Kajian Hadits "Hadits Inqithok"
إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح :
Syeikh Mahir yasin, Simbah Agus, Orang tua, keluarga dan Anak turunku, Warih firdausi , semua yang aktif berbagi ilmu, Semoga selalu dalam Rahmat Alloh di dunia dan akhirat, ilaa yaumil qiyamah wa husnul khotimah,وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح :
الفاتحة:
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
Aamiin.ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
Masih seputar hadits inqithok.
ومثال ذلك ايضا:
حديث يعقوب بن ابراهيم الاسكندراني، عن عمرو بن أبي عمرو، عن المطلب، عن جابر بن عبد الله، قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: ((صيد البر حلال ما لم تصيدوه او يصاد لكم)) . (¬4)
وهذا سند منقطع؛ فالمطلب بن حنطب بن الحارث المخزومي لم يسمع من جابر.
Halaman: 65.حديث يعقوب بن ابراهيم الاسكندراني، عن عمرو بن أبي عمرو، عن المطلب، عن جابر بن عبد الله، قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: ((صيد البر حلال ما لم تصيدوه او يصاد لكم)) . (¬4)
وهذا سند منقطع؛ فالمطلب بن حنطب بن الحارث المخزومي لم يسمع من جابر.
قال الترمذي: (لا نعرف له سماعا من جابر) . (¬1)
وقال أبو حاتم: ((عامة أحاديثه مراسيل، لم يدرك أحدا من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم ولم يسمع من جابر)) (¬2)
أثره في اختلاف الفقهاء: حكم أكل الصيد للمحرم
لا خلاف في تحريم الصيد على المحرم اذا صاده بنفسه أو ذبحه (¬3) .
وكذلك يحرم على المحرم أكله اذا صاده حلال وكان من المحرم دلالة أو اشارة (¬4)
واختلفوا فيما اذا صاده حلال، مع أنه لم يكن من المحرم اعانة ولا دلالة ولا اشارة:
فقال بعض السلف: يحرم على المحرم الأكل من لحم الصيد مطلقا.
روي ذلك عن علي، وابن عمر، وابن عباس، وغيرهم (¬5)
وحجتهم حديث الصعب بن جثامة الليثي: أنه أهدى للنبي صلى الله عليه وسلم حمارا وحشيا وهو بالأبواء أو بودان فرده عليه، وقال: ((انا لم نرده عليك الا انا حرم)) (¬6) .
¬___
(¬1) الجامع 3/204 عقيب (846)
(¬2) المراسيل ص210. وأنظر تحفة الاشراف 2/379 حديث (3098)
(¬3) المغني 3/289.
(¬4) المصدر السابق.
(¬5) المغني 3/290، المجموع 7/304.
(¬6) أخرجه البخاري 3/16 رقم (1825) ، ومسلم 4/13 رقم (850) ، وابن ماجه 2/1032 رقم (3090) ، والترمذي 3/206 رقم (849) ، وابن خزيمة (2637) .
لكن هذا يحمل على أن النبي صلى الله عليه وسلم قد رده لأنه علم انه صيد من أجله.
وذهب بعض الفقهاء الى أنه لا يحرم على المحرم أكله الا اذا علم أنه صيد من أجله، وبذلك قال مالك، والشافعي، وأحمد (¬1) .وذلك لحديث جابر الذي سبق الكلام عليه.
وقال أبو حنيفة: ما دام الذي صاده حلال ولم يعنه المحرم بشيء حتى ولو باشارة جاز للمحرم الأكل منه وان صاده الحلال من أجله (¬2) .
ودليله حديث أبي قتادة مرفوعا وفيه: ((هل منكم أحد أمره أو أشار اليه بشيء؟ قال: قالوا: لا، قال: فكلوا ما
بقي من لحمها)) (¬3) .
لكن هذا ينبغي حمله على أنه لم يصد من أجلهم حتى يجمع بين الأحاديث، ولا يكون بينهما تناقض.
الصورة الثانية: التدليس
تعريفه:
التدليس لغة: من الدلس، وهو اختلاط الظلام بالنور. (¬4)
وعند المحدثين أنواع:
الأول: تدليس الاسناد، وهو أن يروي الراوي عمن لقيه ما لم يسمعه منه بصيغة
¬___
(¬1) المغني 3/289، القوانين الفقهية ص120.
(¬2) المغني 3/289، القوانين الفقهية ص120، الاختيار 1/233 بدائع الصنائع 2/198.
(¬3) أخرجه أحمد 5/301، والدارمي (1833) ، والبخاري 3/14 رقم (1821) ، ومسلم 4/15 رقم (1196) ، وابن ماجه 2/1033 رقم (3093) ، والنسائي 5/185، وابن خزيمة (2642) .
(¬4) لسان العرب مادة ((دلس)) ، القاموس المحيط 2/224.
Masih bahas seputar hadits inqithok.
Disini dicontohkan hadits dari jabir tentang penegasan halalnya hewan buruan laut. Perlu digaris bawahi disini yaitu tidak bertemu atau mendengarnya rowi " mathlab" dengan " jabir".
Hal itu bisa dinukil dr perkataan turmudzy yang mengatakan bahwa mathlab tidak mendengar dari jabir. Juga penegasan abu hatim nahwa kebanyakan hadits mathlab itu mursal. Ia tidak bertemu dengan seorangpun sahabat nabi.
Disini dicontohkan hadits dari jabir tentang penegasan halalnya hewan buruan laut. Perlu digaris bawahi disini yaitu tidak bertemu atau mendengarnya rowi " mathlab" dengan " jabir".
Hal itu bisa dinukil dr perkataan turmudzy yang mengatakan bahwa mathlab tidak mendengar dari jabir. Juga penegasan abu hatim nahwa kebanyakan hadits mathlab itu mursal. Ia tidak bertemu dengan seorangpun sahabat nabi.
Titik perbedaan istidlaal hadits ini oleh para dukun fiqh.
Satu sisi mereka ijmak, bahwa orang yg ihrom itu haram berburu dan memakannya.
Begitu juga haram bagi orang yg berihrom, makan buruan orang yang tidak ihrom(????).
Nah, masalah jadi ruwet jika pemburu tadi tidak sedang ihrom, tidak juga ada sangkut pautnya ihrom seperti jadi pemandu jalan dan lainnya, lalu berburu untuk orang yang berihrom.
Untuk kasus diatas ada banyak perbedaan.
Menurut Aly, Ibnu umar, Ibnu Abbas dan lainnya, memakan dagingnya adalah haram secara mutlak.
Pendapat yang diusung diatas, berlandaskan hadits penguat yang lain dari nabi, yang mana beliau menolak daging buruan himar gunung dengan alasan sedang berihrom.
Berbeda lagi pemahaman hadits diatas oleh imam syafii, maliki dan Ahmad.
Menurutnya hal itu tidaklah haram.
Hadits penolakan nabi diatas dipahami, karena nabi tau bahwa mereka sengaja berburu memang untuk nabi yang sedang ihrom.
Andai pemberian saat ihrom tadi karena faktor ketidaksengajaan, semisal karena daging lebih dll, maka tidak haram.
Lebih realistis lagi pendapat dari imam hanafi, menurutnya tetap tidak haram meski sedari awal pemburu tadi niat untuk diberikan pada orang yang ihrom, selama ia tidak memintanya berburu untuk dirinya.
Pendapat imam abu hanifah ini berdasarkan hadits dari abu qotadah secara marfuk, dimana nabi menyuruh makan daging buruan yg lebih saat mereka ihrom, karena mereka tidak ada sangkut pautnya dengan usaha perburuan itu.
Komentar
Posting Komentar