Kajian Hadits "Tentang Nasikh dan Mansukh"

📖Taisir Mustolah Al Hadits - Mahmud Tohhan
Halaman 73

Masih tentang muhkam dan mukhtalaful hadits. Ilmu ini termasuk bagian ilmu hadits yang paling penting karena seluruh ulama harus mengetahuinya. Yang mampu menguasainya hanyalah para ulama yang mampu menggabungkan antara ilmu hadits, ilmu fikih dan ushul fikih. Ilmu ini akan menyingkap siapa orang yang benar-benar berilmu dan siapa yang hanya "sok tau".
👉Beberapa kitab referensi tentang masalah ini:
  1.  _Ikhtilāful Hadīts_ karangan Imam Syafi'i.
  2. _Ta'wīl Mukhtalafil Hadīts_ karangan Ibnu Qutaibah Ad Dinawari.
  3. _Musykilul Ātsār_ karangan At Thahawi.
*المحكم ومختلف الحديث*
٦- أهميته ومن يَكمُلُ له:
هذا العلم من أهم علوم الحديث؛ إذ يضطر إلى معرفته جميع العلماء، وإنما يكمل له ويمهر فيه الأئمة الجامعون بين الحديث والفقه، والأصوليون الغواصون على المعاني الدقيقة، وهؤلاء هم الذين لا يشكل عليهم منه إلا النادر.
وتعارض الأدلة قد شغل العلماء، وفيه ظهرت موهبتهم ودقة فهمهم، وحسن اختيارهم. كما زلت فيه أقدام من خاض غماره من بعض المتطفلين على موائد العلماء.
٧- أشهر المصنفات فيه:
أ- اختلاف الحديث: للإمام الشافعي، وهو أول من تكلم وصنف فيه.
ب- تأويل مختلف الحديث: لابن قتيبة الدينوري.
ج- مشكل الآثار: للطحاوي، أبي جعفر أحمد بن سلامة.
👉*2. Hadits Nasikh dan Mansukh*
Definisi
Secara bahasa, naskh memiliki dua makna: 
  1. menghapus/menghilangkan
  2. menyalin/memindahkan.Secara istilah, naskh artinya mengganti hukum lama dengan hukum baru.
Urgensinya:
Az Zuhri mengatakan, "Ilmu naskh ini telah membuat para ahli fikih lelah dan lemah." Di antara tokoh ahli dalam bidang ini adalah Imam Syafi'i. Imam Ahmad bertanya kepada Ibnu Waroh yang baru saja datang dari Mesir, "Apakah kamu telah menyalin kitab-kitab Syafi'i." Ibnu Waroh menjawab, "tidak." Imam Ahmad membalas, "Kamu telah rugi. Kami dulu tidak paham apa itu mujmal-mufassar dan nasikh-mansukh sampai kami duduk dengan Syafi'i (baru paham)."
٢- ناسخ الحديث ومنسوخه:
١- تعريف النسخ:
أ- لغة: له معنيان: الإزالة. ومنه: نسخت الشمس الظل. أي أزالته.
والنقل، ومنه: نسخت الكتاب، إذا نقلت ما فيه. فكأن الناسخ قد أزال المنسوخ، أو نقله إلى حكم آخر.
ب- اصطلاحا: رفع الشارع حكما منه متقدما بحكم منه متأخر١.
٢- أهميته وصعوبته، وأشهر المبرزين فيه:
معرفة ناسخ الحديث من منسوخه علم مهم صعب، فقد قال الزهري: "أعيا الفقهاء وأعجزهم أن يعرفوا ناسخ الحديث من منسوخه".
وأشهر المبرزين فيه هو الإمام الشافعي. فقد كانت له فيه اليد الطولى، والسابقة الأولى. قال الإمام أحمدُ لابن وارة -وقد قدم من مصر: كتبت كتب الشافعي؟ قال: لا، قال: فرطت؛ ما علمنا المجمل من المفسر، ولا ناسخ الحديث من منسوخه حتى جالسنا الشافعي.
١ علوم الحديث، ص٢٧٧.
👉*Cara mengetahui Nasikh dan Mansukh*
Ada beberapa cara:
  1. Penegasan langsung dari Rasulullah SAW. Misalnya hadits Buraidah tentang ziarah kubur, "Dulu aku melarang kalian ziarah kubur. Sekarang berziarahlah kalian." (HR. Muslim)
  2. Perkataan sahabat. Misalnya hadits Jabir bin Abdillah, "Dahulu ketetapan yang paling akhir adalah tidak wajib wudhu karena makanan yang disentuh (dibakar) api." (HR. Empat)
  3. Sejarah. Misalnya hadits Syaddad bin Aus, "Orang yang berbekam batal puasanya." Dihapus oleh hadits Ibnu Abbas, "Dahulu Rasulullah SAW berbekam ketika sedang berpuasa." Hadits Syaddad disampaikan ketika Fathu Makkah sedangkan hadits Ibnu Abbas disampaikan ketika Haji Wada.
  4. Ijma. Misalnya hadits tentang peminum khomr, "Orang yang meminum khomr, cambuklah. Kalau masih mengulanginya lagi sampai empat kali, bunuhlah."
٣- بم يعرف الناسخ من المنسوخ؟
يعرف ناسخ الحديث من منسوخه بأحد هذه الأمور:
أ- بتصريح رسول الله صلى الله عليه وسلم: كحديث بريدة في صحيح مسلم: "كنت نهيتكم عن زيارة القبور، فزوروها؛ فإنها تذكر الآخرة" ١.
ب- بقول صحابي: كقول جابر بن عبد الله رضي الله عنه: "كان آخر الأمرين من رسول الله صلى الله عليه وسلم ترك الوضوء مما مست النار"٢. أخرجه أصحاب السنن.
جـ- بمعرفة التاريخ: كحديث شداد بن أوس مرفوعا: "أفطر الحاجم والمحجوم" ٣؛ نسخ بحديث ابن عباس "أن النبي صلى الله عليه وسلم احتجم وهو محرم، واحتجم وهو صائم"٤؛ فقد جاء في بعض طرق حديث شداد أن ذلك كان زمن الفتح، وأن ابن عباس صحبه في حجة الوداع.
د- دلالة الإجماع: كحديث: "من شرب الخمر فاجلدوه، فإن عاد في الرابعة فاقتلوه" ٥.
١ رواه مسلم، كتاب الأضاحي، حديث ٣٧، بنحوه.
٢ رواه أبو داود، كتاب الطهارة، حديث ١٩٢.
٣ رواه أبو داود كتاب الصوم، حديث ٢٣٦٩.
٤ أخرجه البخاري، كتاب الصوم: ٤/ ١٧٤، حديث ١٩٣٨.
٥ رواه أبو داود، كتاب الحدود، حديث ٤٤٨٤.
Imam Nawawi mengatakan, "Ijma menunjukkan bahwa hadits tersebut telah dihapus." Bukan ijma yang menghapusnya. Ijma hanya menunjukkan adanya penghapusan hukum itu.
👉Beberapa karya populer tentang tema ini:
  1. _Al I'tibār_ karangan Abu Bakr Al Hazimi.
  2. An Nāsikh wal Mansūkh_ karangan Imam Ahmad.
  3.  _Tajrīd Ahādītsil Mansūkhah_ karangan Ibnul Jauzi.
قال النووي: "دل الإجماع على نسخه".
والإجماع لا يَنسَخ، ولا يُنسخ، ولكن يدل على ناسخ.
٤- أشهر المصنفات فيه:
أ- الاعتبار في الناسخ والمنسوخ من الآثار، لأبي بكر محمد بن موسى الحازمي.
ب- الناسخ والمنسوخ، للإمام أحمد.
ج- تجريد الأحاديث المنسوخة، لابن الجوزي.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Alfiyah "Bab Waqaf"

Kajian Alfiyah Ibn Malik "Imalah"

Kajian Alfiyah "Cara Membentuk Isim Maqshur/Mamdud menjadi Tasniyah-Jamak"