Kajian Hadits "Tentang Inqithok"

إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح :
Syeikh mahir yasin, Simbah Agus, Orang tua, keluarga dan Anak turunku, Warih firdausi , semua yang aktif berbagi ilmu, Semoga selalu dalam Rahmat Alloh di dunia dan akhirat, ilaa yaumil qiyamah wa husnul khotimah,
الفاتحة:
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
Aamiin.

Masalah hadits inqithok, itu macam macam bentuk namanya, sesuai dmn tempat ia terputus. Jika dimulai diawal sanad( dr pengarang musnad), mk namanya muallaq.
ﻭاﻻﻧﻘﻄﺎﻉ ﻓﻲ ﺳﻨﺪ اﻟﺤﺪﻳﺚ اﻟﻨﺒﻮﻱ ﻳﺸﻤﻞ ﻋﺪﺓ اﻧﻮاﻉ ﺣﺴﺐ ﻣﻮﺿﻊ اﻻﻧﻘﻄﺎﻉ:
ﻓﺎﺫا ﻛﺎﻥ اﻻﻧﻘﻄﺎﻉ ﻣﻦ ﺃﻭﻝ اﻟﺴﻨﺪ ﺳﻤﻲ ﻣﻌﻠﻘﺎ
Jika diakhir sanad( dekat dg nabi) mk namanya mursal.
ﻭاﺫا ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﺁﺧﺮ اﻟﺴﻨﺪ ﺳﻤﻲ ﻣﺮﺳﻼ
Jika satu, ada di tengah tengah, scara spesifik namanya munqothik.
ﻭاﺫا ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﻭﺳﻄﻪ، ﻭﻛﺎﻥ اﻟﺴﺎﻗﻂ ﻭاﺣﺪا ﺳﻤﻲ ﻣﻨﻘﻄﻌﺎ
Jika dua berturut turut di tengah (??)namanya muaddzol.
ﻭاﺫا ﺗﻮاﻟﻰ ﺳﻘﻮﻁ ﺭﺟﻠﻴﻦ ﻣﻦ ﻭﺳﻂ اﻻﺳﻨﺎﺩ ﺳﻤﻲ ﻣﻌﻀﻼ. (
Mursal khofi itu intinya, ia pernah bertemu atau pernah dengar( guru murit), cm kebetulan hadits yg ia bawa itu pas ia gk dengar dr gurunya itu, gus. Dibawakan dg sighot yg seakan ia dengar.
اﺻﻄﻼﺣﺎ: ﺃﻥ ﻳﺮﻭﻱ اﻟﺮاﻭﻱ ﻋﻤﻦ ﻟﻘﻴﻪ، ﺃﻭ ﻋﺎﺻﺮﻩ، ﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﺴﻤﻊ ﻣﻨﻪ، ﺑﻠﻔﻆ ﻳﺤﺘﻤﻞ اﻟﺴﻤﺎﻉ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻛـ "ﻗﺎﻝ"1.
2- ﻣﺜﺎﻟﻪ:
ﻣﺎ ﺭﻭاﻩ اﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ ﻣﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻌﺰﻳﺰ، ﻋﻦ ﻋﻘﺒﺔ ﺑﻦ ﻋﺎﻣﺮ ﻣﺮﻓﻮﻋﺎ: "ﺭﺣﻢ اﻟﻠﻪ ﺣﺎﺭﺱ اﻟﺤﺮﺱ"2؛ ﻓﺈﻥ ﻋﻤﺮ ﻟﻢ ﻳﻠﻖ ﻋﻘﺒﺔ، ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ اﻟﻤﺰﻱ ﻓﻲ اﻷﻃﺮاﻑ.
Secara umum, baik muadzol, muallaq, mursal itu y masuk munqothik. Kyak materi diatas. Mk mursal khofipun dianggap munqothik jg.
ﻫﻮ ﺿﻌﻴﻒ؛ ﻷﻧﻪ ﻣﻦ ﻧﻮﻉ اﻟﻤﻨﻘﻄﻊ، ﻓﺈﺫا ﻇﻬﺮ اﻧﻘﻄﺎﻋﻪ، ﻓﺤﻜﻤﻪ ﺣﻜﻢ اﻟﻤﻨﻘﻄﻊ.
Jika ada dua orang jatuh dr satu sanad, mk identifikasi nya ada dua nama keterputusan.
ﻭاﺫا ﺳﻘﻂ ﺭﺟﻼﻥ ﻻ ﻋﻠﻰ اﻟﺘﻮاﻟﻲ؛ ﻳﻜﻮﻥ اﻟﺴﻨﺪ ﻣﻨﻘﻄﻌﺎ ﻓﻲ ﻣﻮﺿﻌﻴﻦ.
Ada juga bentuk dzohir sanad itu muttashil, cm krn ditemukan ada rowi berpenyakit kudis tadlis, mk bisa juga kenyataan nya ia terputus.
ﻭﻗﺪ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻲ اﻻﺳﻨﺎﺩ ﻣﺪﻟﺲ ﻟﻢ ﻳﺼﺮﺡ ﺑﺎﻟﺴﻤﺎﻉ؛ ﻓﻴﺨﺸﻰ ﺳﻘﻮﻁ ﺭﺟﻞ ﻓﻠﻪ ﺣﻜﻢ اﻻﻧﻘﻄﺎﻉ.
Atau juga memang sanadnya benar-benar muttashil, cm karena ada rowi yg gak jelas jati dirinya, ia seorang dosen atau tukang ngedos, mk sebagian ulama ada yg memasukkannya sebagaimana inqithok.
ﻭﻋﺪ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻭﺟﻮﺩ ﺭﺟﻞ ﻣﺒﻬﻢ ﻓﻲ اﻻﺳﻨﺎﺩ اﻧﻘﻄﺎﻋﺎ
Bentuk dzoif itu juga bertingkat tingkat. Ada yg sekedar dzoiif, ada yg sangat akut dzoifnya. Tentu dzoif diakhir sanad lebih bisa ditolerir dr pd dzoif di awal, atau ditengah. Jatuhnya kredibilitas seorang rowi, tentu lebih dimaafkan dr pd dua rowi. Bgt pula yg terkenal mentadlis dari hanya yg tsiqoh, tidak mengapa jika dibandingkan yg suka tadlis dr yg dzoif.
ﻭاﻟﻤﻨﻘﻄﻌﺎﺕ ﻟﻴﺴﺖ ﻋﻠﻰ ﺩﺭﺟﺔ ﻭاﺣﺪﺓ ﻣﻦ اﻟﻀﻌﻒ: ﻓﻤﻨﻬﺎ اﻟﻀﻌﻴﻒ، ﻭﻣﻨﻬﺎ: ﻣﺎ ﻫﻮ ﺃﺷﺪ ﺿﻌﻔﺎ؛ ﻓﺎﻻﻧﻘﻄﺎﻉ ﺁﺧﺮ اﻟﺴﻨﺪ ﺃﻳﺴﺮ ﻣﻦ اﻻﻧﻘﻄﺎﻉ ﻓﻲ ﺃﻭﻟﻪ ﺃﻭ ﻭﺳﻄﻪ،
ﻭاﺫا ﻛﺎﻥ اﻟﺴﺎﻗﻂ ﻭاﺣﺪا ﺃﻳﺴﺮ ﻣﻦ ﺳﻘﻮﻁ اﺛﻨﻴﻦ، ﻭﺗﺪﻟﻴﺲ (¬1)
ﻣﻦ ﻳﺪﻟﺲ ﻋﻦ اﻟﺜﻘﺎﺕ ﺃﻳﺴﺮ ﻣﻦ اﻟﺬﻱ ﻳﺪﻟﺲ ﻋﻦ اﻟﻀﻌﻔﺎء.
💞Dibawah ini ada 7 macam jenis inqithok.
ﻭﺳﻮﻑ ﺃﺗﻜﻠﻢ ﻋﻦ اﻻﻧﻘﻄﺎﻉ ﻓﻲ ﺳﺒﻌﺔ ﺃﻧﻮاﻉ، ﻭﻋﻠﻰ اﻟﻨﺤﻮ اﻵﺗﻲ:
👉1. Hadits muallaq, yaitu jatuhnya seorang rowi di awal sanad, atau lebih dr satu.
اﻟﻨﻮﻉ اﻷﻭﻝ ﻣﻦ ﺃﻧﻮاﻉ اﻻﻧﻘﻄﺎﻉ: اﻟﺘﻌﻠﻴﻖ
اﻟﺤﺪﻳﺚ اﻟﻤﻌﻠﻖ: - ﻫﻮ ﻣﺎ ﺣﺬﻑ ﻣﻦ ﻣﺒﺪﺃ اﺳﻨﺎﺩﻩ ﻭاﺣﺪ ﺃﻭ ﺃﻛﺜﺮ

Hadits muallaq yaitu jatuh nya seorang rowi diawal sanad, bahkan hingga kesemuanya jatuh.
ﻓﺎﻟﺤﺪﻳﺚ اﻟﻤﻌﻠﻖ ﻫﻮ: ﻣﺎ ﺣﺬﻑ ﻣﻦ ﻣﺒﺪﺃ اﺳﻨﺎﺩﻩ ﺭاﻭ ﺃﻭ ﺭاﻭﻳﺎﻥ ﺃﻭ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻭ ﺟﻤﻴﻊ اﻻﺳﻨﺎﺩ

Baik satu, atau dua, atau semua, namanya tetap hadits muallaq.
ﻛﻞ ﺫﻟﻚ ﻳﺴﻤﻰ ﻣﻌﻠﻘﺎ.

Dalam sohih bukhori, hadits muallaq ini juga buanyak.
ﻭﻗﺪ ﻋﻠﻖ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ - ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ - ﺟﻤﻠﺔ ﻣﻦ اﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻪ اﻟﺼﺤﻴﺢ

Hadits muallaq bukhori tadi telah disambungkan oleh ibnu hajar dlm kitab taghliiq, dan diringkas lagi di muqaddimah fathul baary.
ﻭﻗﺪ ﻭﺻﻠﻬﺎ اﻟﺤﺎﻓﻆ اﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻪ ﺗﻐﻠﻴﻖ اﻟﺘﻌﻠﻴﻖ، ﻭﻟﺨﺼﻪ ﻓﻲ ﻣﻘﺪﻣﺔ اﻟﻔﺘﺢ

Masalah hadits muallaq bukhori ini, ibnu hajar juga menukil apa adanya dr ibnu sholah, bahwa beberapa muallaq ini sudah ada sambungannya di kitab bukhori yg lain.
ﻭﻗﺪ ﺗﻜﻠﻢ اﻟﺤﺎﻓﻆ ﻧﻔﺴﻪ ﻋﻦ ﺗﻌﺎﻟﻴﻖ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻓﻲ ﻧﻜﺘﻪ ﻋﻠﻰ اﺑﻦ اﻟﺼﻼﺡ (¬2) ﺑﻤﺎ ﻻ ﻣﺰﻳﺪ ﻋﻠﻴﻪ ﻓﻘﺎﻝ: ((ﺃﻗﺴﺎﻡ اﻟﺘﻌﻠﻴﻖ ﻋﻨﺪ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ
ﻣﻨﻬﺎ ﻣﺎ ﻳﻮﺟﺪ ﻓﻲ ﻣﻮﺿﻊ ﺁﺧﺮ ﻣﻦ ﻛﺘﺎﺑﻪ

Masih bahas hadis muallaq dalam bukhori.
👉2. Andai hadits muallaq itu dengan menggunakan sighot tamrid, andai tidak ditemukan sanadnya dikitab kitab yg lain, mk sangat sedikit sekali yg sekira tidak memenuhi sarat bukhori yg sudah ia tetapkan untuk standar jamik sohihnya.
ﺃﻣﺎ اﻟﺜﺎﻧﻲ: ﻭﻫﻮ اﻟﻤﻌﻠﻖ ﺑﺼﻴﻐﺔ اﻟﺘﻤﺮﻳﺾ ﻣﻤﺎ ﻟﻢ ﻳﻮﺭﺩﻩ ﻓﻲ ﻣﻮﺿﻊ ﺁﺧﺮ ﻓﻼ ﻳﻮﺟﺪ ﻓﻴﻪ ﻣﺎ ﻳﻠﺘﺤﻖ ﺑﺸﺮﻃﻪ اﻻ ﻣﻮاﺿﻊ ﻳﺴﻴﺮﺓ،
 
Adapun alasan penggunaan sighot tamrid ini, karena periwayatan dalam bentuk maknanya saja.
ﻭﻗﺪ ﺃﻭﺭﺩﻫﺎ ﺑﻬﺬﻩ اﻟﺼﻴﻐﺔ ﻟﻜﻮﻧﻪ ﺫﻛﺮﻫﺎ ﺑﺎﻟﻤﻌﻨﻰ،
 
Jika ia masuk bentuk hadits shohih sesuai syarat bukhori, dibuat dalam bentuk muallaq + sighot tamriid itu bisa karena tidak ada sanad yg didalamnya rijal sesuai syarat bukhori atau karena ada alasan yg lain.
ﻭﻓﻴﻪ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺻﺤﻴﺢ، ﻭاﻥ ﺗﻘﺎﻋﺪ ﻋﻦ ﺷﺮﻃﻪ اﻣﺎ:
ﻟﻜﻮﻧﻪ ﻟﻢ ﻳﺨﺮﺝ ﻟﺮﺟﺎﻟﻪ ﺃﻭ ﻟﻮﺟﻮﺩ ﻋﻠﺔ ﻓﻴﻪ ﻋﻨﺪﻩ،
 
Meski begitu, harus diakui juga didalamnya ada yg hadits hasan, bahkan juga dhoif.
ﻭﻣﻨﻪ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺣﺴﻦ، ﻭﻣﻨﻬﺎ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺿﻌﻴﻒ ﻭﻫﻮ ﻋﻠﻰ ﻗﺴﻤﻴﻦ: ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ: ﻣﺎ ﻳﻨﺠﺒﺮ ﺑﺄﻣﺮ ﺁﺧﺮ، ﻭﺛﺎﻧﻴﻬﻤﺎ: ﻣﺎ ﻻ ﻳﺮﺗﻘﻲ ﻋﻦ ﻣﺮﺗﺒﺔ اﻟﻀﻌﻴﻒ))
 
☝. Adapun yg dzoif bisa jadi diangkat kualitasnya dg hal hal yg lain, atau bahkan ada yg memang benar-benar dzoif. 
Menurut al Irooqy: jika hadits muallaq dalam sohih bukhori itu disebut dengan sighot jazm, dan melalui guru bukhori, maka dianggap bukan termasuk bagian hadits muallaq, tapi dianggap hadits muttashil dengan sighot mua'an'an.
ﺃﻣﺎ ﺫﻛﺮﻩ ﻋﻦ ﺷﻴﻮﺧﻪ: ﻓﻘﺪ ﻗﺎﻝ اﻟﻌﺮاﻗﻲ -ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ-: ((ﺃﻣﺎ ﻣﺎ ﻋﺰاﻩ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ اﻟﻰ ﺑﻌﺾ ﺷﻴﻮﺧﻪ ﺑﺼﻴﻐﺔ اﻟﺠﺰﻡ ﻛﻘﻮﻟﻪ: ﻗﺎﻝ ﻓﻼﻥ ﻭﺯاﺩ ﻓﻼﻥ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ﻓﻠﻴﺲ ﺣﻜﻤﻪ ﺣﻜﻢ اﻟﺘﻌﻠﻴﻖ ﻋﻦ ﺷﻴﻮﺥ ﺷﻴﻮﺧﻪ ﻭﻣﻦ ﻓﻮﻗﻬﻢ ﺑﻞ ﺣﻜﻤﻪ ﺣﻜﻢ اﻻﺳﻨﺎﺩ اﻟﻤﻌﻨﻌﻦ،
 
Tentu saja harus dianggap sesuai standar liqo dan selamat dari tadlis. Adapun amannya hal itu sudah pasti, karena memang itu kaidah bukhori.
ﻭﺣﻜﻤﻪ اﻻﺗﺼﺎﻝ، ﺑﺸﺮﻁ ﺛﺒﻮﺕ اﻟﻠﻘﺎء ﻭاﻟﺴﻼﻣﺔ ﻣﻦ اﻟﺘﺪﻟﻴﺲ، ﻭاﻟﻠﻘﺎء ﻓﻲ ﺷﻴﻮﺧﻪ ﻣﻌﺮﻭﻑ، ﻭاﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﺳﺎﻟﻢ ﻣﻦ اﻟﺘﺪﻟﻴﺲ ﻓﺎﻥ ﺣﻜﻤﻪ اﻻﺗﺼﺎﻝ))
 
 ☝. Jadi hukumnya dianggap hadits yg bersambung sanadnya.
Beda lagi dengan bukhori, dalam sohih muslim justru cuma sedikit yg teridentifikasi sebagai hadits muallaq. Konon cm sekitar : 12 hadits muallaq saja.
ﺃﻣﺎ اﻟﺘﻌﻠﻴﻖ ﻋﻨﺪ اﻻﻣﺎﻡ ﻣﺴﻠﻢ: ﻓﻘﻠﻴﻞ ﺟﺪا ﺟﻌﻠﻪ اﻟﺤﺎﻓﻆ اﺑﻦ ﺣﺠﺮ اﺛﻨﻲ ﻋﺸﺮ ﺣﺪﻳﺜﺎ
💢Sebagai penutup, perlu diingat bahwa;
Hadits muallaq dalam sohih bukhori, jika menggunakan sighot jazm, hal itu dianggap hadits shohih sebagaimana sarat bukhori. Ini kaidah yg disematkan oleh jumhur ulama mengenai kehebatan bukhori.
ﻭﻗﺪ ﺗﺒﻴﻦ ﻣﻤﺎ ﺫﻛﺮﻧﺎﻩ:
ﺃﻥ ﻣﻌﻠﻘﺎﺕ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﺑﺼﻴﻐﺔ اﻟﺠﺰﻡ ﺗﻌﺪ ﺻﺤﻴﺤﺔ اﻟﻰ ﻣﻦ ﻋﻠﻖ اﻟﻴﻪ، ﻫﺬا ﻣﺎ اﺳﺘﻘﺮ ﻋﻠﻴﻪ اﻷﻣﺮ ﻋﻨﺪ ﺟﻤﻬﻮﺭ اﻟﻌﻠﻤﺎء.
Barakallah lanaa wa lakum.

Halaman : 56..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Alfiyah "Bab Waqaf"

Kajian Alfiyah Ibn Malik "Imalah"

Kajian Alfiyah "Cara Membentuk Isim Maqshur/Mamdud menjadi Tasniyah-Jamak"