Kajian Fiqh "Sah nya Adzan dan Iqomah Tanpa Wudhu"
إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح :
Ibnu Hazm, Simbah Agus, Orang tua, keluarga
dan Anak turunku, Warih firdausi , semua yang aktif berbagi ilmu,
Semoga selalu dalam Rahmat Alloh di dunia dan akhirat, ilaa yaumil qiyamah wa husnul khotimah,
الفاتحة:
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
Aamiin.اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
"Saat junub juga tanpa wudhu, boleh adzan dan iqoomah."
Mk analogi diatas, tentu kurang benar."
ﻣﺴﺄﻟﺔ ﻳﺠﺰﺉ اﻵﺫاﻥ ﻭاﻹﻗﺎﻣﺔ ﺑﻼ ﻃﻬﺎﺭﺓ ﻭﻓﻲ ﺣﺎﻝ اﻟﺠﻨﺎﺑﺔ
"Adzan dan qomat, boleh tanpa wudhu."
117 - ﻣﺴﺄﻟﺔ: ﻭﻛﺬﻟﻚ اﻵﺫاﻥ ﻭاﻹﻗﺎﻣﺔ ﻳﺠﺰﺋﺎﻥ ﺃﻳﻀﺎ ﺑﻼ ﻃﻬﺎﺭﺓ ﻭﻓﻲ ﺣﺎﻝ اﻟﺠﻨﺎﺑﺔ
"Itu menurut abu hanifah dan abu sulaiman."
ﻭﻫﺬا ﻗﻮﻝ ﺃﺑﻲ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭﺃﺻﺤﺎﺑﻪ ﻭﻗﻮﻝ ﺃﺑﻲ ﺳﻠﻴﻤﺎﻥ ﻭﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ.
"Menurut syafi'i : makruh."
ﻭﻗﺎﻝ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ: ﻳﻜﺮﻩ ﺫﻟﻚ ﻭﻳﺠﺰﺉ ﺇﻥ ﻭﻗﻊ.
"Menurut Imam athok: gak boleh."
ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻄﺎء: ﻻ ﻳﺆﺫﻥ اﻟﻤﺆﺫﻥ ﺇﻻ ﻣﺘﻮﺿﺌﺎ.
"Maliki, boleh tanpa wudhu. Tp klo lg qomat, harus wudhu klo mau adzan."
ﻭﻗﺎﻝ ﻣﺎﻟﻚ: ﻳﺆﺫﻥ ﻣﻦ ﻟﻴﺲ ﻋﻠﻰ ﻭﺿﻮء ﻭﻻ ﻳﻘﻴﻢ ﺇﻻ ﻣﺘﻮﺿﺊ.
"Aly berpendapat : macam macam pendapat beban hukum diatas, tidak ada Sumber dr qur'an, sunnah, ijmak dan qiyas."
ﻗﺎﻝ ﻋﻠﻲ: ﻫﺬا ﻓﺮﻕ ﻻ ﺩﻟﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺻﺤﺘﻪ ﻻ ﻣﻦ ﻗﺮﺁﻥ ﻭﻻ ﻣﻦ ﺳﻨﺔ ﻭﻻ ﺇﺟﻤﺎﻉ ﻭﻻ ﻗﻮﻝ ﺻﺎﺣﺐ ﻭﻻ ﻗﻴﺎﺱ،
"Jika ada yang bilang bahwa iqomah itu bagian dr sholat, krn muttashil dg sholat, mk itu analogi yg salah. Karena andai Imam habis qomat terus bicara barang sebentar juga sah sah saja. Dan andaipun habis qomat langsung sholatpun jg bukan berarti klo qomat itu bagian dr sholat. Mk analogi diatas, tentu kurang benar."
ﻓﺈﻥ ﻗﺎﻟﻮا ﺇﻥ اﻹﻗﺎﻣﺔ ﻣﺘﺼﻠﺔ ﺑﺎﻟﺼﻼﺓ، ﻗﻴﻞ ﻟﻬﻢ: ﻭﻗﺪ ﻻ ﺗﺘﺼﻞ ﻭﻳﻜﻮﻥ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﻣﻬﻠﺔ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﺑﺪﺃ ﻓﻴﻪ اﻹﻣﺎﻡ ﻣﻊ ﺇﻧﺴﺎﻥ ﻳﻤﻜﻦ ﻓﻴﻪ اﻟﻐﺴﻞ ﻭاﻟﻮﺿﻮء، ﻭﻗﺪ ﻳﻜﻮﻥ اﻵﺫاﻥ ﻣﺘﺼﻼ ﺑﺎﻹﻗﺎﻣﺔ ﻭاﻟﺼﻼﺓ، ﻛﺼﻼﺓ اﻟﻤﻐﺮﺏ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ﻭﻻ ﻓﺮﻕ ﻭﺇﺫا ﻟﻢ ﻳﺄﺕ ﻧﺺ ﺑﺈﻳﺠﺎﺏ ﺃﻥ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ اﻵﺫاﻥ ﻭاﻹﻗﺎﻣﺔ ﺇﻻ ﺑﻄﻬﺎﺭﺓ ﻣﻦ اﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ، ﻓﻘﻮﻝ ﻣﻦ ﺃﻭﺟﺐ ﺫﻟﻚ ﺧﻄﺄ،
"Karena apa yg dibahas ini adalah murni hukum syariat. Tanpa landasan qur'an sunnah dan ijmak, berandai andai."
ﻷﻧﻪ ﺇﺣﺪاﺙ ﺷﺮﻉ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻗﺮﺁﻥ ﻭﻻ ﺳﻨﺔ ﻭﻻ ﺇﺟﻤﺎﻉ ﻭﻫﺬا ﺑﺎﻃﻞ.
"Jika ada yg bilang, bahwa nabi tidak suka dzikir tanpa wudhu, maka dijawab : tidak sukanya nabi, itu tidak berkonsekwensi hukum boleh dan tidak bolehnya."
ﻓﺈﻥ ﻗﻴﻞ: ﻗﺪ ﺻﺢ ﻋﻦ اﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ «ﻛﺮﻫﺖ ﺃﻥ ﺃﺫﻛﺮ اﻟﻠﻪ ﺇﻻ ﻋﻠﻰ ﻃﻬﺮ» ﻗﻴﻞ ﻟﻬﻢ: ﻫﺬﻩ ﻛﺮاﻫﺔ ﻻ ﻣﻨﻊ
"Mk hadits nabi diatas, hanya bentuk imbauan akan kesunnahannya, bukan boleh tidaknya."
ﻭﻫﻮ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻻ ﻟﻜﻢ ﻷﻧﻜﻢ ﺗﺠﻴﺰﻭﻥ اﻵﺫاﻥ ﻭﻗﺮاءﺓ اﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﺫﻛﺮ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻠﻰ ﻏﻴﺮ ﻃﻬﺮ.
"Lebih lebih, hadits diatas jg bisa dipahami hanya sebatas ketidak sukaan nabi saja. Dan jika ada faktor tertentu kita lebih nyaman tanpa suci, mk tidak berarti makruh juga. Dan saya( ibnu hazm) memilih tanpa adanya hukum makruh, dg alasan yg telah kusebutkan diatas."
ﻭﻫﺬا ﻫﻮ اﻟﺬﻱ ﻧﺺ ﻋﻠﻰ ﻛﺮاﻫﺘﻪ ﻓﻲ اﻟﺨﺒﺮ ﻭﺃﻧﺘﻢ ﻻ ﺗﻜﺮﻫﻮﻧﻪ ﺃﺻﻼ، ﻓﻬﺬا اﻟﺨﺒﺮ ﺃﻋﻈﻢ ﺣﺠﺔ ﻋﻠﻴﻜﻢ، ﻭﺃﻣﺎ ﻧﺤﻦ ﻓﻬﻮ ﻗﻮﻟﻨﺎ، ﻭﻛﻞ ﻣﺎ ﺫﻛﺮﻧﺎ ﻓﻬﻮ ﻋﻨﺪﻧﺎ ﻋﻠﻰ ﻃﻬﺎﺭﺓ ﺃﻓﻀﻞ ﻭﻻ ﻧﻜﺮﻫﻪ ﻋﻠﻰ ﻏﻴﺮ ﻃﻬﺎﺭﺓ، ﻷﻥ ﻫﺬﻩ اﻟﻜﺮاﻫﺔ ﻣﻨﺴﻮﺧﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻧﺬﻛﺮﻩ ﺑﻌﺪ ﺇﻥ ﺷﺎء اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ.
Komentar
Posting Komentar