Kajian Qiraati "Ha Kinayah"
إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم واله واصحابه واتباعه وإلى حضرة جميع مشايخنا ومعلمينا وإلى جميع مؤلفي الكتب التي تعلمناها وعلمناها خصوصا الي :
اهل سلسلة القرأن ,
Simbah agus, keluarga, anak turunku, Semua yg ikhlas berbagi ilmu, Semoga selalu dalam rahmad berkah Alloh di dunia dan akhirat, Ila yaumil qiyamah wa husnul khotimah. اهل سلسلة القرأن ,
الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
هاء الكــناية
Ha kinayah
Ha kinayah
لابن عامر في هاء الكناية ما لحفص فيها حيث يصل الهاء المضمومة بواو، والمكسورة بياء. وذلك إذا وقعتا بين متحركين، نحو:(جاءه، له، أجره)
"Imam ibnu amir dlam pembacaan ha kinayah sama sperti pembcaan imam hafs yaitu dengan membca silah ha dlommah dengan wawu, ha' kasroh dngan ya', yg sprti itu ketika jatuh di antara dua harokat"
نحو:(جاءه، له، أجره)
بخلاف هشام في الكلمات الآتية : (يؤده – آل عمران)(نؤته – آل عمران وشورى)(نوله ونصله – النساء)(ويتقه – النور)(فالقه إليهم – النمل) فله فيها وجهان: المد والقصر.
"Namun berbeda dngan salah satu rowi ibnu amir yaitu imam hisyam dlam kalimat2 yg dsebutkan di atas imam hisyam membca dua wajah yaitu mad dan qosr"
وأما فى لفظ (يرضه لكم – الزمر) فروي عن هشام بإسكان الهاء وبضمها مع القصر. أما ابن ذكوان في(يرضه لكم) فبضم الهاء مع المد.
"Adapun untuk kalimat yg di dalam kurung, diriwayatkan oleh imam hisyam dengan membca sukunny ha dan dlommahny ha serta qosr. Adapun ibnu dzakwan dlm kalimat tsb membca dengan dlommahny ha dsertai mad"
إسـكان الهاء وصـلا ووقـفـا
"Sukun ha dlam keadaan wasl dan waqf"
روي عن هشام في لفظ (خيرا يره ، وشرا يره – الزلزلة) بإسكان الهاء وصلا ووقفا، بخلاف ابن ذكوان فإنه يضمها وصلا، وأسكنها وقفا كسائر القراء.
"Diriwayatkan oleh imam hisyam dlam lafadz yg di dalam kurung dngan membca sukun ha' baik wasl maupun waqf, berbeda dengan imam ibnu dzakwan yg membca dlommah ketika wasl dan mensukunkan ha ketika waqf sprti para qurro' yg lain"
وأما لفظ (أرجه – تقرأ- أرجئه، بهمزة ساكنة بين الجيم والهاء) فروي عن هشام ضم الهاء مع صلتها بواو، وروي عن ابن ذكوان بكسر الهاء من دون صلة.
"Adapun untuk lafadz di atas ( ارجه dibca ارجئه dengan mensukun hamzah antara ha dan jim), diriwayatkan oleh imam hisyam dengan membca dlommah ha disertai dengan shilah (dengan wawu) dan diriwayatkan oleh ibnu dzakwan dengan kasroh ha tanpa dsertai silah"
قرأ ابن عامر – يشتمل على هشام وابن ذكوان –(وماأنسانيه إلا – في الكهف)(وعليه الله – الفتح) بكسر الهاء فيهما.
Dan dalam lafadz yg di dalam kurung sbgmana di surat alkahfi dan alfath.....imam ibnu amir yg di dalamny ada imam hisyam dan imam ibnu dzakwan dengan membca kasroh hruf ha'ny
Komentar
Posting Komentar