَوِى/يدِىّ، ابن (ابنان): بَنَوِىّ/ابْنِىّ
وبأخ أختا وبابن بنتا
              ألحق ويونس أبى حذف التا
Bentuk nasab أخ ابن dan أخت بنت diasamakan (membuang ta' ta'nits) yaitu أخَوىّ بَنَوِىّ.
Berbeda dengan Imam Yunus yang menetapkan ta' ta'nits أخت بنت. Contoh:

  • أخ: أخَوِىّ، أخت: أُخْتِىّ
  • ابن: بَنَوِىّ، بنت: بنْتِىّ
وضاعف الثانى من ثنائى
                ثانيه ذو لين كلا ولائى
Lafadz yg terdiri dua huruf (tsuna'iy) jika yg kedua berupa huruf wawu/alif/ya' maka harus digandakan lalu huruf pengganda diganti hamzah/wawu, contoh:

  • لا: لائىّ، لَوْ: لَوِّى، كَىْ: كَيَوِىّ
وإن يكن كشية ما الفا عدم
                 فجبره وفتح عينه التزم
Bila isim yg terbuang adalah fa' fi'il serta berupa isim mu'tal lam maka fa' fi'il harus ditampakkan/dikembalikan kembali. Contoh:

  • شِيَة (وشى يَشى شية): وِشَوِىّ
والواحد اذكر ناسبا للجمع
              إن لم يشابه واحدا بالوضع
Jama' yg dibentuk nasab menggunakan kata mufradnya, seperti sebutan bagi pakar ilmu fara'idh dengan panggilan faradhiyyun:

  • الفرائض ج فريضة: فَرَضِىٌّ
Catatan:
Baca juga bait sebelumnya:
وفعلىّ فى فعيلة التزم
             وفعلىّ فى فُعيلة حتم

ومع فاعل وفعال فعل
              فى نسب أغنى عن اليا فقبل
Beberapa wazan berikut dipergunakan untk nasab tanpa ya' nisbat, yaitu:
* فاعِل: لابِنٌ، تامِر،
 كاوِنٌ (tukang kawin)😁
* فَعّال: حَدّاد، ثَقّاف، حَلاّج، سَفّاح، دَبّاس،
مَرّاح رَمّاح (pemarah/peramah)😨☺
* فَعِل: لَبِسٌ، طَعِمٌ
نَغِسٌ (penangis)😭

وغير ما أسلفته مقررا
              على الذى ينقل منه اقتصرا
Nasab di luar regulasi yg telah diterangkan di atas tergolong langka-syadz (menyalahi kaidah baku), contoh:
حضرموت: حضرمىّ (القياس: حضَرىّ)
بَصْرة : بِصْرىّ (القياس: بُصْرىّ)
مَرْو : مروزى (القياس: مروىّ)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Alfiyah "Bab Waqaf"

Kajian Alfiyah Ibn Malik "Imalah"

Kajian Alfiyah "Cara Membentuk Isim Maqshur/Mamdud menjadi Tasniyah-Jamak"