Kajian Ilmu Hadits "Hadist Tadlis"#2

إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح :
Syeikh Mahir yasin fahl, Simbah Agus, Orang tua, keluarga dan Anak turunku, Warih firdausi , semua yang aktif berbagi ilmu, Semoga selalu dalam Rahmat Alloh di dunia dan akhirat, ilaa yaumil qiyamah wa husnul khotimah,
الفاتحة:
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
Aamiin.
Masih melanjutkan bahasan yang lampau seputaran tadlis. 

👉6. Tadlis qooto'. 
 Yaitu tadlis dengan cara membuang sighoot lalu diganti dengan sighoot sekenanya. ( atau dengan cara berhenti sejenak setelah bilang " telah mengabariku"+ " lalu diam sejenak "+ " fulan dan fulan".
Ini sebenarnya mirip dg tadliis athof, bedanya hanya pada si rowi berhenti sejenak untuk menyembunyikan / menghelah klo sebenarnya ia tidak mendengar langsung. Mungkin bertujuan bahwa ia merasa tidak salah saat bilang " fulan mengabari saya secara langsung " padahal tidak. Maka dari itu disembunyikan dengan cara berhenti sejenak. 

👉7. Tadlis sighoot 'adaak. 
Yaitu rowi sengaja menggunakan sighot tashrih simaak, padahal ia dapat dr ijazaah. Dengan maksud menguatkan sanad, seakan ia simak langsung padahal tidak. 
Pada dasarnya, secara umum, saat bilang tadliis, itu terjadi dalam bentuk tadliis isnaad dan suyukh. 
Menurut para dukun hadits secara umum, hukum tadlis adalah makruh. Ia digunakan untuk menyamarkan sanad yang dhoif, agar terlihat Bagus. 
Adapun Imam syu'bah, sangat membenci sekali perilaku tadliis ini. 
Sebab sebab tadlis pada umumnya yaitu :
  • agar sanad terlihat uluw.
  • karena gurunya dianggap masih junior.
  • karena gurunya seorang yang dzoif. 

Adapun untuk tadlis taswiyah, bisa dianggap selamat bila semua rangkaian sanad dalam bentuk tashrih bi simaak. Disarankannya simaak untuk mudallis, sebagai penguat bahwa ia tidak sedang bertadlis dalam sanad itu. 

ﺑﺮﻫﺔ، ﺛﻢ ﻳﻘﻮﻝ: ﻫﺸﺎﻡ ﺑﻦ ﻋﺮﻭﺓ ﺃﻭ اﻷﻋﻤﺶ ﻣﻮﻫﻤﺎ اﻧﻪ ﺳﻤﻊ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻭﻟﻴﺲ ﻛﺬﻟﻚ (¬1) .
اﻟﺴﺎﺩﺱ: ﺗﺪﻟﻴﺲ اﻟﻘﻄﻊ: ﻫﻮ ﺃﻥ ﻳﺤﺬﻑ اﻟﺼﻴﻐﺔ ﻭﻳﻘﺘﺼﺮ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻟﻪ -ﻣﺜﻼ- اﻟﺰﻫﺮﻱ، ﻋﻦ اﻧﺲ (¬2) .
اﻟﺴﺎﺑﻊ: ﺗﺪﻟﻴﺲ ﺻﻴﻎ اﻷﺩاء، ﻭﻫﻮ ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﻣﻦ اﻟﻤﺤﺪﺛﻴﻦ ﻣﻦ اﻟﺘﻌﺒﻴﺮ ﺑﺎﻟﺘﺤﺪﻳﺚ ﺃﻭ اﻻﺧﺒﺎﺭ ﻋﻦ اﻻﺟﺎﺯﺓ ﻣﻮﻫﻤﺎ ﻟﻠﺴﻤﺎﻉ ﻭﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺳﻤﻊ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ اﻟﺸﻴﺦ ﺷﻴﺌﺎ (¬3) .
ﻭﺃﻛﺜﺮ ﺃﻧﻮاﻉ اﻟﺘﺪﻟﻴﺲ ﻭﺟﻮﺩا ﺗﺪﻟﻴﺲ اﻻﺳﻨﺎﺩ ﻭاﻟﺸﻴﻮﺥ، ﻭاﻟﺬﻱ ﻳﻌﻨﻴﻨﺎ ﻓﻲ ﺩﺭاﺳﺘﻨﺎ ﻫﺬﻩ ﺗﺪﻟﻴﺲ اﻻﺳﻨﺎﺩ ﺣﻴﺚ ﻗﺪ ﺳﻘﻨﺎﻩ ﺗﺤﺖ اﻻﺭﺳﺎﻝ.
ﻭاﻟﺘﺪﻟﻴﺲ ﻣﻜﺮﻭﻩ ﻋﻨﺪ اﻟﻤﺤﺪﺛﻴﻦ، ﻭﻗﺪ ﻳﺼﻴﺮ ﺣﺮاﻣﺎ ﺣﺴﺐ اﻷﺳﺒﺎﺏ اﻟﺪاﻓﻌﺔ اﻟﻴﻪ ﻛﺄﻥ ﻳﺪﻟﺲ ﻋﻦ ﺿﻌﻴﻒ ﺷﺪﻳﺪ اﻟﻀﻌﻒ. ﻭﻛﺎﻥ اﻻﻣﺎﻡ ﺷﻌﺒﺔ ﺑﻦ اﻟﺤﺠﺎﺝ ﻳﺬﻡ اﻟﺘﺪﻟﻴﺲ ﺫﻣﺎ ﺷﺪﻳﺪا. (¬4) ﻭﺃﺳﺒﺎﺏ اﻟﺘﺪﻟﻴﺲ ﻛﺜﻴﺮﺓ، ﻣﻨﻬﺎ: اﻟﻌﻠﻮ ﻓﻲ اﻻﺳﻨﺎﺩ ﺃﻭ ﻟﺼﻐﺮ ﺷﻴﺨﻪ ﺃﻭ ﻟﻀﻌﻔﻪ (¬5) .
ﻭﺣﺪﻳﺚ اﻟﻤﺪﻟﺲ ﻣﺮﺩﻭﺩ اﻻ ﺃﻥ ﻳﺼﺮﺡ ﺑﺎﻟﺴﻤﺎﻉ.
ﺃﻣﺎ ﺗﺪﻟﻴﺲ اﻟﺘﺴﻮﻳﺔ ﻓﻴﺸﺘﺮﻁ ﻓﻴﻪ: اﻟﺘﺤﺪﻳﺚ ﻭاﻻﺧﺒﺎﺭ ﻣﻦ ﺃﻭﻝ اﻟﺴﻨﺪ اﻟﻰ ﺁﺧﺮﻩ. (¬6)
ﻭﺳﺒﺐ ﺭﺩ اﻟﻤﺤﺪﺛﻴﻦ ﺣﺪﻳﺚ اﻟﻤﺪﻟﺲ اﺫا ﻟﻢ ﻳﺼﺮﺡ ﺑﺎﻟﺴﻤﺎﻉ ﺧﺸﻴﺔ ﺳﻘﻮﻁ ﺭﺟﻞ ﺑﻴﻦ اﻟﻤﺪﻟﺲ ﻭﻣﻦ ﻋﻨﻌﻦ ﻋﻨﻪ. ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺣﺪﻳﺚ ﻋﺒﺪ اﻟﻤﻠﻚ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻌﺰﻳﺰ ﺑﻦ
(¬1) اﻟﻤﺼﺪﺭ اﻟﺴﺎﺑﻖ
(¬2) اﻟﻤﺼﺪﺭ اﻟﺴﺎﺑﻖ
(¬3) اﻟﻤﺼﺪﺭ اﻟﺴﺎﺑﻖ
(¬4) اﺧﺘﺼﺎﺭ ﻋﻠﻮﻡ اﻟﺤﺪﻳﺚ ﺻ56.
(¬5) اﻟﻤﻮﻗﻈﺔ ﺻ48.
(¬6) اﻟﻨﻜﺖ 1/293.
Contoh kita bahas sanad yang ada tadlis dibawah ini. 
ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺣﺪﻳﺚ ﻋﺒﺪ اﻟﻤﻠﻚ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻌﺰﻳﺰ ﺑﻦ ﺟﺮﻳﺞ، ﻋﻦ ﻧﺎﻓﻊ، ﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﻣﺮﻓﻮﻋﺎ: ((ﻻ ﺗﺒﻞ ﻗﺎﺋﻤﺎ)) ﺃﺧﺮﺟﻪ اﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ (¬1) ﻭﻗﺎﻝ: ﺃﺧﺎﻑ ﺃﻥ اﺑﻦ ﺟﺮﻳﺞ ﻟﻢ ﻳﺴﻤﻊ ﻣﻦ ﻧﺎﻓﻊ ﻫﺬا اﻟﺨﺒﺮ)) (¬2)
Untuk sanad diatas dikomentari ibnu hibban, bahwa ia tiada yakin akan pendengaran " ibnu juraij langsung dari nafi".

HADITS TADLIS DAN GELANGGANG DUKUN FIQH

💦Seputar hukum memejamkan mata salam sholat💦. 
Sebagian ahli fiqih berpendapat bahwa memejamkan mata saat sholat itu makruuh. Dalam hal ini, Imam malik, syafi'i dan Ahmad yani mengusung pendapat itu. 
Pendapat itu disandarkan pada hadits ibnu abbas, nabi bersabda :" Jika engkau sholat, maka janganlah memejamkan mata".
Disanad ini ada mudallis bernama " laits bin abi saliim, sedang ia tidak tashrih bi simaak".
Beda lagi dengan dukun fiqh yang lain, mereka berpendapat bahwa memejamkan mata saat sholat itu tidak masalah. Karena haditsnya mudallas. 
Beda lagi jika hadits dari mudallis tadi dengan menggunakan sighoot tashriih, contoh :

ﻣﺜﺎﻝ ﺫﻟﻚ: ﺣﺪﻳﺚ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ اﺳﺤﺎﻕ، ﻋﻦ ﻳﻌﻘﻮﺏ ﺑﻦ ﻋﺘﺒﺔ، ﻋﻦ اﻟﺰﻫﺮﻱ، ﻋﻦ ﻋﺒﻴﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ، ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ، ﻗﺎﻟﺖ: ﺭﺟﻊ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻣﻦ اﻟﺒﻘﻴﻊ، ﻓﻮﺟﺪﻧﻲ ﻭﺃﻧﺎ ﺃﺟﺪ ﺻﺪاﻋﺎ ﻓﻲ ﺭﺃﺳﻲ. ﻭﺃﻧﺎ ﺃﻗﻮﻝ: ﻭا ﺭﺃﺳﺎﻩ. ﻓﻘﺎﻝ: ((ﺑﻞ ﺃﻧﺎ، ﻳﺎ ﻋﺎﺋﺸﺔ، ﻭا ﺭﺃﺳﺎﻩ)) ﺛﻢ ﻗﺎﻝ: ((ﻣﺎ ﺿﺮﻙ ﻟﻮ ﻣﺖ ﻗﺒﻠﻲ؛ ﻓﻘﻤﺖ ﻋﻠﻴﻚ ﻓﻐﺴﻠﺘﻚ ﻭﻛﻔﻨﺘﻚ ﻭﺻﻠﻴﺖ ﻋﻠﻴﻚ ﻭﺩﻓﻨﺘﻚ (¬1)) ) .
********
ﺟﺮﻳﺞ، ﻋﻦ ﻧﺎﻓﻊ، ﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﻣﺮﻓﻮﻋﺎ: ((ﻻ ﺗﺒﻞ ﻗﺎﺋﻤﺎ)) ﺃﺧﺮﺟﻪ اﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ (¬1) ﻭﻗﺎﻝ: ﺃﺧﺎﻑ ﺃﻥ اﺑﻦ ﺟﺮﻳﺞ ﻟﻢ ﻳﺴﻤﻊ ﻣﻦ ﻧﺎﻓﻊ ﻫﺬا اﻟﺨﺒﺮ)) (¬2) .

ﺃﺛﺮ اﻟﺘﺪﻟﻴﺲ ﻓﻲ اﺧﺘﻼﻑ اﻟﻔﻘﻬﺎء: ﺣﻜﻢ ﺗﻐﻤﻴﺾ اﻟﻌﻴﻨﻴﻦ ﻓﻲ اﻟﺼﻼﺓ
ﺫﻫﺐ ﺑﻌﺾ اﻟﻔﻘﻬﺎء اﻟﻰ ﺃﻥ ﺗﻐﻤﻴﺾ اﻟﻌﻴﻨﻴﻦ ﻓﻲ اﻟﺼﻼﺓ ﻣﻜﺮﻭﻩ.
ﻭﺑﻪ ﻗﺎﻝ ﻣﺎﻟﻚ ﻭاﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭﺃﺣﻤﺪ (¬3) .
ﻭاﻟﺤﺠﺔ ﻟﻬﻢ: ﻣﺎ ﺭﻭﻱ ﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ((اﺫا ﻗﺎﻡ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﻓﻲ اﻟﺼﻼﺓ ﻓﻼ ﻳﻐﻤﺾ ﻋﻴﻨﻴﻪ)) .
ﻗﺎﻝ اﻟﻬﻴﺜﻤﻲ: ((ﺭﻭاﻩ اﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ ﻓﻲ اﻟﺜﻼﺛﺔ، ﻭﻓﻴﻪ: ﻟﻴﺚ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﻠﻴﻢ، ﻭﻗﺪ ﻋﻨﻌﻨﻪ)) (¬4) .
ﻭﺫﻫﺐ ﺑﻌﻀﻬﻢ اﻟﻰ ﻋﺪﻡ ﻛﺮاﻫﻴﺘﻪ (¬5) .
ﺃﻣﺎ اﺫا ﺻﺮﺡ اﻟﻤﺪﻟﺲ ﺑﺎﻟﺴﻤﺎﻉ ﻓﻴﻘﺒﻞ ﺣﺪﻳﺜﻪ.
ﻣﺜﺎﻝ ﺫﻟﻚ: ﺣﺪﻳﺚ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ اﺳﺤﺎﻕ، ﻋﻦ ﻳﻌﻘﻮﺏ ﺑﻦ ﻋﺘﺒﺔ، ﻋﻦ اﻟﺰﻫﺮﻱ، ﻋﻦ ﻋﺒﻴﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ، ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ، ﻗﺎﻟﺖ: ﺭﺟﻊ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻣﻦ اﻟﺒﻘﻴﻊ، ﻓﻮﺟﺪﻧﻲ ﻭﺃﻧﺎ ﺃﺟﺪ ﺻﺪاﻋﺎ ﻓﻲ ﺭﺃﺳﻲ. ﻭﺃﻧﺎ ﺃﻗﻮﻝ: ﻭا ﺭﺃﺳﺎﻩ. ﻓﻘﺎﻝ: ((ﺑﻞ ﺃﻧﺎ، ﻳﺎ ﻋﺎﺋﺸﺔ، ﻭا ﺭﺃﺳﺎﻩ)) ﺛﻢ ﻗﺎﻝ:
¬___
(¬1) اﻻﺣﺴﺎﻥ 4/271 ﺭﻗﻢ (1423) .
(¬2) ﻭﻟﻘﺪ ﺻﺪﻕ ﻇﻦ اﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻘﺪ ﺻﺮﺡ اﺑﻦ ﺟﺮﻳﺞ، ﻭﺫﻛﺮ اﻟﺴﺎﻗﻂ. ﺭاﺟﻊ ﻣﺎ ﻛﺘﺒﻨﺎﻩ ﺻ
(¬3) اﻟﻤﻐﻨﻲ 1/662، ﻣﻐﻨﻲ اﻟﻤﺤﺘﺎﺝ 1/180.
(¬4) ﻣﺠﻤﻊ اﻟﺰﻭاﺋﺪ 2/83 ﻭﻫﻮ ﻓﻲ اﻟﻜﺒﻴﺮ (10956) ﻭاﻻﻭﺳﻂ (2239) ﻭاﻟﺼﻐﻴﺮ (24) .
(¬5) ﻛﺎﻻﻣﺎﻡ اﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﻘﺪ ﻗﺎﻝ: ((ﻭاﻷﻇﻬﺮ ﻋﻨﺪﻱ ﺟﻮاﺯﻩ)) اﻟﻤﻨﻬﺎﺝ ﻫﺎﻣﺶ ﻣﻐﻨﻲ اﻟﻤﺤﺘﺎﺝ 1/180.

Sanad yang barusan dikutip tadi permasalahan ada pada rowi mudallis bernama " Muhammad bin ishaq " sedangkan ia juga tidak tashrih kalau ia mendengar langsung. Tapi cuma bilang " Dari".
 Dari sinilah Imam baihaqi mencatat sanad ini. Hanya saja, dengan kepiawaian beliau, yang tau seluk beluk ilmu rowi yg detail, ia berpendapat bahwa sebenarnya Muhammad bin ishaq ini mendengar langsung. Maka ia ditashrih simak oleh Imam baihaqi sendiri, sehingga sanad ini dianggap sohih. 

GELANGGANG PERDEBATAN FIQH. 

💦perdebatan fiqh disini seputar hukum memandikan mayit pasangan saat salah satu meninggal.💦 
Menurut hadits diatas, jika salah satu dari suami atau istri meninggal, maka pasangan yg masih hidup boleh memandikannya. 
Perbedaan ada pada : jika yang meninggal itu istri. Ada yang berpendapat bahwa suami boleh memandikan mayat istrinya berdasarkan hadits diatas. 
Ada yang berpendapat bahwa hal tidak boleh, karena kematian itu artinya talak/ pisah / maka saudara istri otomotis bisa dinikah saat istri meninggal. Maka dari itu ia sudah tidak halal. Arti nya tidak boleh memandikan istri. Selain itu, hadits diatas juga mudallas. 

((ﻣﺎ ﺿﺮﻙ ﻟﻮ ﻣﺖ ﻗﺒﻠﻲ؛ ﻓﻘﻤﺖ ﻋﻠﻴﻚ ﻓﻐﺴﻠﺘﻚ ﻭﻛﻔﻨﺘﻚ ﻭﺻﻠﻴﺖ ﻋﻠﻴﻚ ﻭﺩﻓﻨﺘﻚ (¬1)) ) .
ﻭﻣﺪاﺭ ﻫﺬا اﻟﺤﺪﻳﺚ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ اﺳﺤﺎﻕ ﻭﻫﻮ ﻣﺪﻟﺲ (¬2) ﻭﻗﺪ ﻋﻨﻌﻦ ﻓﻲ ﺑﻌﺾ اﻟﻄﺮﻕ ﻭﺑﻬﺬا ﺃﻋﻠﻪ اﻟﺒﻴﻬﻘﻲ (¬3) ، ﻟﻜﻨﻪ ﻗﺪ ﺻﺮﺡ ﺑﺎﻟﺴﻤﺎﻉ ﻋﻨﺪ اﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻧﻔﺴﻪ (¬4) ، ﻓﺎﻧﺘﻔﺖ ﺷﺒﻬﺔ ﺗﺪﻟﻴﺴﻪ ﻓﺼﺢ ﺣﺪﻳﺜﻪ.

ﺃﺛﺮ ﺣﺪﻳﺚ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ اﺳﺤﺎﻕ ﻓﻲ اﺧﺘﻼﻑ اﻟﻔﻘﻬﺎء
اﺧﺘﻠﻒ اﻟﻔﻘﻬﺎء ﻓﻲ ﻏﺴﻞ ﺃﺣﺪ اﻟﺰﻭﺟﻴﻦ اﻵﺧﺮ، اﺫ ﺃﻥ اﻟﻔﻘﻬﺎء اﺗﻔﻘﻮا ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﻏﺴﻞ اﻟﻤﻴﺖ ﻭاﺟﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻜﻔﺎﻳﺔ اﻻ ﻣﺎ ﺣﻜﻲ ﻋﻦ ﻣﺎﻟﻚ ﻓﻲ ﺭﻭاﻳﺔ ﻋﻨﻪ ﺃﻧﻪ ﺳﻨﺔ (¬5) ، ﻭﺃﺟﻤﻌﻮا ﻋﻠﻰ ﺟﻮاﺯ ﻏﺴﻞ اﻟﻤﺮﺃﺓ ﺯﻭﺟﻬﺎ، ﻭاﺧﺘﻠﻔﻮا ﻓﻲ ﺟﻮاﺯ ﻏﺴﻞ اﻟﺮﺟﻞ ﺯﻭﺟﺘﻪ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻟﻴﻦ:
اﻟﻘﻮﻝ اﻷﻭﻝ: ﻳﺠﻮﺯ ﻟﻠﺮﺟﻞ ﻏﺴﻞ ﺯﻭﺟﺘﻪ.
ﻭﺑﺬﻟﻚ ﻗﺎﻝ ﺟﻤﻬﻮﺭ اﻟﻌﻠﻤﺎء ﻭاﻟﻴﻪ ﺫﻫﺐ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ، ﻭﺃﺣﻤﺪ ﻓﻲ اﻟﻤﺸﻬﻮﺭ ﻋﻨﻪ (¬6)
ﻭاﺳﺘﺪﻟﻮا ﺑﺤﺪﻳﺚ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ اﺳﺤﺎﻕ اﻟﺴﺎﺑﻖ.
اﻟﻘﻮﻝ اﻟﺜﺎﻧﻲ: ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻟﻠﺮﺟﻞ ﻏﺴﻞ ﺯﻭﺟﺘﻪ.
¬___
(¬1) ﺃﺧﺮﺟﻪ ﻋﺒﺪ اﻟﺮﺯاﻕ (9754) ، ﻭﺃﺣﻤﺪ 6/228، ﻭاﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ 1/470 ﺭﻗﻢ (1465) ، ﻭاﻟﻨﺴﺎﺋﻲ ﻓﻲ اﻟﻜﺒﺮﻯ (7079) ، ﻭاﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ (6586) ، ﻭاﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻓﻲ اﻟﺴﻨﻦ 3/396، ﻭﻓﻲ ﺩﻻﺋﻞ اﻟﻨﺒﻮﺓ 7/168-169.
(¬2) ﻫﻮ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ اﺳﺤﺎﻕ ﺑﻦ ﻳﺴﺎﺭ ﺻﺪﻭﻕ ﻳﺪﻟﺲ ﺗﻘﺮﻳﺐ اﻟﺘﻬﺬﻳﺐ 2/144 ﻭاﻧﻈﺮ اﻟﻜﺎﺷﻒ 2/156 ﺑﺘﺤﻘﻴﻖ اﻟﺸﻴﺦ ﻣﺤﻤﺪ ﻋﻮاﻣﺔ.
(¬3) اﻟﺴﻨﻦ اﻟﻜﺒﺮﻯ 3/396.
(¬4) ﺩﻻﺋﻞ اﻟﻨﺒﻮﺓ 7/168- ﻭ 169 ﻭﻛﺬﻟﻚ ﺻﺮﺡ ﻋﻨﺪ اﺑﻦ ﻫﺸﺎﻡ ﻓﻲ اﻟﺴﻴﺮﺓ اﻟﻨﺒﻮﻳﺔ 4/292.
(¬5) اﻟﺸﺮﺡ اﻟﻜﺒﻴﺮ 2/309، ﺣﺎﺷﻴﺔ اﻟﺪﺳﻮﻗﻲ 1/407، ﻧﻴﻞ اﻻﻭﻃﺎﺭ 4/23، ﺷﺮﺡ اﻟﺴﻨﺔ 5/310.
(¬6) اﻟﻤﻐﻨﻲ 2/298، اﻟﻤﺠﻤﻮﻉ 5/119، ﺷﺮﺡ اﻟﺴﻨﺔ 5/310.

---------------------------------
ﻭﻫﻮ ﻣﺮﻭﻱ ﻋﻦ ﺑﻌﺾ اﻟﺴﻠﻒ.
ﻭﺑﻪ ﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭﻫﻮ ﺭﻭاﻳﺔ ﻋﻦ ﺃﺣﻤﺪ (¬1) .
ﻭﻛﺄﻧﻬﻢ ﻟﻢ ﻳﺄﺧﺬﻭا ﺑﺤﺪﻳﺚ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ اﺳﺤﺎﻕ ﻟﻌﻨﻌﻨﺘﻪ ﻟﻪ ﻓﻲ ﺑﻌﺾ اﻟﻄﺮﻕ.
ﻭاﺣﺘﺠﻮا ﺑﺄﻥ اﻟﻤﻮﺕ ﻓﺮﻗﺔ ﺗﺒﻴﺢ اﺧﺘﻬﺎ ﻭﺃﺭﺑﻌﺎ ﺳﻮاﻫﺎ؛ ﻓﺤﺮﻣﺖ اﻟﻨﻈﺮ ﻭاﻟﻠﻤﺲ ﻛﺎﻟﻄﻼﻕ (¬2) .

اﻟﺼﻮﺭﺓ اﻟﺜﺎﻟﺜﺔ: اﻻﺭﺳﺎﻝ اﻟﺨﻔﻲ
ﺗﻌﺮﻳﻔﻪ: ﻋﺮﻓﻪ اﻟﺤﺎﻓﻆ اﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﺑﺄﻧﻪ: ((ﻣﺎ ﺭﻭاﻩ اﻟﺮاﻭﻱ ﺑﺼﻴﻐﺔ ﻣﺤﺘﻤﻠﺔ ﻋﻤﻦ ﻋﺎﺻﺮﻩ ﻭﻟﻢ ﻳﻌﺮﻑ
¬___
(¬1) ﺑﺪاﺋﻊ اﻟﺼﻨﺎﺋﻊ 1/305، اﻟﻤﻐﻨﻲ 2/398، اﻟﻤﺠﻤﻮﻉ 5/119، ﺷﺮﺡ اﻟﺴﻨﺔ 5/310.
(¬2) اﻟﻤﻐﻨﻲ 2/298.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Alfiyah "Bab Waqaf"

Kajian Alfiyah Ibn Malik "Imalah"

Kajian Alfiyah "Cara Membentuk Isim Maqshur/Mamdud menjadi Tasniyah-Jamak"