Kajian Lintas Madhab "Timer Usap Khuff"

إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح :
Ibnu rusyd, Simbah Agus, Orang tua, keluarga dan Anak turunku, Warih firdausi , semua yang aktif berbagi ilmu, Semoga selalu dalam Rahmat Alloh di dunia dan akhirat, ilaa yaumil qiyamah wa husnul khotimah,
الفاتحة:
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
Aamiin.
Untuk pahami bahasa ketuhanan, kyaknya lebih Bagus dg menganalogikan bahasa " energi ".Ah, masalah kafir mengkafirkan aku gak ikutan. Emang diri ini masih terlalu bnyk kafirnya pd gusty.

👉 Masalah timer berhubungan dg usap khuff, ini juga ulama berbeda beda.
Menurut Imam malik, tidak ada timer masalah khuff ini. Asal belum pernah dicopot atau junub, ya tetep berlaku.
اﻟﻤﺴﺄﻟﺔ اﻟﺨﺎﻣﺴﺔ ﻭﺃﻣﺎ اﻟﺘﻮﻗﻴﺖ ﻓﺈﻥ اﻟﻔﻘﻬﺎء ﺃﻳﻀﺎ اﺧﺘﻠﻔﻮا ﻓﻴﻪ، ﻓﺮﺃﻯ ﻣﺎﻟﻚ ﺃﻥ ﺫﻟﻚ ﻏﻴﺮ ﻣﺆﻗﺖ، ﻭﺃﻥ ﻻﺑﺲ اﻟﺨﻔﻴﻦ ﻳﻤﺴﺢ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﻨﺰﻋﻬﻤﺎ ﺃﻭ ﺗﺼﻴﺒﻪ ﺟﻨﺎﺑﺔ ;
Sedang menurut syafi'i dan hanafi, ada timernya.
ﻭﺫﻫﺐ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭاﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﺫﻟﻚ ﻣﺆﻗﺖ.
Penyebab perbedaan diawali dr ketiga hadits dibawah ini:
ﻭاﻟﺴﺒﺐ ﻓﻲ اﺧﺘﻼﻓﻬﻢ: اﺧﺘﻼﻑ اﻵﺛﺎﺭ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ، ﻭﺫﻟﻚ ﺃﻧﻪ ﻭﺭﺩ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﺣﺎﺩﻳﺚ:
Hadits : musafir itu tiga hari, mk tentu boleh tidak dicopot khuffnya hingga tiga hari, krn masuh terbilang masa perjalanan.
ﺃﺣﺪﻫﺎ ﺣﺪﻳﺚ ﻋﻠﻲ ﻋﻦ اﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ: «ﺟﻌﻞ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻭﻟﻴﺎﻟﻴﻬﻦ ﻟﻠﻤﺴﺎﻓﺮ ﻭﻳﻮﻣﺎ ﻭﻟﻴﻠﺔ ﻟﻠﻤﻘﻴﻢ» ﺧﺮﺟﻪ ﻣﺴﻠﻢ.
Hadits yg ini justru lebih spesifik, boleh usap khuff hingga 7 hari.
ﻭاﻟﺜﺎﻧﻲ ﺣﺪﻳﺚ ﺃﺑﻲ ﺑﻦ ﻋﻤﺎﺭﺓ " ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ: «ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺃﺃﻣﺴﺢ ﻋﻠﻰ اﻟﺨﻒ؟ ﻗﺎﻝ: ﻧﻌﻢ، ﻗﺎﻝ: ﻳﻮﻣﺎ؟ ﻗﺎﻝ: ﻧﻌﻢ، ﻭﻳﻮﻣﻴﻦ؟ ﻗﺎﻝ: ﻧﻌﻢ، ﻗﺎﻝ: ﻭﺛﻼﺛﺔ؟ ﻗﺎﻝ ﻧﻌﻢ ﺣﺘﻰ ﺑﻠﻎ ﺳﺒﻌﺎ، ﺛﻢ ﻗﺎﻝ: اﻣﺴﺢ ﻣﺎ ﺑﺪا ﻟﻚ» ﺧﺮﺟﻪ ﺃﺑﻮ ﺩاﻭﺩ ﻭاﻟﻄﺤﺎﻭﻱ.
Hadits ketiga ini juga boleh hingga tiga hari.
ﻛﻨﺎ ﻓﻲ ﺳﻔﺮ ﻓﺄﻣﺮﻧﺎ ﺃﻥ ﻻ ﻧﻨﺰﻉ ﺧﻔﺎﻓﻨﺎ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻭﻟﻴﺎﻟﻴﻬﻦ ﺇﻻ ﻣﻦ ﺟﻨﺎﺑﺔ، ﻭﻟﻜﻦ ﻣﻦ ﻧﻮﻡ ﺃﻭ ﺑﻮﻝ ﺃﻭ ﻏﺎﺋﻂ»

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Alfiyah "Bab Waqaf"

Kajian Alfiyah Ibn Malik "Imalah"

Kajian Alfiyah "Cara Membentuk Isim Maqshur/Mamdud menjadi Tasniyah-Jamak"